Wisata Sumatera Utara Danau Toba

Wisata sumatera utara danau toba – Danau toba merupakan sebuah jenis danau vulkanik terindah yang dimiliki Indonesia tepatnya berada di provinsi sumatera utara. Danau yang berada di ketinggian 900 meter dari permukaan laut memiliki luas lahan mencapai 1.145 kilometer persegi. Danau toba merupakan danau terluas di asia tenggara yang nampak seperti hamparan lautan. Selain terbesar danau toba juga memiliki kedalaman mecapai 450 meter yang menjadikan danau terdalam di dunia.

Danau Toba

Keunikan dari danau ini yaitu terdapatnya sebuah pulau yang disebut dengan pulau pulau samosir. Di pulau samosir juga mempunyai dua danau kecil yaitu danau aek natonang dan danau sidihoni. Luas pulau samosir hampir sama dengan luas Negara singapura, pulau samosir juga di huni oleh suku batak samosir. Penduduk atau suku batak ditempat ini masih memang kepercayaan leluhurnya terdahulu dengan teguh, sehingga mereka masih menjalankan berbagai ritual atau upacara tertentu yang biasa selalu di lakukan para leluhurnya terdahulu.

Terdapat dua desa di pulau samosir yang sering atau banyak di kunjungi para wisatwan, dua desa tersebut yaitu tomok dan tuktuk. Desa tomok merupakan sebuah desa yang mempunyai banyak objek wisata seperti museum batak, pertunjunkan boneka sigale-gale yang terkenal dan makam raja sidabutar. Sedangkan desa tuktuk adalah sebuah desa yang memiliki banyak sekalli penginapan bagi wisatawan yang berkunjung.

Salah satu tempat wisata lainnya yang menarik lainnya yaitu danau toba, danau yang di kelilingi oleh hutan pinus serta beberapa air terjun dan terdapat pemandian air hangat yang berada didalam hutan. Panorama alam di sekeliling danau tersebut memang cantik di tambah dengan udara yang relative sejuk, sehingga sangat cocok untuk di jadikan tempat wisata bersama keluarga ataupun kerabat.

Tak hanya memiliki keindahan akan panorama alam yang indah bagi masyarakat batak, namun danau toba juga di percaya oleh mereka menjadi tempat bersemayam tujuh dewi suku batak atau yang di kenal dengan sebutan danau namborru. Masyarakat batak biasanya akan meminta izin dan doa terlebih dahulu sebelum melakukan kegiatan di danau tersebut, agar acara tersebut mendapat berkah dan dapat berjalan sesuai rencana.

Mengenal sejarah danau toba – sama halnya seperti cerita tempat wisata lain di Indonesia yang memiliki cerita atau legenda, begitu dengan danau toba yang tak luput dari cerita atau legenda masyarakat setempat mengenai asal mula terbentuk danau tersebut.

Di ceritakan menurut cerita masyarakat yang berkembang, bahwa danau toba ini terbentuk dari sebuah kisah keluarga siluman ikan yang menjelma menjadi manusia. Di ceritakan pada zaman dahulu, ada seorang pemuda yang sedang mencari ikan di sungai dengan memancing. Kemudian pemuda tersebut berhasil mendapatkan seekor ikan dan dibawa pulang kerumah. Saat akan disembelih ikan tersebut mengelaurkan suara dan memohon agar tidak di masak, berbeda dengan ikan kebanyakan. Setelah itu ikan tersebut menjelma menjadi sesosok perempuan cantik bernama Toba.

Singkat cerita akhirnya mereka menikah dan kemudian di anugrahi seorang anak laki-laki yang mereka beri nama samosir, samosir adalah seorang anak yang Bengal dan selalu merasa lapar. Hingga sampai pada suatu hari samosir di suruh ibunya untuk mengantarkan makanan untuk ayahnya yang sedang bekerja di ladang. Akan tetapi makanan tersebut malah di makan oleh samosir di tengah perjalanan, sang ayah yang sangat lapar akhirnya memutuskan untuk pulang dan mendapatkan samosir sedang makan bekal ayah. Sehingga ayahnya menjadi sangat marah dan melanggar perjanjian yang disepakati saat menikah, hingga sang ayah menujuk sambil mengatakan bahwa samosir adalah anak ikan.

Dalam seketika langit berubah menjadi gelap dan hujan turun sangat deras yang disertai dengan air yang keluar dari bawah tanah, sehingga perkampungan tersbeut terendam air. Toba dan samosir tiba-tiba menghilang ketika perkampungan berubah menjadi lautaan air. Saat itulah terbentu danau toba dan pulau samosir yang merupakan perwujudan dari siluman ikan dan anaknya.

Akan tetapi jika di lihat secara ilmiah, bahwa danau toba tersebut merupakan danau vulkanik yang terbentuk dari letusan gunung toba terjadi pada ribuan tahun silam lalu. Dari letusan gunung tersebut membentuk kaldera atau kawah raksasa yang kemudian kaldera tersebut terisis oleh air dan menjadi danau seperti sekarang ini.

Nah hal apa sajakah yang dapat di lakukan di danau toba? Rasanya tidak akan selesai dalam waktu seharian untuk berkelilih danau tersebut, karena danau toba memiliki kegiatan menyenangkan dan sangat menarik yang dapat di lakukan di sini.

-Berlayar, pengunjung dapat menyewa kapal untuk berlayar menuju pulau samosir yang dapat disewa oleh 20 sampai 25 orang selama perhari. Pengunjung dapat meminta berhenti di titik wisata mana pun yang ingin di kunjungi oleh anda dan rombongan. Pengunjung dapat menikmati pemandangan danau toba sambil berkeliling dan hal yang tak boleh ketinggalan lainnya yaitu menyiapkan camera untuk mengabadikan kenang kenangan saat berlibur ke danau toba.

-Mengenal sejarah batak, dari pada berdiam diri di penginapan lebih baik pergi sebauh desa yang bernama desa tomok yang merupakan sebuah tempat dimana terdapatnya makam raja sidabutar, museum huta bolon di simanindo dan batu persidangan yang berada di ambarita.

Makam raja butar terlihat sangat unik karena terbuat dari batu besar tanpa sebuah sambungan serta ukiran wajah sang raja yang berada tepat di batu makamnya. Raja sidabutar adalah orang pertama yang tinggal di desa tomo. Pengunjung harus mengenakan kain ulos ketika akan memasuki kawasan wisata ini yang sudah di siapkan oleh petugas wisata.

Museum hutan bolon, berkunjung ke kawasan wisata ini anda dapat melihat sebuah rumah adat khas batak simanindo yang merupakan peninggalan dari raja sidauruk. Rumah adat tersebut inilah yang di jadikan sebagai museum budaya batak, dimana didalamnya terdapat berbagai macam koleksi benda-benda khas batak.

Wisata yang tak kalah menariknya yaitu saat mengunjungi desa ambarita. Di desa tersebut terdapat sebuah batu persidangan yang berbentuk menyerupai meja, dimana meja tersebut dahulunya berfungsi untuk mengeksekusi tahanan. Meja tersebut menjadi saksi dari beberapa orang yang telah di eksekusi dengan kasus pembunuhan, pemerkosaan, mencuri untuk di pancung.

-Belanja, kegiatan tersebut memang menjadi rutinitas yang paling di sukai wisatawan untuk memburu berbagai souvenir khas Sumatra seperti kain ulos, gitar khas batak, gantungan kunci dan beraneka ragam souvenir lainnya.

Hal menarik apa lagi yang ada di danau toba?
Boneka si gale-gale merupakan ciri khas dari tempat wisata di sumtera . si gale-gale adalah sebuah boneka kayu dengan tinggi mencapai 1,5 meter yang di lengkapi dengan pakaian adat batak yang menyerupai anak raja. Boneka tersebut akan menari tor-tor bersama wisatawan yang dapat di temui di berbagai tempat wisata seperti museum huta bolon dan museum lainnya.

Boneka di gale-gale ini akan di simpan pada sebuah peti mati, dimana boneka tersebut sangat dikeramatkan karena sejarahnya. Cerita muncul dari seorang raja batak yang sedih serta sakit-sakitan, karena kehilang seorang anak di sayanginya yang gugur saat berperang.

Hingga sampai suatu ketika tabib dan orang pintar memutuskan untuk membuat sebuah boneka kayu seukuran manusia dengan wajah yag mirip dengan anak sang raja. Menurut cerita warga setempat , arwah dari anak raja tersebut masuk boneka kayu tersebut sehingga boneka dapat bergerak dengan sendirinya.

Demikian ulasan mengenai Wisata Sumatera Utara Danau Toba yang dapat sobat baca dan simak di Wisata Kita! Semoga dengan adanya informasi bermanfaat. Selalu kunjungi blog Wisata Kita untuk mendapakan Menyediakan kumpulan informasi tentang objek tempat wisata secara lengkap.