Wisata Semarang: Dari yang Eksotis Hingga yang Mistis

Objek Tempat Wisata Semarang yang merupakan salah satu kota yang memiliki tempat wisata paling unik untuk dikunjungi karena berbagai wisatanya yang menarik adalah kota Semarang. Ya, wilayah yang menjadi ibu kota Provinsi Jawa Tengah ini dari dulu memang terkenal dengan berbagai variasi wisatanya yang menarik dan unik, mulai dari bangunan bersejarah, pantainya yang eksotis, hingga beberapa bangunan bersejarah yang dianggap mistis. Semuanya begitu menarik perhatian para wisatawan baik domestik maupun internasional untuk mengunjungi kota ini. Keanekaragaman obyek wisata Semarang inilah yang membuat kota ini selalu dipadati oleh para pendatang yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai ragam obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Beberapa obyek wisata Semarang yang tidak boleh dilewatkan saat kita bepergian ke kota Semarang di antaranya akan dibahas sebagai berikut ini.

Wisata Pantai Marina Semarang

Pantai Marina Credit foto: n-journal.com

Objek Wisata Pantai di Semarang

Salah satu objek wisata pantai Semarang yang dapat dikunjungi adalah beberapa pantai yang ada di sana. Pantai- pantai yang menjadi obyek wisata Semarang hingga saat ini antara lain Pantai Marina, Pantai Maron, dan Pantai Tirang. Pantai- pantai ini menjadi salah satu daya tarik para wisatawan untuk berkunjung menikmati keindahan wisata alam yang menyuguhkan panorama indah dan menyejukkan mata. Wisata pantai ini berada di sepanjang pantai utara yang mana sebagian wilayah pantainya merupakan muara dari sungai banjir kanal barat, yakni pantai Marina. Ketika mengunjungi beberapa tempat wisata Semarang, sangat disayangkan jika kita melewatkan beberapa tempat wisata pantai yang ada di sana.

Wisata Religi di Semarang

Masjid Agung Jawa Tengah

Objek Wisata Religi di Semarang

Selain pantai, objek wisata Semarang yang lain adalah wisata religi. Ketika mengunjungi kota Semarang, hal unik yang dapat kita temukan di sini adalah dengan adanya beberapa objek wiata religi dari beberapa keyakinan yang berbeda. Sebut saja Pagodda Buddhagaya Watugong misalnya. Objek wisata religi yang satu ini merupakan sebuah klenteng yang menjadi tempat ibadah bagi umat Buddha. Tempat ini begitu populer di kota Semarang karena arsitektu bangunannya yang unik dan kokoh. Selain itu, pagoda ini juga memiliki nilai estetika tersendiri sehingga tak heran jika tempat ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, bahkan dari golongan non Budha. Dari klenteng, kita beralih ke objek wisata religi yang juga tak kalah populer dalam daftar objek wisata Semarang, yakni Masjid Agung Jawa Tengah. Masjid ini adalah masjid agung yang berada di kecamatan Gayam Sari Semarang yang erupakan satu- satunya masjid di Asia Tenggara yang memiliki beberapa payung hirdolis yang dipasang pada bagian teras masjidnya. Bangunan ini begitu kokoh dan juga memiliki desain interior dan eksterior yang unik dan ekstentrik yang tentu akan membuat decak kagum bagi siapapun yang mengunjungi daerah ini.

Selain beberapa objek wisata semarang di atas, terdapat pula tempat wisata yang terkenal akan cerita mistisnya yang juga menjadi ikon dari kota Semarang. Ya, apa lagi kalau bukan Gedung Lawang Sewu. Objek wisata Semarang yang satu ini terletak di Jalan Pemuda Semarang. Bangunan ini merupakan bangunan peninggalan Belanda yang mana pada awalnya merupakan bangunan yang difungsikan sebagai kantor pusat kereta api di Semarang pada jaman penjahan Belanda. Apabila kita memasuki area bangunan ini, maka gaya arsitektur Belanda yang khas dengan dinding-dinding yang tinggi menyambut kedatangan kita. Dikarenakan objek wisata Semarang yang satu ini merupakan bangunan bersejarah yang dapat dikatakan berusia tua, berkembang mitos bahwa tempat ini syarat akan cerita mistis. Hal ini juga diperkuat dengan beberapa acara misteri yang memuat tentang gedung ini. Meskipun demikian, bangunan ini tetap menjadi salah satu objek wisata Semarang yang tak pernah sepi pengunjung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *