Wisata Pulau Flores Danau Kelimutu

Dari sekian banyak keajaiban wisata alam yang ada di Indonesia, wisata Pulau Flores Danau Kelimutu salah satunya yang dapat anda kunjungi. Tempat wisata ini terletak di Kabupaten Ende, Nusa Tenggar Timur. Lokasi tempat wisata ini berada di kawasan puncak Gunung Kelimutu dengan ketinggian gunung sekitar 1.690 meter dpl, pemandangan alamnya yang sangat indah menjadikan lokasi wisata alam ini menjadi banyak perhatian para wisatawan lokal dan juga mancanegara.

Pulau Flores Danau Kelimutu

Danau Kelimutu terbagi menjadi tiga bagian (kubangan), menariknya dari setiap danau memiliki warna air yang berbeda, padahal jarak dari danau yang satu dengan danau yang lainnya saling berdekatan. Danau Kelimutu dikenal juga dengan sebutan Danau Tiga Warna, warna airnya itu sendiri terdiri dari warna merah, biru dan juga putih. tetapi terkadang sewaktu-waktu warna tersebut dapat berubah menjadi hitam, cokelat dan hijau. Namun pada saat para peneliti mengambil sempel air dari ketiga danau ini, warna airnya bening seperti air biasa. Hal ini merupakan fenomena alam yang sangat menakjubkan, maka banyak para wisatawan yang ingin menyaksikannya langsung dan mengambil gambar.

Pembatas dari ketiga danau ini yaitu tebing batu yang sangat curam dan mudah sekali longsor, maka dihimbau bagi para pengunjung untuk tetap menjaga jarak aman. Waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke Danau Kelimutu yaitu pada bulan Juni – Agustus, karena pada bulan tersebut merupakan musim kemarau sehingga medan untuk menuju ke kawasan wisata ini terbilang cukup aman untuk dilewati.

Jika anda ingin melihat keindahan alam di kawasan wisata Danau Kelimutu ini, sebaiknya anda menikmatinya di puncak Gunung Kelimutu dengan melakukan pendakian. Sebaiknya anda berangkat sekitar pukul 2-3 pagi dari lokasi Desa Moni yang letaknya berada tidak jauh dari lokasi Danau Kelimutu. Setelah anda sampai di puncak, maka anda akan dapat menikmati keindahan fenomena terbitnya matahari diatas Danau yang sangat indah dan jangan lupa untuk mengambil gambar untuk kenang-kenangan yang mungkin tidak akan pernah anda lupakan.

Sejarah Danau Kelimutu

Awal ditemukannya Danau Kelimutu pada tahun 1915 oleh seorang warga Belanda yang bernama Van Such Telen, kemudian di sebarkan ke seluruh penduduk jika diatas Puncak Kelimutu terdapat tiga buah danau yang memiliki air berwarna biru, putih dan merah. Tetapi warga sekitar tidak mempercayai semua itu dan kemudian semua itu terbukti dan di lihat oleh para warga. Kemudian pemandangan indah yang ada di sekitar danau tersebut di lukis oleh Y. Bouman, lalu keindahan Danau Kelimutu tersebar luas dan dijadikan sebagai tempat wisata yang sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

Perubahan warna air

Perubahan warna air di Danau ini diyakini oleh warga setempat merupakan sebuah pertanda akan adanya pertanda buruk, karena sebelumnya juga pernah terjadi bencana pada tahun 1992 dan 2004

Perubahan warna bisa jadi pertanda

Warga setempat percaya bahwa perubahan warna yang terjadi di Danau Kelimutu bisa menjadi pertanda buruk akan terjadinya suatu bencana di Indonesia. Menurut mereka, hal ini pernah terjadi beberapa kali, di antaranya pada tahun 1992 air danau berubah menjadi warna cokelat kemerahan. Kemudian tidak lama dari peristiwa itu terjadi bencana gempa bumi yang menelan banyak korban jiwa dan 2004 terjadi perubahan warna air danau yang kemudian terjadinya bencana dahsyat Tsunami di Aceh.

Dari peristiwa tersebut masyarakat sekitar semakin meyakini jika apabila air danau berubah warna, maka akan ada peristiwa yang terjadi di indonesia. Maka para warga setempat sering mengadakan upacara ritual untuk memohon keselamatan dan juga keberkahan.
Itulah informasi seputar wisata pulau flores danau kelimutu, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan selamat berlibur…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *