Mau Wisata Petik Kurma? ke Pasuruan aja Gak Harus ke Saudi

Alamat lokasi wisata petik kurma di Kecamatan Sukorejo Kabupaten Pasuruan Kini memiliki tempat agrowisata baru yaitu petik kurma. Unik, kerena wisata petik kurma mejadi pertama dan satu-satunya di Indonesia yang baru saja di buka untuk umum pada hari Minggu awal tahun baru 2017.

Penggagas wisata ini yaitu HM Roeslan pemilik dari perusahaan Duta Wisata Group. Ditangan beliau lahan dengan luas 3,7 hektar dijadikannya lahan kebun kurma dan zaitun yang sangat indah dan menakjubkan.

Kita ketahui kurma dapat tumbuh di Indonesia tapi tidak ada satupun yang berbuah. Bagaimana bisa pohon kurma dapat berbuah di iklim tropis seperti Indonesia ini, seperti sulap saja.

Para wisatawan disuguhkan pemandangan ratusan pohon kurma dan zaitun dan dapat melihat secara langsung pohon kurma yang berbuah.

Lokasi wisata kurma pasuruan bisa dilihat di google map

Harga tiket wisata petik kurma Pasuruan ini dapat dijangkau semua orang hanya Rp. 5.000 per orang untuk tiket masuknya.

Roeslan, pria berusia 70 tahun dapat membuktikan bahwa phon kurma dapat berbuah di Indonesia yang memang kedengarannya mustahil tapi ini memang benar-benar terjadi jika Pohon kura tidak hanya dapat tumbuh subur dan berbuah di gurun pasir.

Wisata Petik Kurma Pasuruan

DOK. HM ROESLAN Wisata Kurma di Sukorejo, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur

Disana terdapat banyak macam olahan dari kurma yang dapat dijadikan oleh-oleh mulai dari makanan hingga minuman. Bahkan, ada juga batik yang bermotif kurma.

Bagi yang ingin melihat hamparkan pohon kurma dari ketinggian, Anda dapat menaiki pesawat bekas Boeing 737. Dengan begitu Anda akan melihat dan merasakan sensasi yang menakjubkan dari ketinggian. Cocok sekali bagi Anda yang suka selfie atau hobi fotografi.

Ini baru percobaan, wisata kurma ini akan terus dikembangkan dengan dilengkapi fasilitas-fasilitas yang belum ada.Roeslan melihat potensi dari tanah yang sekarang dia garap untuk dijadikan tempat wisata baru setelah sebelumnya akan dijadikan kawasan industri namun tidak ada yang melirik karena daerahnya kering dan sedikit tertinggal. Ide untuk menjadikannya wisata kurma ini muncul ketika Ruslan melihat di Thailand ada wisata petik kurma. “Nah, jika di Thailand bisa maka di Indonesiapun pasti bisa” ujarnya. Lalu, Dia langsung mencari bibit kurma ke Jakarta. Hanya sepekan Roeslan mewujudkan ide itu. Luar biasakan?

Sekarang ini terdapat sekitar 150 pohon kurma, adapun yang sudah berbuah ada enam pohon. “Ini menakjubkan karena kurma bisa tumbuh dan berbuah di Indonesia” terangnya.

Karena keberhasilannya itu kini banyak pihak yang ingin melakukan studi.Selain sebagai agrowisata, Ruslan berharap kebun ini dapat juga dimanfaatkan untuk wisata edukasi, sebagai penelitian pertanian. Bahkan ia mempersilahkan unntuk dijadikan latihan manasik haji.

Adapun rencana kedpannya tanah seluas 3.7 hektar ini akan ditanami sekitar 400 pohon kurma. Untuk bibit ia beli khususnya di Jakarta dan dari beberapa pondok pesantren yang sudah menjalin kerjasama dengannya.Rencannya akan ada beberapa jenis kurma yang akan ditanam seperti kurma Azwa, barhed, medjool dan lainnya yang akan dibuat blok-blok khusus setiap jenisnya.

Kini kita tidak usah jauh-jauh pergi ke Arab Saudi atau Negara Timur Tengah untuk melihat kebun kurma dan berwisata petik kurma, langsung ke Pasuruan aja 😀

Demikian ulasan mengenai Mau Wisata Petik Kurma? ke Pasuruan aja Gak Harus ke Saudi yang dapat sobat baca dan simak di Wisata Kita! Semoga dengan adanya informasi bermanfaat. Selalu kunjungi blog Wisata Kita untuk mendapakan Menyediakan kumpulan informasi tentang objek tempat wisata secara lengkap.