Wisata Pacitan Pantai Klayar

Apakah anda pernah mendengar wisata pacitan pantai klayar? Tempat ini mungkin bagi sebagian orang terdengar kurang familiar, tapi tahukan anda pantai klayar menyimpan keindahan alam yang sangat mempesona.

Pantai klayar merupakan sebuah pantai di daerah desa kalak kecamatan donorojo kabupaten pacitan, jawa timur. Pantai ini dapat di tempuh dengan berjalan kaki sekitar 40 km dari pusat kota pacitan yaitu sekitar 60 menit. Pantai yang memiliki beberapa keunikan yang mengagumkan seperti, suasana pantai yang masih asri karena belum banyak di ganggu oleh tangan manusia.

Wisata Pacitan Pantai Klayar

Pantai ini memiliki panorama alam yang mengagumkan, walaupun belum sepopuler gua gong dan pantai teleng pacitan. Tapi pantai ini memiliki keunikan atau daya tarik lain dari tempat ini yaitu pantai yang memiliki pasir putih, batu karang seperti sphinx, bebatuan batu karang dengan bentuk yang unik, suara seruling laut serta air macur alami yang mencapai tinggi 10 meter atau tergantung dari kuatnya ombak. Mungkin anda bertanya apa itu seruling laut? Merupakan suara yang berasal dari air ancur tersebut mirip dengan suara seruling, sehingga di namakan seruling laut. Selain itu juga, masyarakat setempat mempercayai bahwa air yang keluar dari batu karang tersebut dapat membuat awet muda.

Secara umum pantai klayar belum di kenal secara luas, tapi pantai ini telah terkenal di kalangan masyarakat setempat sebagai salah satu tempat wisata pantai yang unik dan menawan. Pantai ini akan ramai di kunjungi saat memasuki hari libur atau saat memasuki libur lebaran saat ini. Karena pada hari hari biasa pantai ini sangat sepi dari pengunjung, bahkan kemungkinan jika anda berlibur pada hari biasa anda hanya akan bertemu para nelayan dan buka wisatawan atau turis.

Tidak hanya sekedar berjalan di pinggir pantai sambil menikmati suasa pantai yang asri, karena anda juga dapat menaiki bukit yang berada di sisi barat pantai klayar. Ombak di pantai ini cukup besar jadi tidak di anjurkan untuk berenang, namun bagi pecinta selancar tempat ini sangat cocok karenadapat di jadikan sebagai tempat untuk mengukur adrenalin. Suasana alam yang asri serta pemandangan yang memukau, dapat anda abadikan momen tersebut dalam sebuah jepretan foto.

Akses menuju lokasi pantai klayar ini hanya dapat di lalui oleh kendaraan pribadi atau sewaan, karena saat ini tidak adan kendaraan umum yang melintasi kawasan tersebut. Jalur yang di tempuh pun cukup terjal seperti masih terdapat banyak jalan yang sempit, berliku-liku di pinggir tebing, jalan yang naik dan turun serta berlubang. Jadi pastikan anda berhati-hati saat mengemudi pastikan adan menggunakan kecepatan yang rendah saat melalui rute tersebut, hal ini untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Karena rute yang sempit dan sulit, ada kemungkinan bus tidak dapat memasuki kawasan tersebut.

Di kawasan pantai klayar sangat minim sinyal , jadi tak perlu heran jika anda tidak dapat menggunakan Hp seperti di tempat lain. Harga tiket memasuki pantai ini adalah Rp. 2.000 yang belum termasuk parkir kendaraan.

Demikianlah informasi sederhana mengenai wisata pacitan pantai klayar, semoga pembahasan di atas dapat bermanfaat bagi semuanya.
Selamat berwisata …!!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *