Wisata Lombok Gunung Rinjani- Surganya Para Pendaki

Yukkk luangkan waktu untuk berkunjung ke wisata Lombok gunung rinjani, di jamin ga bakalan nyesel!!! Mengusir ke pengatan dengan sejumlah pekerjaan yang menumpuk tidak ada salahnya untuk pergi berlibur di akhir pekan. Gunung rinjani merupakan salah satu tempat wisata di Lombok utara yang memiliki puncak ketinggian mencapai 3726 m dari permukaan laut dan termasuk urutan ke 3 gunung tertinggi di Indonesia.

Taman Nasional Gunung Rinjani

Taman Nasional Gunung Rinjani (gunung Rinjani dari dilihat dari tempat mulai pendakian)

Menurut cerita masyarakat setempat di yakini bahwa gunung rinjani merupakan tempat bersemayam ratu  jin yang bernama Dewi Anjani, dia adalah seorang putri dari raja Datu Tuan dan permasyuri Dewi Mas pada sebuah kerajaan kecil di Lombok. Terlepas dari cerita masyarakat, gunung rinjani adalah salah satu obyek wisata yang paling popular di Lombok. Keunikan yang di tawarkan dari tempat ini yaitu panorama alam yang sangat menarik dan indah jika di bandingkan dengan pemandangan gunung lain yang ada di Indonesia. Maka tak heran jika gunung tersebut banyak di kunjungi dan merupakan gunung favorite para pendaki seperti pecinta alam, masyarakat setempat, wisatawan lokal dan mancan Negara. Yang dari tahun ke tahunnya selalu mengalami peningkatan pengunjung dan biasanya pada bulan juli sampai agustus gunung tersebut ramai di kunjungi.

Hiking to Mt Rinjani

Hiking to Mt Rinjani (bukit penyesalan)

Gunung rinjani menawarkan pesona alam yang memukau dan memikat setiap mata bahkan nyaris sempurna seperti pemandangan danau, kawah, air terjun, mata iar panas, goa, lubang letusan dan masih banyak lagi. Hal yang dianggap paling eksotis yaitu segare (laut) anak (anak), segare anak merupakan danau kecil yang terbentuk secara alami dari letusan gunung rinjani.  Segare sendiri terletak pada ketinggian 2.800 m yang di dalamnya hidup berbagai spesies ikan.

Sama halnya dengan cerita mistis gunung rinjani ternyata segare ana juga di percaya memiliki kekuatan yang dapat menyembuhkan penyakit. Konon katanya pada zaman dahulu di gunung tersebut sering di gunakan sebagai tempat ritual pemujaan untuk memperoleh benda-benda mistis dari bangsa lain (jin).

Danau segara anak gunung rinjani

Danau segara anak gunung rinjani

Terdapat pula gunung kecil atau gunung baru jari (new mountain) yang masih aktif dna menyeluarkan gas, sehinga jarang di kunjungi para wisatawan. Tidak terlepas dari itu keindahannya, ternyata rinjani juga memiliki berbagai jenis flora dan fauna yang berbeda di sesuaikan dengan ketinggian gunung tersebut. Seperti pada ketinggian 1000 sampai 2000 meter banyak di temui tumbuhan dycoxylum sp, pada ketinggi 2000 sampai 3000 banyak di temui tumbuhan cemara gunung, sedangkan pada kpuncak ketinggiannya terdapat banyak hamparan bunga edelweiss.

Wisata Lombok Gunung Rinjani

Tak hanya flora rinjani juga terkenal dengan berbagai jenis faunanya seperti terdapat sekitar 109 jenis burung, rusa, monyet bulu perak serta landak. Terdapat pula monyet ekor panjang yang terdapat di  pelawangan sembalut Lombok timur. Jenis monyet tersebut sering mengganggu para pendaki dna terkenal lebih garang dan berani.

Panglawangan - Pos terakhir gunung rinjani

Palawangan – Pos terakhir gunung rinjani (terlihat puncak)

Suhu pada gunung tersebut terbilang cukup dingin sekitar 10 samai 20 derajat selcius.  Gunung dengan segala panorama alam yang unik dan menarik, hal ini menepis anggapan bahwa gunung rinjani termasuk salah satu gunung yang sangat berbaha untuk di daki. Tetapi hal itu tidak menurunkan langkah para pendaki untuk menaklukan gunung tersebut.

Semoga informasi mengenai wisata Lombok gunung rinjani dapat bermanfaat bagi pembaca semua.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *