Wisata Kepulauan Seribu Pulau Tidung

Memang tak akan pernah bisa habisnya memagumi keindahan alam Indonesia, salah satunya wisata kepulauan seribu pulau tidung. Pulau Tidung yang berada di kawasan pulau seribu tentu tidak jauh bagi anda yang tinggal di daerah Jakarta dan sekitarnya. Tidak ada salahnya berkunjung ke pulau tersebut saat akhir pekan bersama keluarga ataupun kerabat untuk menikmati suasana berbeda. Berwisata ke tempat ini menjadi pilihan unik, tidak ada salahnya untuk mencoba sesekali menyebarang menggunakan kapal fery dari arah pelabuhan muara angke atau dapat juga menggunakan speedboat dari pantai marina – ancol.

 Kepulauan Seribu Pulau Tidung

Pulau tidung berada diatas lahan seluas 109 hektar dengan keindahan panorama alam yang dapat membuat anda berdecak kagum. Pulau tidung terbagi menjadi dua bagian utama yaitu pulau tidung besar dan pulau tidung kecil. Kedua pulau tersebut di hubungkan oleh sebuah jembatan fenomenal.

Pulau tidung besar adalah sebuah kawasan yang menjadi pemukiman warga. Sebagai besar warga di sini berprofesi sebagai nelayan, pemandu wisata / pengelolo sebuah tempat penginapan di kawasan wisata tersebut. Terdapat banyak umum yang telah di bangun disini seperti sekolah, klinik, pasar dan banguanan yanga menjadi tempat kantor dari permerintah setempat. Jumlah warga yang tinggal disini adalah jumlah terbesar jika di bandingkan dengan pulau-pulau lain yang berada di kawasan kepulauan seribu (Taman Nasional Kepulauan Seribu).

Sedangkan pulau tidung kecil adalah sebuah kawasan dengan keindahan pemandangan alam luar biasa yang tidak di huni oleh orang-orang. Di pulau ini dapat menjadi alternative berlibur bagi yang menginginkan suasana tenang dan nyaman. Terdapat pula hutan bakau yang sengaja di tanam oleh warga sekitar untuk menghindarkan terjadinya abrasi pantai. Pulau tidung kecil sangat cocok untuk berenang karena ombak disini relative tenang.

Tak hanya berenang saja yang dapat di lakukan dipulau ini karena masih banyak kegiatan menarik lainnya yang dapat di lakukan di tempat yang merupakan wisata favorite pulau tidung kecil. Kegiatan yang dapat di lakukan disini eperti snorkeling, kano, jetsi, donut boat dan banana boat. Namun kegiatan yang menjadi favorite wisatawan adalah snorkeling.

Akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan saat bersnorkling dan menyelam dikepulaan ini, karena terdapat banyak biota laut yang sangat beraneka ragam. Rasakan menyelam sambil berinteraksi dengan hewan laut seperti ikan ikan kecil dengan berbagai warna warna yang cantik yang berenang sangat lincah, serta rasakan juga bersentuhan langsung dengan koral beraneka bentuk ditambah dengan warna menawan. Bersnorkling dapat memberikan pengalaman yang tak kalah menarik . hanya cukup menyewa Rp 35.000 untuk perlengkapan snorkeling, namun jika ingin di temani oleh pemandu maka anda harus membayar jasa pemandu tersebut Rp. 100.000.

Berkeliling pulau tidung dapat menjadi pilihan lainnya bagi anda yang tidak ingin berbasah basahan. Berjalan kaki untuk berkeliling pulau sekaligus berinteraksi dengan warga setempat atau hanya berkeliling saja merupakan pengalaman menyenangkan. Selain berjalan kaki untuk berkeliling pulau anda pun dapat menyewa sepedah yang di sewakan Rp. 15.000. namun jika ingin merasakan berkeliling pulau dengan cara berbeda, anda dapat menyewa perahu nelayan yang dapat disewa Rp. 400.000 / harinya. Sambil berlayar anda pun dapat melakukan hal lain menyenangkan seperti berlayar ke pulau tetangga atau memancing di perairan tidung.

Berkunjunglah saat memasuki bulan april sampai oktober, karena antara bulan tersebut cuaca disini sedang bagus sehingga anda dapat melalukan kegiatan sesuai rencana. Hal penting yang harus anda ingat yaitu sebaiknya anda membawa uang chas dalam jumlah cukup karena dipulau tidung tidak terdapat mesin ATM.

Antara pulau tidung besar dan pulau tidung kecil di hubungkan oleh sebuah jembatan yang disebut jembatan cinta. Jembatan cinta merupakan ikonnya pulau tidung dengan panjang mencapai 800 meter, sekaligus menjadi tempat favorite para wisatawan saat berkunjung ke sini. Pantai ini semakin ramai di datangi wisatawan saat menjelang senja untuk menyaksikan penomena keindahan matahari terbenam khas pulau tidung.

Jembatan cinta sering di jadikan ajang memacau adrenalin oleh para anak anak setempat dengan terjuan bebas pada ketinggian 6 meter. Untuk pertama yang melihat mungkin akan merasa ngeri, tapi tenang saja atraksi demikian sudah biasa mereka lakukan. Tidak ada salahnya jika anda ikut terjun dan berenang dengan ceria bersama mereka.

Kegiatan terjuan dari jembatan tersebut menjadi asal mula dari nama jembatan cinta yang fenomenal. Konon katanya jika ingin cepat menemukan pendamping hidup, anda bisa mencoba terjun dan berenang. Namun jika sudah memiliki pasangan, terjuan berdua dapat membuat hubungan semakin langgeng dan awet tak terpisahkan.

Mengenal sejarah pulau tidung

Tidung yang memiliki arti dalam bahasa setempat yaitu berlindung. Menurut cerita setempat, pulau tidung dulunya di jadikan sebagai lokasi persembunyian dari kekejaman bajak laut pada zaman dahulu. Selain itu pulau tidung juga menjadi tempat yang digunakan untuk menyusun strategi perang ketikan pasukan fatahilla menyerang malaka.

Konon katanya menurut masyarakat setempat, di pulau ini telah menjadi tempat tinggal nenek mereka sejak tahun 1800 an atau tepatnya setelah meletusnya gunung Krakatau. Mayoritas nenek moyang terdahulunya adalah seorang nelayan sehingga hal ini menjadi profesi turun temurun, hingga sampai menjadi tempat tujuan wisata. Dari sini beberapa penduduk beralih prifesi untuk menjadi pemandu wisata dan membuak penginapan.

Bagi pengunjung yang ingin menikmati suasana berbeda saat malam hari, maka dapat menginap di rumah warga atau homestay. Penginapan tersebut juga telah di lengkapi dengan fasilitas lain seperti pendingin udara (AC), sehingga anda tak perlu khawatir kepanasan. Saat akan pergi keluar untuk berkeliling pulau, sebaiknya anda mencatat terlebih dahulu nomor serta pemiliki rumah penginapan tersebut. Karena jalanan di pulau ini kecil sehingga di khawatirkan anda tersesat atau kebingungan untuk kembali pulang ke penginapan dan memudahkan anda untuk bertanya pada warga setempat arah menuju penginapan tersebut.

Sebagai buah tangan, pengunjung dapat membeli beraneka ragam kerajinan tangan hasil warga setempat seperti manisan buah ceremai, manisan rumput laut, keripik sukun dan masih banyak lagi.

Semoga informasi mengenai wisata kepulauan seribu pulau tidung dapat menginspirasi anda untuk berlibur di akhir pekan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.