Wisata Kepulauan Seribu Pulau Pari

Pulau pari merupakan sebuah pulau yang berada di kepulauan seribu yang lokasinya tidak begitu jauh dari Pulau Tidung. Pulau Pari terkenal memiliki pesona keindahan yang yang tidak kalah dengan pulau-pulau yang ada di kepulauan Seribu, paulau ini terkenal dengan keindahan alamnya dan juga suasananya yang sangat tenang dan nyaman. Maka tak heran, siapapun yang sudah pernah berkunjung ke pulau ini merasa kangen ingin berkunjung kembali.

Kepulauan Seribu Pulau Pari

Pulau yang berada diatas lahan seluas 43 hektar yang di huni sekitar 700 orang warga, maka tak heran jika pulau ini dapat menjadi pilihan bagi anda yang mencari ketenangan karena pulau ini tidak terlalu ramai. Di pulau pari anda tidak akan menemukan hotel, jadi jika ingin menginap anda dapat menginap di rumah rumah warga setempat. Penginapan tersebut telah di lengkapi dengan fasilitas seperti pendingin ruangan, tv dan fasilitas pendukung lainya.

Pulau yang terkenal sebagai tempat tujuan wisata yang bersih serta alami. menurut penuturan warha setempat menyebutkan ada peraturan yang melarang wisatawan membawa sampah dari luar dan meninggalkannya di sini. Sehingga wisatawan harus membawa kantong plastic yang berfungsi untuk menyimpan sampah yang kemudian dibawanya kembali pulang ke kota asal. Hal ini bertujuan untuk menjaga kebersihan lingkungan pulau pari

Sama halnya seperti tempat wisata air lainya yang memiliki kegiatan air sebagai salah satu andalan tempat wisata tersebut. Kegiatan air yang menarik untuk di lakukan seperti berenang, memancing, menyelam dan snorkeling. Anda juga dapat berkeliling pulau dengan berlayar menggunakan banana boat, donut boat, kano atau menyewa perahu nelayan yang telah tersediakan oleh penduduk setempat. sama seperti pulau tidung, pulau pari juga tidak memiliki mesin ATM jadi sebaiknya anda membawa uang dalam jumlah yang cukup saat berlibur.

Sebagai pulau yang menjadi lokasi budidaya rumput laut, maka tak lain dan tak bukan oleh oleh dari pulau ini manisan rumput laut. Dulu tempat ini adalah sebuah perkampungan nelayan serta lokasi penelitian biota laut sebelum menjadi salah satu tempat tujuan wisata. Disebalah barat pulau terdapat pari terdapat sebuah bangunan yang disebut kantor lembaga oceanografi LIPI (LON LIPI). Hampir setiap bulannya pulau ini banyak di kunjungi mahasiswa yang bertujuan untuk melakukan penelitian terhadap ekosistem laut.

Air di perairan pulau pari adalah tawar tidak seperti kebanyakan yang memiliki rasa asin atau payau, karena pulau pari memiliki sumber air tawar. Sehingga keberadaan air tawar tersebut membuat tanah disini di tumbuhi dengan beberapa pohon buah yang mungkin tidak dapat tumbuh subur di pulau lain. Pohon pohon yang dapat tumbuh disini seperti pohon mangga, jambu, srikaya, dan beberapa pohon huah lainnya.

Pantai pasir perawan
Sesuai dengan namanya panti ini memiliki suasana yang sangat alami, asri dan belum terjamak oleh banyak orang dengan pemandangan yang cantik. Terdapat tutan bakau yang mengelilingi pantai dengan panjang garis mencapai 500 meter menghadap ke arah utara. keindahan dari antai ini yaitu lagunannya saat air surut, sehingga dapat terlihat pasir warna putih bersih. Anda akan menjumpai binatang laut yang terdampar karena terbawa ombak seperti bintang laut atau kerang.

Bukit matahari merupakan salah satu bagian lain yang menarik di pulau ini. Bukit ini terletak tak jauh dari pualu ini, di sebut dengan bukit matahri karena dari bukit ini anda dapat menyaksikan keindahan matahri terbenam khas pulau pari.

Demikianlah artikel sederhana mengenai wisata kepulauan seribu pulau pari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.