Wisata Kepulauan Karimunjawa Jepara

Wisata kepulauan karimunjawa jepara – kepulauan karimunjawa merupakan kawasan taman nasional yang memiliki gugusan kepulauan yang jumlahnya ada 27 buah pulau yang lokasinya terletak dikawasan laut jawa, kawasan taman nasional karimunjawa memiliki luas area sekitar 111.625 Ha. Kepulauan karimunjawa ini telah dinobatkan sebagai kawasan cagar alam laut yang diresmikan oleh Menhut pada tahun 1986, lalu kemudian kawasan cagar alami ini di rubah menjadi kawasan Taman Nasional Karimunjawa pada tahun 1999 oleh Menhut.

Di kawasan Taman Nasional Karimunjawa memiliki banyak sekali keindahan alam seperti hutan hujan yang ada di kawasan dataran rendah, hutan pantai, hutan mangrove, terumbu karang, padang lamun, algaedan masih banyak lagi keindahan alam yang dimiliki Taman Nasional karimunjawa. Pada jenis terumbu karang yang tersebar di kepulauan karimunjawa terdapat beberapa jenis terumbu karang seperti terumbu karang pantai atau tepi yang dikenal dengan nama latin (fringing reef), terumbu karang penghalang dengan nama latin (barier reef) dan juga beberapa jenis taka (patch reef). Selain itu, kekayaan jenisnya dapat mencapai hingga 51 genus dan juga memiliki jenis karang keras yang mencapai hingga 90 jenis serta memiliki lebih dari 242 jenis ikan hias yang cantik dan indah. Ada dua jenis biodata yang dilindungi yaitu jenis akar bahar atau lebih dikenal dengan nama karang hitam (Antiphates spp) dan juga karang merah dengan nama latin (Tubipora musica).

Wisata Kepulauan Karimunjawa Jepara

Di kepulauan ini masih banyak lagi jenis biota yang dilindungi yang diantaranya yaitu batu laga (Turbo marmoratus), Nautilus berongga (Nautilus pompillus), triton terompet (Charonia tritonis), kepala kambing (Cassis cornuta) dan terdapat sekitar 6 jenis kimia. Di kawasan pulau Kemujan terdapat sebuah bangkai kapal yang bernama Penama INDONO, kapal ini tenggelam di kawasan pulau pada tahun 1955 yang dimana pada saat ini sering dijadikan sebagai tempat favorit untuk melakukan penyelaman (Wreck Diving) dan juga sudah menjadi habitat para ikan karang. Dari sekian banyak gugusan pulau yang ada di kepulauan karimunjawa, terdapat 5 buah pulau yang menjadi sebuah pulau berpenghuni dan pulau-pulau tersebut terdiri dari pulau genting, pulau nyamuk, pulau parang, pulau kemujan dan pulau karimunjawa. Sedangkan pulau karimunjawa merupakan sebuah pulau yang sudah menjadi ousat kecamatan dengan jarak sekitar 83 km dari pusat kota Jepara, di kota ini merupakan pusatnya para pengrajin ukiran dari kayu yang hingga saat ini masih sangat terkenal di Indonesia dan bahkan mancanegara.

Obyek wisata Karimunjawa

Pulau ini memang sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat untuk berlibur dan untuk menghilangkan stres, di lokasi ini para pengunjung dapat menikmati berbagai keindahan alam pada wisata lautnya yang sangat indah dan menarik. Dilokasi wisata karimunjawa anda dapat mengisi waktu liburan dengan berbagai kegiatan yang menarik, diantaranya yaitu :

  • Bermain selancar dan ski air
    Di kawasan karimunjawa memiliki gugusan pulau yang begitu banyak, para pengunjung dapat memilih lokasi pulau yang cocok untuk anda melakukan wisata air seperti bermain selancar air, ski, berenang dan lain sebagainya.
  • Berjemur
    Para pengunjung banyak yang sengaja untuk datang ke pulau ini karena di kawasan pantainya terdapat hamparan pasir putih yang sangat indah dan bersih, sehingga sangat cocok untuk anda para pengunjung berjemur dibawah terik cahaya matahari dan yang dapat membuat para pengunjung takjub yaitu akan keindahan lautnya yang sangat menakjubkan
  • Melakukan Snorkeling
    Bagi anda yang suka menikmati keindahan bawah laut, anda dapat melakukan kegiatan Snorkeling. Banyak para pengunjung yang melakukan kegiatan smorkeling di kawasan pulau yang bernama pulau menjangan, dilokasi pulau tersebut terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya. Para pecinta Snorkeling dapat menikmati keindahan bawah laut dengan melihat pemandangan terumbu karang yang memiliki banyak varian warna dan juga ikan-ikan hias kecil yang sangat cantik. Selain itu, pulau-pulau lain yang sangat cocok untuk melakukan kegiatan snorkeling yaitu pada Pulau Seruni, Pulau Tengah dan juga Pulau Cemara.
  • Wreck Dive
    Bagi para pengunjung yang suka melakukan diving dan memiliki hobi Avonturir, anda dapat mencoba wisata alam yang terdapat di pulau Kemojan. Dipulau ini para pengunjung dapat menikmati kegiatan penyelaman kedasar laut dan melihat banyak keindahan alam bawah laut yang sangat menakjubkan. Di lokasi wisata ini juga anda dapat menemukan hal-hal yang dapat membuat anda merasa tegang, karena di dalam dasar laut terdapat sebuah bangkai kapal yang telah tenggelm cukup lama. Di sekitar bangkai kapal akan terasa sangat sunyi dan sangat misterius, bagi anda yang tidak memiliki keberanian sebaiknya jangan melakukan kegiatan ini. Pada bagian pilar-pilar besi di bagian tubuh kapal sudah sangat berkarat dan juga banyak ditumbuhi dengan terumbu karang jenis Soft Coral yang memiliki varian warna yang sangat indah.
  • Lokasi penangkaran Hiu
    Setelah anda menikmati keindahan bawah laut di pulau Kemojan, anda juga dapat mencoba hal baru yang akan menjadi sebuah pengalaman yang tidak akan pernah anda banyangkan sebelumnya. Anda dapat berlayar ke pulau menjangan, di pulau ini anda dapat menjumpai sebuah tempat penangkaran ikan hiu dan disini juga anda dapat melakukan kegiatan yang tidak kalah serunya dengan tempat wisata yang ada di pulau lainnya. Disini anda dapat langsung berhadapan dengan banyak ikan hiu dan bahkan anda dapat mencoba memegangnya, walaupun ikan hiu ini merupakan salah satu jenis hewan laut yang sangat menyeramkan, tetapi anda akan di pandu oleh pemandu di lokasi ini dan anda akan merasa rugi jika melewatkannya.

Keindahan Pantai

Keindahan pantai yang ada di kawasan kepulauan Karimunjaya ini memiliki keindahan alam yang sangat terkenal di Indonesia, hampir seluruh pantai yang anda di kepulauan ini memiliki hamparan pasir putih dan juga memiliki garis pantai yang panjang. Di kawasan pantai para pengunjung dapat menikmati keindahan alam, berjemur, bermain pasir dan dapat menikmati keindahan pemandangan alam di pagi darn sore hari pada saat matahri tenggelam ataupu terbit.

Wisata Kuliner dan wWisata Belanja

Jika anda berkunjung dan berwisata, tidak lengkap rasanya jika anda tidak mencoba menikmati aneka kuliner dan juga membeli oleh-oleh seperti cindera mata yang merupakan ciri khas setempat untuk anda bawa pulang kerumah. Untuk jenis kuliner yang terkenal yaitu makanan Broyo, Broyo merupakan jenis makanan yang terbuat dari kacang-kacangan. Sedangkan jenis kerajinan yang dapat anda beli untuk cindera mata yang popular dilokasi ini yaitu jenis kerajinan tangan yang terbuat dari bahan kayu yang cukup langka, jenis kayu yang digunakan yaitu seperti kayu setigi, kayu dewadaru dan juga jenis kayu kalimasada. Selain itu, di kawasan ini anda juga dapat berbekanja segala keperluan seperti bahan makanan, pakaian dan masih banyak lagi yang lainnya.

Nah, apakah anda tertarik untuk berkunjung ke tempat wisata kepulauan karimunjawa? Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan selamat berlibur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *