Wisata ke Alun-Alun Bandung | Sejarah Alun-ALun Bandung

Wisata ke Alun-Alun Bandung – Jika anda berlibur ke Kota Bandung tidak komplit rasanya bila tidak berkunjung ke Alun-alun Bandung, sebagai salah satu tempat yang alternative cocok bagi tempat wisata keluarga. Tempat wisata ini tidak pernah sepi akan pengunjung, terutama setelah tepat wisata ini di modipikasi tempat ini selalu menjadi tempat favorit keluarga, tempat hiburan yang murah dan menyenangkan. Teruma apabila sedang wekand ataw pada akhir pekan pasti padat akan pengunjung.Alun alun yang tepat di pusat kota ini dekat degan tempat tempat hiburan lain yang tidak kalah bagus nya, salah satunya tempat wisata belanja murah pasar baru, parahiangan,jln braga, dan gedung merdeka.

Alun-alun Bandung merupakan pusat kota Bandung yang dicirakan oleh sebidang tanah yang luas. Dan di sekelilingnya terdapat bangunan-bangunan megah. Tempatnya ada di dekat Grote postweg.

 

 

Taman ALun-Alun Bandung

Taman ALun-Alun Bandung – Sumber gambar: Tribunnews.com

Semenjak Kota ini di pegang oleh Bpk Ridwan Kamil beliau tak berhenti hentinya terus berinovasi dan terus mempercantik kotanya agar dapat mengembalikan sebutan kotanya yang begitu popular pada jaman Belanda,salah satu ide cerdas Bpk Ridwan Kamil adalah dengn merubah tampilan wajah alun-alun yang sebelumnya identic dengan kata sebutan tak terurus karna dibiarkan seadanya seperti taman pada biasanya, yang tidak jelas peruntukan fungsinya dan tidak tertib.

SEJARAH ALUN-ALUN KOTA BANDUNG.

Pada saat pertama kalinya berdiri Kota Bandung, seokor kuda merupakan hewan yang penting pada saat itu, kuda ini di fungsika sebagei alat transportasi untuk mengantarkan surat surat. Dan biasanya dalam jarak tertentu dipastikan selalu ada kuda pengganti. Dan guda pengganti selalu stay di pos pengganti untuk menggantikan kuda yang pertama, salah satu pos pengganti terdapat di jln raya pos ada di dekat gedung kantor pos besar bandung yang sekaraang berada di jalan Banceuy.

Jln Banceuy yaitu awalnya berasal dari kata Oude Kerkhoffweg mengapa ? karna tempat ini pernah dijadikan kuburan orang orang china. Tapi sekarang tempat itu sudah di pakei sebagei tempat menjual suku cadang mobil dan listri.

alun alun bandung dulu 2007

Alun alun bandung dulu 2007

Alun-Alun Bandung direnovasi berkali kali hingga yang terakhir dilakukan pada tahun 2014. Dan di resmikannya Alun-alun Bandung oleh Bpk Ridwan kamil pada tanggal 31 desember2014.Alun-alun Bandung ii memiliki fasilitas aneka tempat bermain anak, parkiran,perpustakaan,dan terdapat wifi, dengan taman seluas 1.200 mtpg berdiri sebuah atas bangunan parkir dan terbungkus oleh rerumputan hujau walaupun itu hanya sintetis tapi cukup nyaman sebagei tempat berkumpul bermaen dan beristirahat.

Setiap opsir Belanda yang akan berkumpul di krato, Kabupaten, atau kawedanan pada umumnya selalu diantar oleh pejabat lokal menaiki kereta.begitu telah mendekati lokasi sang pejabat selalu berteriak ALON-ALON menurut bahasa jawa barat yang artinya ‘’pelan pelan’’ kepada si kusir.

Mengingat opsir Belanda ini tidak bsa mengingat nama lokasi dlm bahasa jawa. Oleh sebab itu lokasi ini dinamakan ALOON-ALOON oleh opsir dari belanda ini.nama inilah yang menjadi kata ALUN-ALUN yang sekarang ini. Jadi ALUN-ALUN ITU adalah kata ALON-ALON yang diserap dalam lafal orang Belanda.

Alun-alun merupakan sepetak tanah berbentuk segi empat di tengah tengah kota.oleh sebab itu kata ALUN-ALUN bila di terjemaahkan kedalam bahasa asing akan menjadi kata SQUARE/QUADRADO

Menurut filsafat tata ruang Jawa yang tinggi, ALUN-ALUN diharuskan dibangun dengan konsep catur sagotra/ catur gatra tunggal yang diartikan sebagei empat elemen dalam satu unit area.

Yang dimana diharuskan ada kraton,penjara,masjid dan pasar di tempat tersebut.di alun-alun ditata dengan menurut filsapat catur sagotra. Dan di lokasi tersebut terdapat kabupaten,masjid,penjara / banceuy dan yang terakhir ada pasar. Tata letak seperti ini dekenal dengan nama arsitek omwallingarsitektur.

Penduduk Kota Bandung walaupun belum ada fasilitas bioskop, anda dapat menyaksikan tontonan yang sadis seperti menonton orang yang di hokum gantung, anda dapat menyaksikan hukuman gantung ini di alun-alun tepatnya dimana bioskop dian berdiri sekarang.

Sejarah alun-alun Bandung

Pendopo di Kota Bandung ini merupakan bangunan berarsitektur tradisional, yang beratap joglo tumpang tiga, dan pembangunan ini dimulai pada taun 1850 sebagai tempat kediaman Bupati wiranatakusumah 1810m. dan arah yang menuju ke utara ialah sebagei penghormatan kepada gunung maupun tentang kesucian gunung.

Di dLm pendopo terdapat ruangan Arab dan ruangan ini banyak dihiasi dengan lukisan kaligrafi arab, dan disamping itu di lengkapi dengan adanya tempat pemeilharaan ikan yang luas dan besar, kola mini dinamakan BALONG GEDE oleh penduduk sekitar, BALONG GEDE ataw kolam besar.lahan kabupaten ini cukup luas, nma di dibelakang kabupaten ialah jln Pungkur, jika di artikan ke bahasa sunda artinya pengker.

Menurut umat penganut agama islam pohon kurma merupakan pohon suci ,bila bagi penganut agama budha itu desibut poho bodi, dan bagi penganut agama hindu pohon beringin ataw waringin pohon ini di anggap suci. Oleh sebab itu salah satu pohon waringin ditanam pada tgl 18 09 1898 dengan sebagei tanda hari memperingati pelntikan Ratu Belanda yaitu yang bernamaHilhelina. Dan pohon ini diberi nama Wihelmina Boom, boom artinya pohon menurut bahasa belanda. Dan pohon waringin yang kedua  ditanam pada taun 1909 pada saat Ratu Juliana Naik tahta dan menggantikan ibunya, pohon yang kedua akhirnya diberi nama Juliana Boom.

Di setiap Alun-alun diharuskan di tanam dua buah pohon waringin besar yang di kurungi. Kedua pohon ini seperti sebagei payung kerajaan, dan payung inilah yang melambangkan sebagei kekuasaan maupun keperkasaan.

Pada taun 1942 kedua pohon warigin yang sudah setengah abad ini mati dengan sendirinya, seperti melambangkan matinya kekuasaan colonial belanda di nusantar.

LETAK ALUN-ALUN BANDUNG.

Letak Alun-alun bandung ini sangat strategis, dengan fasilitas taman yang terbukan dan selalu buka 24jam ini tidak pernah sepi akan pengunjung,selain itu tempat ini dikelilingi pusat tepat aneka wisata pembelanjaan dan wisata kuliner, kumplit sudah fasilitas di alun-alun kota bandung ini.

Sekian informasi dari saya sebagei penulis artikel ini dan bila anda berkunjung ke kota kembang ini (BANDUNG) ingat selalu untuk menjaga kelestarian keindahan kebersihan di wilayahmana saja yang anda kunjungi, tentu anda tidak ingin melihat kota yang di sebut sebagei kota kembang ini sebagei kota sampah bukan, dan bila anda berkunjung ke alun-alun jangan lupa bawa kamera yah agar dapat mengabadikan momen yang indah saat anda berada di alun alun, dan taati pelaturan yang tertera di ALUN-ALUN KOTA BANDUNG.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.