Wisata Jogya Pantai Parangtritis

Wisata jogya pantai parangtritis – pantai yang terletak di pesisir pulau jawa ini memang memiliki panorama alam yang indah dan memukau. Tak hanya terkenal dengan panorama alam yang indah, tempat wisata yang menjadi tujuan wisata jogja ini ternyata sangat kental akan aroma spiritual.

Berkunjung ke pantai ini memang untuk anda jadikan sebagai wisata bersama keluarga, sahabata atau teman. suasa pantai seperti deburan ombak yang yang terdengar khas, hamparan pasir serta hembusan angin membuat siapa saja yang berkunjung ke tempat ini akan betah untuk berlama lama diam disini. Pemandangan di sore yaitu matahari terbenan memang tidak kalah indahnya dengan tempat wisata pantaimkutai bali. Tak hanya itu saja keunikan lain dari tempat wisata ini yaitu adanya gumuk atau biasa di sebut dengan gundukan pasir di sekitar pantai. Gumuk yang ada di pantai parangtritis ini merupakan satu-satunya gurun pasir yang ada di Asia tenggara. Suhu panas dipantai ini juga berbeda jika di bandingkan dengan daerah sekitar yaitu jauh lebih panas beberapa derajat, seakan akan anda sedang ada di Negara Afrika ditambah dengan luasnya lautan pasir.

Wisata Jogya Pantai Parangtritis

Pantai parangtritis juga dikenal sebagai salah satu lambang kekuatan trimurti di Yogyakarta bersama dengan gunung merapi serta keraton kesultanan jogja yaitu : pantai parangtritis yang memiliki unsure elemen air, lalu hunung merapi yang memiliki elemen api sedangkan keraton kesultanan berfungsi sebagai penyeimbang dari keduanya. Dari ketiga unsur tersebut jika di tarik garis lurusnya, maka ketiganya berada atau berjajar disatu garis yang sama yaitu dari utara ke selatan.

Mak tak heran jika pantai parangtritis memang mempunyai peran yang penting bagi masyarakat Yogyakarta. Selain it, pantai ini juga di sebut sebagai pintu gerbang istana dari kerajaan laut selatan konon menurut kepercayaan setempat yang merupakan pimpinan dari seorang ratu yang bernama kanjeng ratu kidul. Mitos yang beredar di masyarak mempercayai jika sang ratu menyukai warna hijau, sehingga bagi setiap pengunjung di larang untuk memakai pakaian dengan warna yang di sukai sang ratu tersebut. Karena sesuatu atau hal buruk akan terjadi, percaya atau tidak tergantung kepercayaan anda. Namun sebaiknya anda menghindari untuk memakai warna tersebut ketika menginjakan kaki di pantai ini.

Sekilas sejarah mengenai pantai parangtritis – pantai ini pertaman kali di temukan oleh Dipokusumo, ia adalah seorang pelarian kerajaan majapahit. Di area pantai ini Dipokusumo menyepi dan melakukan semedi tanpa sengaja ia melihat air yang menetes atau disebut tumaritis, berasal dari celah batu karang yaitu yang disebut dengan parang. Jadi jika kedua kata tersebut di gabungkan menjadi satu, maka akan terbentuk kata parangtritis. Kata parangtritis berarti air yang menetas dari batu karang.

Berbagai kegiatan dapat di lakukan oleh pengujung, nah apa sajakah yang dapat di lakukan di pantai ini? Oke simak langsung saja uraian berikut ini, cekidot :

  • Hal pertama yang dapat dilakukan di tempat wisata ini yaitu berkeliling pantai. Pantai ini memang mempunyai hamparan pasir yang sangat luas, sehingga dapat anda nikmati sambil berjalan kaki untuk menikmati sentuhan pasir serta deburan ombak dan hembusan angin pantai. Namun jika tidak kelelahan anda dapat menggunakan kendaran yaitu berupa dengan menunggang kuda, naik kereta kuda, ATV yang telah tersedia dan dapat anda sewa sesuai dengan keiinginan dan kemampuan. Saat berkeliling pantai sebaiknya anda menggunakan kaca mata, hal ini berfungsi untuk menghindari pasir yang tertiup angin dan masuk ke mata.
  • Kegiatan lainnya yaitu berfoto sambil menikmati manisnya jagung bakar di sore hari ketika matahari tenggelam. Maka tak heran jika pantai ini akan semakin ramai di kunjungi saat mendekati senja. Para pengunjung pantai mulai mempersiakan camera untuk mendapatkan jepretan terbaik saat sunset tiba. Namun jika hanya sekedar ingin sekedar menikmati suasana senja anda dapat duduk sambil mencicipi manis jagung bakar dan segarnya es kelapa muda yang di jajakan d sekitar pantai.
  • Kegiatan yang tak boleh ketinggalan lainya yaitu berburu souvenir. Di sekitar pantai terdapat toko-toko suvenir yang menjual berbagai cindera mata atau kerajinan tangan khas pantai jogja. Tak hanya toko souvenir di pantai ini juga terdapat pedagang keliling yang menjajakan berbagai kerajinan khas pantai jogja yang dapat anda jadikan sebagai oleh-oleh.
  • Bermain layang-layang. Pantai parangtritis memang memiliki hamparan pasir yang luas sehingga sangat cocok untuk di jadikan sebagai arena untuk menerbangkan layang-layang yang merupakan salha satu lokasi favorite.

Kegiatan menarik diatas merupakan rutinitas yang tak boleh tertinggal saat berkunjung ketempat ini, lalu hal menarik apa lagi yang dapat di nikmati di pantai ini? Penduduk setempat mempercayai bahwa konon katanya pantai parangtritis merupakan pintu atau gerbang masuk menuju kerajaan ghaib di laut selatan. Sehingga di pantai ini sering di jadikan lokasi untuk berbagai ritual oleh keraton maupun warga sekitar dan salah satu ritual yang biasa di lakukan yaitu labuhan. Dalam ritual labuhan, juru kunci pantai serta utusan dari keraton akan melarung sesaji ke laut lepas. Ritual ini di lakukan dengan harapan untuk mendapatkan keselamatan, ketentraman dan keberkahan. Ritual labuhan akan di lakukan biasa pada hari penobatan sultan, peringatan penobatan setiap satu dan delapan tahun, saat akan menggelar hajatan seperti pernikahan.

Gumuk pasir adalah sebuah fenomena alam yang menarik serta unik yaitu dimana gurun pasir hanya akan terbentuk di daerah tertentu yang memiliki curah hujan tinggi salah satunya kota jogja. Selain dijadikan tempat wisata, gumuk pasir juga sering di jadikan laboratorium oleh para peneliti dari dalam ataupun luar negeri.

Pemandian air panas (parawedang). Terletak di kawasan pantai parangtritis pemandian air panas ini merupakan tempat yang unik, karena sumber air keluar dari mata air yang terasa panas akan tetapi dari hasil penelitian tidak terdapat adanya kandungan sulfur atau belerang. Berendam diparawedang di percayai dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

Lokasi serta transportasi menuju pantai parangtritis yang terletak di jalan parangtritis KM 28, Yogyakarta atau lebih tepatnya sekitar 30 km dari pusat kota Yogyakarta. Harga tiket masuk ke pantai ini yaitu Rp. 3.500 / orang. Wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi ataupun trasnportasi umum.
Jika menggunakan kendaraan pribadi dapat mengambil rute dari Yogyakarta menuju kretek lalu parangtritis / dari Yogyakarta ke imogiri lalu siluk kemudian parangtritis. Sedangkan menggunakan kendaraan umum dapat menggunakan bus dari terminal giwang, Yogyakarta yang memiliki rute jurusan Yogyakarta – parangtritis lalu turn di pantai tersebut.

Oke sampai disini dulu pembahasan mengenai wisata jogya pantai parangtritis, semoga bermanfaat.

Demikian ulasan mengenai Wisata Jogya Pantai Parangtritis yang dapat sobat baca dan simak di Wisata Kita! Semoga dengan adanya informasi bermanfaat. Selalu kunjungi blog Wisata Kita untuk mendapakan Menyediakan kumpulan informasi tentang objek tempat wisata secara lengkap.