Wisata Jawa Timur Pulau Sempu

Wisata Jawa Timur Pulau Sempu – Walaupun sebuah pulau yang terbilang kecil, tetapi pulau ini memiliki pesona yang sangat menarik dan juga menantang bagi para pengunjungnya. Pulau sempu merupakan salah satu pulau yang ada di provinsi Jawa Timur, tepatnya berada di Desa Tambak Rejo, kabupaten Malang Selatan. Lokasi yang sangat menarik dan mampu menghipnotis para pengunjungnya yaitu kawasan wisata Sagara Anakan.

Wisata Jawa Timur Pulau Sempu

Kawasan pulau yang tidak berpenghuni ini menjadi sebuah cagar alam yang di kelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur. Pulau ini masih sangat alami, sehingga masih banyak beraneka macam jenis flora dan fauna yang habitatnya berada di dalam hutan tropis seperti monyet, babi hutan, macan, jaguar dan masih banyak lagi hewan liar dan buas lainnya. untuk menuju ke pulau ini, anda dapat berangkat dari kawasan wisata Pantai Sendang Biru dengan memakai alat transportasi seperti perahu dan kemudian anda harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki untuk menuju ke lokasi utamanya.
Pulau Sempu telah diresmikan menjadi sebuah cagar alam sejak masa penjajahan belanda dulu yang diresmikan pada tanggal 15 Maret 1928. Bagi para pengunjung yang ingin mengunjungi kawasan wisata Pulau Sempu, sebelumnya harus meminta izin terlebih dahulu kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam setempat.

Menuju ke Pulau Sempu

Jika anda akan berangkat dari kota Malang, maka anda akan melakukan perjalan dengan menggunakan kendaraan bermotor selama kurang lebih dua jam menuju ke Pantai Sendang Biru. Lalu, anda harus melapor terlebih dahulu ke Resort Konservasi Kawasan Pulau Sempu untuk meminta izin memasuki kawasan cagar alam dari BKSDA. Sebaiknya anda tiba di lokasi Pantai Sendang Biru pada pagi hari, karena perjalanan untuk menuju ke atraksi utama akan memakan waktu yang cukup lama. Kemudian setelah anda tiba di atraksi utama, anda dapat melanjutkan perjalanan menuju ke lokasi Pulau Sempu dengan menyewa jasa perahu nelayan dengan tariff sekitar 150.000 rupiah sekali jalan dengan kapasitas perahu sekitar 10 orang. Lama perjalanan dari atraksi utama menuju ke pulau dapat ditempuh sekitar 15 menit, tetapi sesampainya anda di Pulau Sempu jangan lupa untuk meminta nomor ponsel yang bisa dihubungi pada saat anda akan pulang pada nelayan yang mengantarkan anda, sehingga anda dapat minta pada nelayan tersebut untuk menjemput jika anda hendak akan pulang.

Mengeksplorasi Pulau Sempu

Setelah anda tiba di kawasan wisata Pulau Sempu yang tepatnya berada di Teluk Semut, anda dapat melakukan trekking menuju ke Sagara Anakan yang dapat ditempuh dengan perjalanan selama dua setengah jam melewati hutan. Tetapi sebaiknya anda berhati-hati pada saat melakukan trekking, karena medannya lumayan cukup curam di beberapa lokasi, terutama pada saat musim hujan jalanan menjadi becek dan juga licin sehingga kegiatan ini dapat membuat anda tertantang dan menjadi momen yang tidak akan pernah anda lupakan. Namun jika anda ingin merencanakan pada musim kemarau, sebaiknya anda berangkat pada bulan Juli dan Agustus dan jangan lupa juga untuk membawa perbekalan seperti makanan dan juga air minum yang cukup sampai tiba waktu pulang. Hal ini dikarenakan di lokasi pulau anda tidak akan menemukan adanya penjual makanan dan juga sumber air tawar di Pulau ini.

Selama anda melakukan perjalanan di Pulau Sempu, maka anda akan ditemani ole seorang pemandu dari BKSDA. Hal ini dikarenakan di kawasan hutan masih banyak sekali hewan-hewan liar yang buas seperti babi hutan, jaguar dan juga macan yang mungkin sesekali dapat anda jumpai.

Selain adanya jalur trekking yang biasa banyak dilalui oleh para pengunjung, di lokasi ini juga terdapat jalur yang lebih sulit dan sangat menantang. Jalur tersebut biasanya diperuntuka bagi para pecinta alam yang memiliki jiwa petualang dan memiliki keinginan untuk menjelajahi keindahan alam lebih jauh lagi yang dimiliki Pulau Sempu. Jalur tersebut di awali dari lokasi Pantai Waru-Waru menuju ke Telaga Lele, lalu ke Telaga Sat, lanjut lagi menuju ke Pantai Kura-Kura, lalu ke Pantai Pasir Panjang, Pantai Kembar I, lanjut ke Pantai Kembar II, kemudian tibalah anda lokasi wisata Sagara Anakan. Dengan melakukan perjalanan di medan yang berat ini dan juga dengan melewati vegetasi yang sangat rapat, jalur trekking yang sangat curam dan masih sangat liar. Maka perjalanan untuk dapat sampai ke Laguna Sagara Anakan dapat memaka waktu selama 2 hari.

Kawasan Wisata Sagara Anakan
Pada saat anda tiba di kawasan wisata Sagara Anakan, maka anda akan menyaksikan keindahan sebuah pantai dengan pasir putih yang halus dan juga sangat bersih, karang-karang yang mengelilingi pantai, air pantai yang sangat jernih membuat anda merasa laguna ini bagaikan pantai pribadi yang hanya keindahannya hanya dapat dinikmati oleh anda, sahabat dan keluarga anda saja. Di kawasan pantai ini anda dapat melakukan kegiatan seperti berenang, menyelam ataupun snorkeling dengan tenang dan nyaman. Jika anda akan bermalam dan menikmati keindahan malam bersama bintang dan hembusan ombak, anda dapat mendirikan tenda di sekitar pantai.

Wisata Kuliner

Jika anda ingin berwisata kuliner sebelum kembali pulang ke kota asal, anda dapat berkunjung ke warung makan yang ada di kawasan Pantai Sendang Biru.
Tips Wisata di Pulau Sempu

Waktu yang paling tepat untuk liburan di Pulau Sempu yaitu pada saat musim kemarau, sehingga untuk menuju ke kawasan wisata Sagara Anakan akan lebih mudah karena kondisi tanah yang kering dan juga cuaca yang sangat cerah yang mendukung untuk menikmati keindahan alam.
Selain itu, sebaiknya anda membawa perbekalan dan juga perlengkapan yang cukup seperti makanan, minuman, vitamin untuk menjaga kebugaran tubuh, pakaian tertutup lengkap, sepatu dan perlengkapan lain yang mendukung untuk melakukan trekking yang memakan waktu cukup lama dan panjang.

Nah, itulah sedikit informasi yang dapat saya sampaikan kepada anda semua mengenai Wisata Jawa Timur Pulau Sempu. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan membatu anda yang akan berlibur ke Pulau Sempu.
Selamat berlibur…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *