Wisata Jawa Timur Gunung Bromo

Gunung Bromo merupakan salah satu gunung merapi aktip yang menjadi kawasan wisata yang sangat populer di Jawa Timur. Gunung ini memiliki pamandangan yang sangat indah dan memiliki ketinggian 2.329 meter dpl, lokasinya terletak di empat Kabupaten yang ada di provinsi Jawa Timur diantaranya yaitu Kabupaten probolinggo, lumajang, pasuruan dan Kabupaten Malang. Sehingga para wisatawan akan lebih mudah untuk akses menuju ke lokasi wisata Gunung Bromo dari berbagai arah.

Nama dari Gunung Bromo diambil dari nama Dewa dari ajaran agama Hindu, yaitu Dewa Brahma. Tempat wisata ini adalah salah satu bagian dari kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, kepopuleran obyek wisata ini memang sudah tidak perlu kita ragukan lagi sehingga banyak para wisatawan lokal ataupun asing yang berlibur ke kawasan Wisata Gunung Bromo dan juga Gunung Sumeru.

 Jawa Timur Gunung Bromo

Lalu, kegiatan apa saja yang menarik disini?
Wisata Gunung Bromo terkenal dengan keindahan alamnya, terutama pada saat fenomena terbitnya matahari yang memancarkan sinarnya yang sangat indah dan mempesona. Jika anda bermalam disebuah penginapan, sebaiknya anda meminta kepada pelayan penginapan atau hotel untuk memberitahukan jika anda ingin menyaksikan pemandangan terbitnya matahari di puncak Gunung Bromo. Maka anda akan dibangunkan tepat pada pukul 2 pagi, karena anda harus melakukan pendakian kelokasi yang cocok untuk menyaksikan fenomena menakjubkan ini. Maka dari itu, sebaiknya anda mempersiapkan perbekalan dan juga perlengkapan pendakian terlebih dahulu sebelum tidur.

Diatas Gunung Bromo terdapat sebuah kawah yang memiliki panjang mencapai 800 meter dari titik utara ke titik Selatan dan memiliki lebar mencapai 600 meter dari Barat ke Timur. Di dalam kawah tercium aroma belerang yang sangat menyengat, sehingga para pengunjung wajib membawa masker. Untuk dapat melihat keindahan alam di kawah ini, anda harus menaiki 250 anak tangga, tetapi jika anda merasa lelah, anda dapat menyewa jasa kuda yang dapat anda tunggangi untuk dapat menuju ke lokasi kawah Gunung Bromo.

Selain itu, anda juga jangan sampai lupa untuk membawa jaket atau baju hangat, sarung tangan, syal dan juga penutup kepala. Hal ini dikarenakan suhu di kawasan Kawah Gunung Bromo sangat dingin dengan temperatur suhu sekitar 3 sampai dengan 20 Derajat Celcius, bahkan jika cuaca sedangkurang baik suhu dapat mencapai 0 Derajat Celcius.

Apakah ada tempat yang menarik di kawasan Wisata Gunung Bromo?

Jika anda masih merasa bingung tujuan lokasi mana yang menjadi tujuan utama anda berlibur ke kawasan Wisata Gunung Bromo, sebaiknya sebelum anda berangkat simak informasi berikut ini.

  • Suku Tengger

Jika anda mencari tempat wisata suku dan budaya, lokasi ini patut untuk anda kunjungi. Karena di kawasan Wisata Gunung Bromo terdapat sebuah suku asli penghuni kawasan wisata ini yaitu Suku Tengger, ciri khas Suku Tengger terlihat pada gaya penampilannya yang sering melingkarkan sarung pada leher atau menggantungkannya pada pundak mereka, sedangkan agama yang dianut suku ini yaitu agama Hindu.

Nama dari suku ini diambil dari nama Roro Anteng dan juga Joko Seger, nama kedua orang tersebut merupakan pasangan yang menjadi nenek moyang mereka. Suku Tengger juga pernah disebutkan jika mereka merupakan keturunan dari kerajaan Majapahit, karena kondisi dari kerajaan pada masa itu merasa terdesak oleh pengaruh dari penganut agama islam, sehingga para penduduk bermigrasi ke beberpa tempat seperti ke kawasan Gunung Bromo dan juga Pulau Bali.

  • Upacara Yadnya Kasada atau Kasodo

Upacara Yadnya Kasada atau Kasodo merupakan sebuah upacara yang sering dilakukan oleh Suku Tengger, upacara ini biasa dilaksanakan di hari ke-14 pada bulan ke sepuluh pada kalender Jawa Hindu Tengger. Upacara ini dimulai dari lokasi Pura Luhur Poten yang terletak dikawasan Wisata Gunung Bromo. Kemudian upacara selanjutnya Suku Tengger akan melakukan perjalanan dengan berjalan kaki emnuju ke lokasi Kawah untuk melemparkan sesajen yang sebelumnya telah dipersiapkan. Awal mula dilaksanakannya upacara ini yaitu pada saat pasangan nenek-moyang mereka yang bernama Roro Anteng dan Joko Seger memohon kepada para dewa agar mereka dikaruniai seorang anak dan sampai akhirnya Roro Anteng mengandung dan melahirkan. Namun sang dewa memberikan mereka syarat agar kelak anak bungsu dari mereka harus dikorbankan dengan melemparkannya kedalam kawah untuk dijadikan persembahan bagi para dewa.

Sampai pada akhirnya, pasangan Joko Seger dan juga Roro Anteng memiliki 25 anak. Namun akan sayangnya kepada semua anak-anaknya, mereka menolak untuk mengorbankan anak bungsunya dan kemudian sang Dewa pun marah. Kemudian kawah tersebut mengeluarkan jilatan api yang sangat besar, lalu semua anak-anaknya pun melarikan diri dari bahaya api yang menyambar, tetapi anak bungsunya tidak ditemukan dan kemudian terdengar suara goib yang mengatakan jika setiap tahunnya panduduk sekitar harus melaksanakan upacara sebagai persembahan di kawah Gunung Bromo. Sampai sekarang upacara tersebut masih selalu dilaksanakan setiap tahunnya, namun persembahan yang disuguhkan bukan manusia melainkan hanya makanan dan buah-buahan.

  • Wisata Pasir Berbisik

Pasir berisik merupakan sebuah kawasan wisata lautan pasir yang berada di dataran tinggi, kawasan Pasir Berbisik ini memiliki panjang sekitar 10 kmdan letaknya tidak terlalu jauh dari lokasi anak tangga untuk menuju ke lokasi Kawah Gunung Bromo. Sebagian penduduk mengenal lokasi ini dengan nama “Segara Wedi”, sedangkan nama Pasir Berbisik ini diambil dari nama sebuah film yang berjudul Pasir Berbisik. Hal ini dikarenakan, lokasi wisata ini sering dijadikan sebagai lokasi untuk pembuatan film. Keunikan dari lokasi ini yaitu pada saat pasir beterbangan pada saat angin sedang besar, sehingga pasir tersebut akan beterbangan dan mengeluarkan suara seperti orang yang sedang berbisik.

Bagi anda yang ingin menjumpai lokasi ini, sebaiknya anda membawa masker mulut dan juga kacamatan lebar untuk mencegah pasir terhiirup dan mengganggu kenyamanan anda pada saat berlibur di lokasi ini. Untuk menuju ke lokasi wisata Pasir Bersisik, jika sudah merasa kelelahan berjalan cukup jauh, anda dapat menyewa jasa kuda untuk ditunggangi.

  • Wisata Bukit Teletubbies

Apakah anda pernah menonton acara televisi bagi anak-anak yang bernama Teletubies, nama dari bukit ini pun terinsfirasil dari nama bukit yang ada di dalam acara anak Teletubbies ini. Lokasi Bukit Teletubbies ini berada di kawasan sebelah selatan dari kawasan wisata Gunung Bromo.
Nah, bagaimana? Apakah anda tertarik untuk mengunjungi kawasan Wisata Jawa Timur Gunung Bromo?

Demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan kepada anda semua, semoga dapat memberikan sedikit pengetahuan dan selamat berlibur.

Demikian ulasan mengenai Wisata Jawa Timur Gunung Bromo yang dapat sobat baca dan simak di Wisata Kita! Semoga dengan adanya informasi bermanfaat. Selalu kunjungi blog Wisata Kita untuk mendapakan Menyediakan kumpulan informasi tentang objek tempat wisata secara lengkap.