Wisata Jakarta Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Pernahkah anda berkunjung ke tempat Wisata Jakarta Taman Mini Indonesia Indah atau yang lebih dikenal dengan singkatan TMII? TMII merupakan salah satu kawasan wisata yang sangat terkenal di Jakarta, tempat wisata yang terletak di Jakarta Timur ini memiliki luas lahan sekitar 150 hektar, sehingga lokasi wisata TMII ini merupakan salah satu kawasan rekreasi keluarga terbesar di Indonesia.

 Jakarta Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Tempat wisata taman rekreasi ini adalah sebuah tempat yang menawarkan beraneka ragam kebudayaan yang ada di Indonesia mulai dari Sabang hingga Merauke seperti rumah adat, pakaian adat, tarian daerah, suku, rumah ibadah dan masih banyak lagi wahana-wahana menarik yang lainnya.

Untuk informasi lebih lengkapnya mengenai apa saja yang ada di kawasan wisata Taman Mini Indonesia Indah, simak informasinya berikut ini.

Anjungan Daerah
Ditempat ini terdapat banyak sekali aneka kebudayaan yang berasal dari 34 provinsi di Indoesia. Setiap provinsi mempunyai anjungan sendiri yang terdiri dari rumah adat, pakaian adat, busana pengantin, peralatan rumah tangga, senjata tradisional dan lain-lain.

Biasanya pada hari minggu sering menggelar pertunjukan di setiap anjungan dengan menampilkan sebuah pertunjukan kebudayaan seperti tarian daerah ataupun cerita daerah. Selain itu, terdapat beberapa anjungan yang juga menampilkan sesuatu yang menjadi kebanggaan di provinsi tersebut seperti makanan khas, kerajinan tangan, pakaian, aksesoris dan lain sebagainya.

Rumah Ibadah
Indonesia terdiri dari berbagai jenis suku bangsa dan juga agama, dikawasan wisata ini juga terdapat berbagai jenis bangunan tempat beribadah yang masih digunakan untuk para pengunjung yang akan melaksanakan ibadah sesuai dengan kepercayaannya masing-masing seperti Masjid Pangeran Diponegoro, Greja Protestan Haleluya, Gereja Katolik Santa Catharina, Sasana Adirasa Pangeran Samber Nyawa, Kuil Konghucu Kong Miao, Vihara Arya Dwipa Arama dan Puara Panataran Agung Kertabumi.

Sarana Rekreasi
Di kawasan wisata Taman Mini Indonesia Indah juga terdapat banyak sekali wahana permainan yang dapat anda kunjungi. Berikut beberapa wahana yang menarik dan selalu ramai dikunjungi para wisatawan, yaitu :

  • Wahana Istana Anak Indonesia
    Bagi anda yang memiliki anak yang suka dengan kisah cerita dan dongeng rakyat, lokasi wahana ini sangat cocok dan menarik untuk anda kunjungi bersama dengan sang buah hati.
  • Naik Kereta Gantung
    Jika anda ingin menikmati keindahan seluruh kawasan wisata taman ini, anda dapat mencoba untuk naik kereta gantung yang tersedia. Seluruh kawasan taman akan terlihat dengan sangat jelas, untuk tarifnya sendiri di patok dengan harga 30.000 untuk setiap orangnya.
  • Naik Perahu Angas
    Di kawasan taman juga terdapat sebuah danau yang cukup luas, sehingga anda dapat menikmati keindahan danau sambil berkeliling dengan menggunakan perahu angsa yang dapat disewa dengan harga sewa sekitar 7.500 rupiah untuk setiap orang nya.
  • Snow Bay
    Nah, untuk anda dan keluarga yang ingin berwisata air atau berenang, tempat ini juga dapat anda kunjungi. Di lokasi ini terdapat berbagai wahana permainan air dan juga kolam renang untuk segala usia.

Pusat Peragaan IPTEK
Di lokasi taman juga terdapat sebuah tempat mempertunjukan berbagai hasil karya IPTEK dan juga para pengunjung dapat mencoba melakukan sebuah percobaan ringan yang telah disediakan oleh pengelola. Untuk masuk ke kawasan ini pengunjung akan dikenakan tariff masuk sebesar 17.000 rupiah per orang.

Taman Wisata
Di kawasan wisata ini pun terdapat banyak sekali jenis taman yang mengkoleksi aneka jenis flora dan juga fauna seperti Taman Melati, Bunga Keong Mas, Kaktus, Aneka Jenis Anggrek, Apotek Hidup. sedangkan untuk taman yang mengkoleksi fauna yang ada di sini terdiri dari Taman Burung, Bekisar dan juga sebuah Akuarium yang mengkoleksi berbagai jenis Ikan Air Tawar.

Museum
Di kawasan TMII juga terdapat banyak sekali museum yang mengkoleksi berbagai jenis benda-benda bersejarah, yaitu :

  • Museum Indonesia
    Museum Indonesia merupakan sebuah museum yang memiliki berbagai koleksi yang berupa sebuah gambaran mengenai kebudayaan bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai jenis alat transfortasi dari masa ke masa dan juga aneka ragam adat istiadat setiap daerah yang ada di Indonesia. Pada bagian bangunan museum ini berupa sebuah gedung yang memiliki tiga tingkat dengan memiliki keindahan berupa pahatan mengenai sebuah cerita Ramayana pada bagian dinding Museum.
  • Museum keprajuritan
    Di museum ini anda akan dapat belajar mengenai perjuangan rakyat Indonesia pada saat merebut kemerdekaan bangsa kita dari para penjajah. Selain itu, disekeliling museum terdapat kolam yang menggambarkan sebuah pertahanan Bangsa Indonesia yang mengandalkan kekuatan dari luasnya perairan Negara ini.
  • Museum Perangko
    Jika anda ingin melihat berbagai jenis perangko dan juga alat untuk mencetaknya yang pernah digunakan rakyat Indonesia dari masa ke masa, anda dapat berkunjung ke museum ini.
  • Museum Pusaka atau Persenjataan
    Dimuseum ini terdapat berbagai jenis pusaka dan juga senjata tradisional dari berbagai daerah yang ada di Indonesia.
  • Museum Transportasi
    Museum transportasi merupakan sebuah museum yang memiliki berbagai koleksi alat transfortasi yang ada di Indonesia dan juga dunia.
  • Museum Energi
    Dimuseum ini kita dapat memahami akan pentingnya untuk kita menghemat energi seperti listrik dan juga yang lainnya.
  • Museum Migas
    Di museum ini anda dapat belajar mengenai bagaimana cara mengolah minyak dan juga gas bumi beserta dengan peralatan yang digunakan.
  • Museum Telekomunikasi
    Museum ini memiliki ciri khas pada bagian bangunannya yang berbentuk seperti kubah dan juga terdapat sebuah patung Gajah Mada, sedangkan nama satelit yang dimiliki Indonesia ini bernama satelit Palapa.
  • Museum Olahraga
    Bagi anda yang suka berolahraga, di museum ini anda dapat mencari informasi mengenai pentingnya olahraga bagi tubuh kita.
  • Museum Asmat
    Sesuai dengan namanya, museum asmat ini memiliki koleksi berbagai jenis kerajinan tangan dan juga hasil karya seni dari suku Papua.
  • Museum Komodo
    Bentuk dari bangunan museum ini pun sesuai dengan namanya yaitu berbentuk Komodo. Di dalam museum anda dapat mempelajari berbagai hal mengenai hewan langka asli dari Indonesia ini.
  • Museum Serangga
    Bagi anda yang hobi dengan mengkoleksi serangga, di museum ini anda dapat mengenal lebih banyak aneka jenis serangga yang ada di Indonesia yang jumlahnya sekitar 250.000 jenis serangga.

Teater
Di kawasan wisata TMII juga para pengunjung dapat menyaksikan berbagai teater yang terdiri dari :

  • Teater IMAX Keong Mas
    Di teater ini biasa diputar tentang film-film yang menceritaan mengenai suatu lingkungan dan juga kebudayaan yang ada di Indonesia, serta sering juga di putar film Box Office di teater ini.
  • Teater Tanah Airku
    Teater ini sering memutar sebuah pertunjukan seni. Selain itu teater ini dilengkapi dengan teknologi yang modern seperti pejncahayaan, pengeras suara dan juga perlengkapan pendukung pertunjukan lainnya.
  • Teater 4D
    Teater ini memang merupakan sebuah teater yang selalu ramai dikunjungi, karena tampilan dari 4 dimensi akan membuat para penontonnya merasa betah dan menjadi sebuah pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan.

Apakah masih ada hal menarik lagi yang lainnya di kawasan Wisata Taman Mini Indonesia Indah?
Berikut ini merupakan beberapa tempat dan juga kegiatan menarik lainnya yang dapat anda coba dan kunjungi, diantaranya yaitu :

  • Pusat Informasi Mengenai Wisata dan juga Budaya
  • Wisata Kuliner
  • Pasar Tiban
  • Penginapan

Nah, itulah sedikit informasi yang dapat saya sampaikan mengenai wisata Jakarta taman mini Indonesia indah. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan sampai jumpa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *