Wisata Indonesia Raja Ampat Papua Barat

Wisata Indonesia Raja Ampat Papua Barat – Raja ampat merupakan sebuah kabupaten yang lokasinya terletak di bagian barat kepala burung, Papua Barat. kawasan raja ampat ini memiliki luas wilayah sekitar 4,5 juta hektar lebih. Kawasan raja ampat merupakan sebuah kawasan yang hampir 85% nya lautan, sedangkan sisannya terdiri dari pulau-pulau yang jumlah keseluruhannya mencapai 600 pulau lebih. Dari sekian banyak pulau yang terdpat di kabupaten ini, terdapat 4 buah pulau yang merupakan pulau terbesar dan pulau tersebut bernama Pulau Misool, Pulau Salawati, Pulau Batanta dan Pulau Waigon. Selain itu, dari sekian banyak pulau hanya sekitar 35 pulau saja yang berpenghuni, sedangkan sisanya merupakan pulau yang tidak berpenghuni. Dan baru sekitar 400 pulau yang sudah dieksplorasi, sedangkan sisanya masih belum sama sekali terjamah oleh tangan manusia.

Wisata Indonesia Raja Ampat Papua Barat

Mata pencaharian para penduduk yang berada di kepulauan raja ampat mayoritas berprofesi sebagai nelayan, penduduknya pun terbilang ramah dan baik sehingga jika ada tamu dari luar, mereka akan menyambutnya dengan baik dan ramah. Peduduk kepylauan raja ampat sebagian menganut agama Kristen dan sebagiannya menganut agama islam, walaupun berbeda kepercayaan tetapi mereka tetap hidup rukun antara satu dengan yang lainnya.

Nama raja ampat itu sendiri berasal dari sebuah kisah yang konon katanya dulu ada seorang wanita yang menemukan telur sebanyak 7 buah, lalu telur-telur tersebut menetas dan ternyata 4 butir telur menetas sebagai seorang pangeran sedangkan yang 3 menjadi seorang putrid, batu dan hantu. Lalu kemudian keempat orang pangeran tersebut menjadi penghuni sekaligus raja di empat pulau yaitu Pulau Misool, Pulau Salawati, Pulau Batanta dan Pulau Waigon. Pada akhirnya kepulauan ini dikenal dengan nama kepulauan Raja Ampat.

Di kepulauan Raja Ampat ini berpotensi sebagai lokasi wisata yang memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan, seperti diantaranya yang paling popular di kepulauan ini yaitu wisata bawah lautnya yang sangat indah. Selain itu, di alam bawah lautnya terdapat keindahan alam dengan dilengkapi aneka jenis flora dan fauna laut yang sangat luar biasa. Maka tak heran jika lokasi wisata kepulauan Raja Ampat merupakan kepulauan di Indonesia yang terkenal di dunia. Selain itu, jika anda melakukan penyelaman kedalam laut, maka anda akan menjumpai berbagai benda peninggalan di jaman perang dunia kedua seperti bangkai kapal, pesawat dan sisa-sisa perlengkapan perang lainnya di kawasan Pulau Wai.

Kepulauan Raja Ampat merupakan tempat wisata yang selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan lokal ataupun asing, kegiatan yang sering dilakukan para wisatawan di kawasan wisata ini yaitu berenang, berselancar, menyelam, wisata budaya, wisata kuliner, mengenal sejarah, seni budaya dan juga menikmati keindahan alam yang jarang anda temukan di kawasan wisata pantai lainnya.

Jika anda ingin berkunjung dan berlibur ke kepulauan Raja Ampat dan menginap di kepulauan ini, anda dapat memilih 2 laternatif yaitu dengan menginap di kapal pinisi yang sudah di modifikasi sedemikian rupa atau di dalam resort. Jika anda ingin mencoba pengalaman yang beda, anda dapat menikmati masa liburan anda dengan menyewa kapal pinisi, sehingga anda akan memiliki pengalaman yang berbeda dan unik. Tetapi jika anda memilih dengan menyewa kapal pinisi, mungkin anda harus menguras tabungan anda cukup besar karena untuk menyewa kapal pinisi ini anda harus membayar sekitar 100 juta rupiah, kapal tersebut dapat menampung sekitar 14 orang.

Berwisata ke kepulauan Raja Ampat tidak cukup hanya dengan modal nekat saja, untuk berwisata ke pulau yang memiliki julukan surga bawah laut ini harus mempersiapkan diri terlebih dahulu seperti keinginan yang kuat, memiliki jiwa petualang, gemar menyelam ke dalam laut dan tentunya memiliki modal financial yang cukup besar. Untuk berkunjung ke kepulauan raja ampat memang hanya orang-orang tertentu saja yang dapat berwiata ke tempat ini, sehingga jumlah resort dan kapal yang ada di pulau ini pun dibatasi. Hal ini untuk menjaga keindahan dan kondisi alamnya tetap terjaga dengan baik, maka tak heran jika harga tiket masuknya juga sangat pantastis dan hanya orang-orang kelas atas saja yang dapat menikmati salah satu pulau terindah dan terlengkap di dunia ini.

Untuk Menuju Kepulauan Raja Ampat

Bagi anda yang tertarik ingin mengunjungi kepulauan Raja Ampat ini, anda dapat mencapainya dengan mudah. Tetapi untuk menuju ke lokasi wisata ini, anda akan memerlukan waktu yang cukup lama dan tentunya dengan biaya yang tidak murah. Jika anda dari Jakarta, anda dapat menaiki pesawat dari kota Jakarta menuju ke Sorong dan lama perjalanan yang akan anda tempuh sekitar 6 jam. Setelah anda tiba di Sorong, maka anda harus naik sebuah kapal untuk menuju ke kepulauan Raja Ampat dengan lama perjalanan sekitar 3 jam. Untuk menghemat biaya transportasi kapal laut, sebaiknya anda pergi berkelompk maksimal 8 orang sesuai dengan jumlah muatan yang dapat di bawa.

Namun ada alternative lain yang tentunya lebih hemat dibandingkan dengan akses utama untuk menuju ke kepulauan indah ini, anda dapat menaiki kapal laut yang ada di Jakarta menuju ke sorong. Harga tiket perjalanannya sekitar 400 ribu rupiah, tetapi walaupun harganya jauh lebih murah, cara ini akan memakan waktu yang lebih lama sekitar 7 hari karena kapal ini akan sering berhenti di beberapa tempat di kota besar.

Nah, bagaimana apakah anda tertarik untuk berkunjung ke kepulauan Raja Ampat?
Demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan kepada anda semua mengenai wisata indonesia raja ampat papua barat, semoga apa yang dapat saya sampaikan dapat bermanfaat dan sedikit menambah pengetahuan anda semua.
Sekian dan selamat berlibur…

Demikian ulasan mengenai Wisata Indonesia Raja Ampat Papua Barat yang dapat sobat baca dan simak di Wisata Kita! Semoga dengan adanya informasi bermanfaat. Selalu kunjungi blog Wisata Kita untuk mendapakan Menyediakan kumpulan informasi tentang objek tempat wisata secara lengkap.