10 Tempat Wisata di Penang Yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Penang yang Wajib Dikunjungi – Penang merupakan nama sebuah pulau yang lokasinya terletak di bagian barat laut Malaysia, di pulau ini terdapat banyak sekali tempat wisata yang paling popular di Malaysia selain kuala lumpur dan juga Johor Bahru. Tempat wisata yang ada di pulau penang cukup terkenal dan terdapat berbagai wisata menarik dan dapat anda nikmati seperti pantai, aneka ragam budaya, wisata kuliner dan belanja. Maka tak heran rasanya jika lokasi wisata di pulau ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan dari berbagai daerah dan ada juga yang dari mancanegara.

Penasaran apa saja tempat wisata yang ada di Pulau Penang? Berikut ini merupakan 10 tempat wisata di penang yang wajib dikunjungi, diantaranya yaitu :

1.Wisata Penang Hill

Wisata Penang Hill

Penang Hill merupakan salah satu dari sekian banyak tempat-tempat wisata yang ada di pulau Penang dan paling ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Selain itu, di tempat wisata ini juga terdapat salah satu tempat yang menjadi lokasi paling favorit yang bernama Owl Museum. Tempat ini lebih dikenal dengan sebutan bukit bendera karena disini memiliki udara yang sangat sejuk, sehingga lokasi ini sangat cocok bagi anda yang suka menikmati keindahan alam perbukitan.

Untuk menuju ke lokasi Penang Hill, anda harus melakukan perjalanan dengan menggunakan kereta Penang Hill Railway. Kereta ini mulai beropereasi dari jam 9 pagi hingga jam 11 malam, pada saat dalam perjalanan anda akan dapat menikmati keindahan alam yang juga dapat menjadi pengalaman yang menarik selama berwisata di lokasi ini. Harga tiket yang harus anda bayar untuk menggunakan jasa perjalanan dengan menggunakan kereta ini sekitar 30 ringgit, sedangkan untuk alternative lainnya anda dapat menggunakan jasa taksi untuk menuju ke lokasi.

2.Wisata Penang Bridge

Wisata Penang Bridge

Penang Bridge merupakan sebuah jembatan yang ada di kepulauan Penang, jembatan ini juga merupakan sebuah jembatan terpanjang di dunia yang panjangnya sekitar 13,5 km lebih. Jembatan ini menghubungkan antara seberang Prai yang berada di daratan Malaysia menuju ke Bayan Lepas yang berada di pulau Penang. Jembatan ini merupakan sebuah bangunan yang menjadi salah satu ikon Malaysia karena memiliki desain yang sangat khas.

3.Wisata Sri Mahamariamman Temple

Wisata Sri Mahamariamman Temple

Tempat wisata ini merupakan salah satu tempat wisata yang memiliki daya tarik, lokasi wisata ini terletak di George Town, Penang. Selain itu, di tempat wisata ini terdapat sebuah kuil Hindu yang sangat terkenal dan merupakan kuil tertua yang menawarkan berbagai ornament yang menjadi kebudayaan Bangsa India kuno dengan terdapat banyak sekali patung dewa dan dewi. Untuk masuk ke lokasi wisata ini anda tidak akan dikenakan tiket alias gratis dan anda dapat melakukan kegiatan seperti foto-foto di seluruh bagian sudut Sri Mahamariamman Temple kecuali di kawasan altar utama. Sri Mahamariamman Temple mulai dibukan dari jam 6.30 pagi sampai jam 12 siang, kemudian dibuka kembali pada jam 4.30 sore sampai dengan jam 9 malam.

4.Wisata Kek Lok Si Temple

Wisata Kek Lok Si Temple

Kek Lok Si Temple merupakan sebuah kuil Budha yang merupakan sebuah kuil Budha terbesar di kawasan Asia Tenggara. Kuil yang sudah berusia lebih dari 1 abad ini lokasinya terletak di Air Itam yang berada di kawasan perbukitan dengan pemandangan yang sangat indah dan juga udara yang sangat sejuk, sehingga lokasi ini banyak diminati oleh para wisatawan untuk di kunjungi. Kuil ini bergaya cirri khas Thailand dan juga dilengkapi dengan berbagai ornament-ornamen dari ciri khas bangsa cina yang sangat unik dan menarik. Untuk menuju ke lokasi ini, anda dapat menggunakan kendaraan umum seperti bus yang ada di George Town.

5.Wisata Plaza Gurney

Wisata Plaza Gurney

Jika anda ingin berwisata belanja, anda dapat mengunjungi sebuah pusat perbelanjaan yang terdapat berbagai jenis toko dengan barang beraneka ragam dan harganya pun berpariatif. Lokasi Plaza Gurney terletak di kawasan pantai, sehingga anda dapat sekalian berwisata dan menikmati keindahan pantai.

6.Fort Cornwallis

Fort Cornwallis

Fort Cornwallis merupakan sebuah benteng yang dibangun pada tahun 1786, sehingga lokasi wisata ini menjadi tempat wisata paling tua di Penang. Pada awalnya benteng ini digubakan sebagai benteng pertahanan pada masa kekuasaan inggris, namun akhirnya benteng ini lebih sering digunakan sebagai tempat administrasi. Tetapi saat ini Fort Cornwallis banyak dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin mengenal sejarah dan melihat berbagai benda peninggalan Penang.

7.Wisata Penang Toy Museum

Wisata Penang Toy Museum

Penang Toy Museum merupakan sebuah museum yang selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan, museum ini terbilang sangat unik karena memiliki berbagai koleksi mainan yang ada di seluruh dunia. Penang Toy Museum lokasinya berada di Jalan Tanjung Bungah, lokasi wisata ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai wisata keluarga terutama anak-anak. Untuk masuk kedalam museum, pengunjung akan dikenakan tarif tiket masuk sebesar 30 ringgit atau setara dengan 110.000 rupiah.

8.Wisata Pinang Peranakan Mansion

Wisata Pinang Peranakan Mansion

Pinang Peranakan Mansion juga merupakan salah satu museum menarik yang ada di penang, museum ini lokasinya terletak di George Town dan menawarkan unsure sejarah dan juga Budaya. Dulunya museum ini merupakan sebuah tempat tinggal orang kaya dari keturunan bangsa cina, orang tersebut sangat gemar mengkoleksi berbagai jenis barang-barang yang memiliki nilai seni tinggi seperti aneka perhiasan, artifak bersejarah, furniture dan masih banyak lagi yang lainnya. Bagi para pengunjung yang ingin masuk dan melihat-lihat aneka jenis barang antik di museum ini, pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar 20 ringgit atau setara dengan 75 ribu rupiah.

9.Wisata Queensbay Mall

Wisata Queensbay Mall

Queensbay Mall merupakan sebuah pusat perbelanjaan terbesar di Penang, lokasinya tidak begitu jauh dari Bandara Penang. Barang-barang yang ada di Queensbay Mall sangat lengkap mulai dari pakaian, perlengkapan dapur, kosmetik, elektronik dan masih banyak lagi yang lainnya. Selain itu, lokasi wisata belanja ini tepat berada di pinggir pantai sehingga selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

10.Wisata Cheong Fatt Tze Mansion

Wisata Cheong Fatt Tze Mansion

Cheong Fatt Tze Mansion merupakan sebuah tempat peninggalan dari para imigran Cina yang di bangun sejak tahun 1880, pendiri tempat ini yaitu seorang pedagang dari cina yang bernama Cheong Fatt Tze. Setelah itu, bangunan ini di beli oleh seorang pengusaha dari Malaysia agar bangunan ini tidak jadi untuk di rubuhkan. Lokasi ini sering digunakan sebagai lokasi pembuatan film dan pemotretan.

Nah, itulah 10 tempat wisata di penang yang wajib dikunjungi. Semoga informasi yang saya sampaikan dapat bermanfaat untuk anda semua, terima kasih dan selamat berlibur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *