10 Tempat Wisata Di Papua Yang Wajib Dikunjungi

10 tempat wisata di papu yang wajib di kunjungi – Sempatkan anda berpikir untuk berwisata ke pulau yang terletak paling timur di Indonesia ya siapa lagi kalau bukan papua. Papua memiliki keindahan panorama alam yang begitu menakjubkan yang tak akan pernah membuat anda bosan untuk berjelajah di pulau ini. Di pulau papu memang terdapat keindahan daratan serta alam bawah laut yang dapat membuat siapa saja kagum dan takjub. Berencana mengunjungi pulau papua tidak ada salahnya jika menyimak ke 10 tempat wisata di papu yang wajib di kunjungi, cekidot :

1.Taman Nasional Teluk Cenderawasih

 

Taman Nasional Teluk Cenderawasih
Hampir sekitar 90 % taman nasional ini yang berada di atas lahan seluas 1.453.500 hektar ini adalah perairan dan menjadi kawasan laut terbesar sekaligus terluas di Indonesia. Pada tahun 1993 taman nasional ini resmi di resmikan oleh kementrian kehutanan. Di pulau ini terdapat sekitar 209 spesies ikan serta 196 jenis moluska yang berada di alam bawah laut. Sehingga tak heran jika saat menyelam anda akan di temani oleh kura-kura, penyu, hiu serta lumba lumba. Selain menikmati keindahan bawah laut anda juga dapat menjelajah pulau-pulau salah satunya yaitu pulau mioswaar.

2.Raja Ampat

Taman Nasional Teluk Cenderawasih

Tempat wisata yang satu ini tidak hanya di kunjungi wisatawan lokal tapi wisatawan mancanegara. Raja ampat terkenal memiliki biota laut yang beragam, setidaknya di temukan hampir 75% spesies ikan terdapat diperairan ini. Tidak hanya menyelam namun di tempat inni juga anda dapat melakukan kegiatan lain seperti trekking di pulau raja ampat yang memiliki 4 pulau besar yaitu Waigo, Misool, Batanta serta Salawati. Di tempat ini juga anda dapat membeli cinderamata seperti patung suku asmat, alat musi serta kain tradisional khas papua.

3.Danau Sentani

danau sentani

Danau sentani merupakan danau terbesar di papua, berada diatas lahan seluas 9.360 hektar yang terletak sekitar 50 km dari pusatb kota. Terdapat 21 pulau yang menghiasi danau sentani dengan ketinggian sekitar 75 m diatas permukaan laut. Berada di tempat ini anda dapat menikmati berbagai kegiatan seperti memancing, berenang, berkeliling pulau dengan perahu serta menikati berbagai kuliner khas papua.

4.Danau Paniai

Danau paniai

Danau ini di sebut sebut sebagai danau terindah sedunia lewat konferensi di india pada tahun 2007 tepatnya pada tanggal 30 november yang di ikuti oleh 157 negara. Danau ini berada di atas lahan seluas 14.500 hektar dengan ketinggian mencapai 1.700 m diatas permukaan laut. Keindahan danau akan terlihat sangatcanti saat menjelang senja, dimana anda dapat melihat siluet tebing-tebing, berbagai spesies burung yang berterbangan serta perahu-perahu nelayan yang mulai merapat.

5.Lembah Baliem

Lembah Baliem

Lembah balien ini terletak di kawasan pegunungan jayawijaya yang merupakan tempat tinggal dari suku dani, yali dan lani. Pada malam hari suhu di lembah ini dapat mencapai 10 sampai 15 derajat selcius yang berada pada ketinggian sekitar 1.600 diatas permukaan laut. Di tempat ini juga anda dapat melihat penduduk setempat yang masih menggunakan koteka untuk pria sedangkan wanita memakai rok rumbai yang dapat anda ajak untuk berinteraksi.

6.Desa Wisata Sauwandarek

Desa Wisata Sauwandarek

Desa ini terletak di meos mansar yang masih berada di kawasan kabupaten raja ampat. Berkunjung ketempat ini anda dapat melihat rumah tradisional, ornament rumah ini terbuat dari kayu dan beratapkan jerami yang di tempati oleh 46 kepala keluarga. Kegiatan yang dapat di lakukan saat berada di pulau ini seperti menyelam, snorkeling, trekking di telaga yenauyau. Telaga yenauyau adalah telaga yang memiliki air asin berbeda dengan telag lainnya. di telaga ini juga terdapat penyu berwarna putih, masyarakat setempat mempercayai siapa saja yang dapat melihat penyu putih ini akan beruntung.

7.Pantai Bosnik

Pantai Bosnik

Pantai boani terletak sekitar 15 km dari pusat kota biak dengan segala keindahan yang menakjubkan. Pantai boanik merupakan pantai dengan hamparan pasir putih, deretan pohon kelapa serta air laut dengan warna kebiruan yang jernih dapat memuaskan hasil jepretan kamera anda. Untuk masuk ke kawasan ini anda harus membayar tiket masuk Rp. 10.000, namun jika anda ingin menikmati segarnya air kelapa serta kuliner khas papua, dapat menyewa saung sebagai tempat beristirahat dengan harga Rp. 50.000.

8.Pantai Amai

Pantai Amai

Pantai dengan suasana tenang ini memang cocok bagi anda yang ingin melepas lelah dan pengat di distrik depapre atau sekitar 120 menit jika ditempuh dari jayapura . Terdapat dua muara yang menjadi air asin dan tawar bertemu tepatnya di ujung pantai yang dapat di gunakan untuk membersihkan badan setelah berenang. Kegiatan yang dapat anda lakukan di sini seperti berenang, snorkeling, volli dan bersantai di gazebo yang di sewakan. Harga tiket masuk ke tempat ini yaiti Rp. 25.000.

9.Pulau Rumberpon

Pulau Rumberpon

Pulau ini terletak di teluk wondama yang memiliki pantai pasir panjang dengan garis pantai mencapai 6 km. kegiatan yang dapat di lakukan disini yaitu berenang, memancing, snorkeling dan menyelam.

10.Tugu MacArthur

Tugu MacArthur

Tugu macArthur adalah sebuah tugu penghormatan yang di tujukan kepada Jenderal Douglas MacArthur, dimana di tugu ini tertulis mengenai sejarah Jenderal Douglas MacArthur dalam bahasa Indonesia dan inggris. Jenderal douglas yaitu seorang jenderal besar asal Amerika serikat pada masa perang dunia ke II. Tugu ini terletak di ifar gunung, jayapura dengan tinggi tugu mencapai 3 meter yang di dominasi oleh warna kuning dan hitam. Tugu ini berada diketinggia 325 m diatas permukaan laut, sehingga anda dapat melihat danau sentani serta lapangan terbang bandara sentani.

Oke demikianlah informasi mengenai 10 tempat wisata di papua yang wajib di kunjungi, semoga informasi yang saya sampaikan diatas dapat bermanfaat dan menjadi alternatif untuk berlibur bagi anda semua.
Sampai jumpa dan Selamat berwisata ..!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *