10 Tempat Wisata Di Lombok Yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata Di Lombok Yang Wajib Dikunjungi – Apakah anda pernah berkunjung ke pulau Lombok? Pulau Lombok merupakan sebuah pulau yang sangat indah yang berada di sebelah timur pulau dewata, Bali. Pulau yang terkenal dengan keindahan obyek wisatanya ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan lokal dan juga dari mancanegara. Tidak sedikit juga para wisatawan Bali yang berkunjung ke Lombok karena lokasinya yang tidak terlalu jauh.
Lalu apa saja lokasi wisata di pulau lombok yang menarik untuk dikunjungi? Berikut 10 tempat wisata di Lombok yang wajib dikunjungi, diantaranya yaitu :

1.Wisata Gunung Rinjani

Wisata Gunung Rinjani

Gunung Rinjani merupakan gunung api kedua tertinggi di Indonesia, ketinggian dari gunung Rinjani ini mencapai 3.700 meter di atas permukaan laut. Bagi para pemeluk agama Hindu, di lokasi gunung ini terdapat nilai spiritual yang kental karena di anggap sebagai tempatnya para Dewa.
Gunung rinjani merupakan sebuah tempat wisata yang terkenal dengan keindahan alam pegunungannya, sehingga banyak para pendaki yang melakukan pendakian di gunung ini. Untuk dapat mencapai ke puncak Gunung Rinjani dapat memerlukan waktu berhari-hari, maka sebaiknya persiapkan segala keperluan anda jika akan melakukan pendakian.

2.Wisata Pura Batu Bolong

Pura Batu Bolong

Pura Batu Bolong merupakan sebuah pura yang terletak di kawasan Senggigi, Lombok. Pura ini terletak diatas batu karang besar yang berwarna hitam dan tepat mengarah ke laut, alasan dinamakannya Pura Batu Bolong karena pada bagian tengah pura terdapat sebuah lubang. Bagi anda yang ingin memasuki pura ini, para pengunjung di wajibkan untuk mengenakan kain berwarna kuning untuk di ikatkan pada pinggang. Pemandangan alam yang dapat dilihat dari pura ini sangat indah, sehingga banyak para wisatawan yang ingin mengunjungi pura ini untuk berfoto, terutama pada waktu proses tenggelamnya matahari.

3.Wisata Pantai Senggigi

 Wisata Pantai Senggigi

Pantai senggigi merupakan salah satu pantai yang popular di pulau Lombok dan selalu ramai dikunjungi para wisatawan, pantai ini terletak di sebelah barat pulau Lombok. Keindahan pantainya pun tidak kalah dengan pantai Kuta Bali dan juga memiliki ombak yang lebih tenang dan airnya yang sangat jernih, sehingga lokasi pantai Senggigi sangat cocok untuk melakukan kegiatan pantai seperti berenang dan juga snorkeling. Selain itu, di kawasan pantai juga terdapat berbagai fasilitas yang dapat anda nikmati seperti Hotel, restoran, bar dan lain-lain.

4.Wisata Taman Narmada

 Wisata Taman Narmada

Lokasi Taman Narmada terletak di Desa Lembuak, jaraknya sekitar 10 km dari bagian timur kota Mataram. Taman Narmada memiliki luas area sekitar 2 hektar dan pertama dibangun oleh Raja Mataram sekitar pada tahun 1727. Pada masa itu, lokasi wisata Taman Narmada ini dijadikan sebagai taman untuk melakukan upacara dan juga dijadikan sebagai tempat peristirahatan, namun sekarang lokasi Taman ini dialih fungsikan sebagai tempat wisata di Pulau Lombok. Di taman ini terdapat keunikan yang menjadi daya tarik para wisatawan untuk berkunjung, dari desain taman ini merupakan sebuah replika mini dari wisata Gunung Rinjani. Tidak hanya itu, di kawasan taman juga terdapat sumber air yang berasal dari sumber mata air Gunung Rinjani yang konon katanya sangat berkhasiat sebagai obat dan dapat menjadikan orang awet muda jika mencuci muka dengan air ini.

5.Wisata Air Terjun Sendang Gile

Wisata Air Terjun Sendang Gile

Air Terjun Sendang Gile merupakan sebuah wisata air terjun yang terletak di pulau Lombok Bagian Utara, jarak untuk menuju kelokasi wisata air terjun ini sekitar 60 km dari pusat Kota Matarm dengan lama perjalanan sekitar 3 jam. Lokasi Air Terjun Sendang Gile ini terletak di Desa Senaru, lokasi air terjun ini juga merupakan sebuah pintu masuk utama untuk menuju ke pucak Gunung Rinjani. Untuk menuju ke lokasi Air Terjun Narmada, anda harus menaiki anak tangga yang jumlahnya sekitar 200 anak tangga.

6.Wisata Danau Segara Anak

Wisata Danau Segara Anak

Wisata alam lainnya yang ada di pulau Lombok yaitu Danau Sagara Anak, lokasi wisata alam ini sangat cocok untuk para wisatawan yang menikmati keindahan alam sambil berfoto-foto. Danau Sagara Anak terletak di kawasan kawah Gunung Rinjani, keunikan dari danau ini yaitu dari warna air yang yang berwarna seperti air laut, sehingga banyak orang yang menganggap jika danau ini merupakan bagian kawasan laut yang terpecah ke bagian atas pulau. Kegiatan yang sering dilakukan dan menjadi kegiatan popular di Danau Sagara Anak ini yaitu memancing, sehingga jika anda akan berkunjung ke danau ini jangan lupa untuk membawa perlengkapan memancing.

7.Gili Trawangan

Gili Trawangan

Pulau Gili merupakan kawasan npulau yang terbagi menjadi 3 bagian dan dikenal dengan sebutan Pulau Tiga Gili, dari ketiga pulau ini pulau Gili Trawangan merupakan bagian pulau yang terbesar dan terindah yang selalu ramai dikunjungi para wisatawan. Kegiatan yang menarik di pulau ini yaitu Berselancar, Snorkeling, Berenang, Menyelam dan juga Yoga. Tetapi penting untuk anda ketahui, untuk menuju ke lokasi pulau Gili Trawangan anda tidak dapat menggunakan kendaraan bermotor, tetapi anda dapat menggunakan sepeda yang banyak disewakan di pulau Gili ini.

8.Wisata Pantai Kuta Lombok

Wisata Pantai Kuta Lombok

Selain di pulau Bali, di pulau Lombok juga terdapat sebuah wisata pantai yang bernama Pantai Kuta Lombok. Keindahan pantainya pun tidak kalah dengan Pantai Kuta Bali, sehingga lokasi wisata ini pun selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan dari mancanegara. Pasir yang ada di sepanjang pantai sangat bersih dan halus seperti merica, maka penduduk setempat menamai pantai ini dengan sebutan Pantai Merica. Lokasi Pantai Kuta Lombok terletak di Desa Kuta yang berjarak sekitar 56 km dari pusat kota Mataram, Lombok.
Pantai Kuta Lombok merupakan salah satu pantai yang terindah di Indonesia yang masih sangat jarang terjamah oleh tangan manusia, sehingga pemandangan alam di sekitar pantai pun masih sangat asri dan alami. Kegiatan yang menarik di kawasan pantai ini yaitu bermain selancar, berenang, snorkeling, berkuda dan masih banyak lagi kegiatan lainnya yang menarik.

9.Wisata Pantai Sire

Wisata Pantai Sire

Pantai Sire merupakan sebuah pantai di Lombok yang berjarak sekitar 35 km dari kota Mataram, pantai ini memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa dan tidak kalah indahnya dengan pantai lain yang ada di Pulau Lombok dan bahkan Pulau Bali. Pada saat cuaca sedang cerah, keindahan Gunung Rinjani juga akan dapat terlihat sangat jelas dari pantai ini. Di pantai ini banyak para wisatawan yang melakukan berbagai kegiatan menarik seperti Memancing, Bermain Kano, Bersnorkeling, Berenang dan juga Berselancar.

10.Kawasan Hutan Monyet Pusuk

Kawasan Hutan Monyet Pusuk

Kawasan Hutan Monyet Pusuk juga masih termasuk dalam kawasan wisata Gunung Rinjani, Lombok. Lokasi ini berada di puncak Gunung Rinjani dan merupakan habitatnya para monyet yang ada di kawasan Gunung Rinjani. Jika anda melakukan perjalanan disekitar Hutan Monyet Pusuk dengan menggunakan kendaraan, sebaiknya anda berhati-hati karena para monyet sering bermain di sepanjang jalan dan bahkan ditengah jalan. Selain itu, jangan lupa untuk membawa makanan untuk diberikan kepada monyet-moyet tersebut, sehingga mereka akan merasa senang dan merasa tidak terganggu dengan kedatangan kita.

Demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan mengenai 10 tempat wisata di Lombok ini dapat bermanfaat dan sedikit menambah pengetahuan anda semua.
Selamat berlibur…!!!

Demikian ulasan mengenai 10 Tempat Wisata Di Lombok Yang Wajib Dikunjungi yang dapat sobat baca dan simak di Wisata Kita! Semoga dengan adanya informasi bermanfaat. Selalu kunjungi blog Wisata Kita untuk mendapakan Menyediakan kumpulan informasi tentang objek tempat wisata secara lengkap.