Info Tempat Wisata di Jogja

Tempat wisata di Jogja sangatlah melimpah sekali, karena ia sendiri juga merupakan salah satu kota berbasis pariwisata yang sudah terkenal baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Adapun info tempat-tempat wisata itu seperti Jalan Malioboro, Museum Benten Vredeburg, Museum Mnumen Yogya Kembali, Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala, Pantai Parangkusumo Parangtritis, Pantai Depok, Candi Koadisoka, Candi Prambanan, Gua Cermen, Gua Selarong, Kasongan, Kebun Binatang Gembira Loka, Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, dan lain sebagainya.

Tempat wisata di jogja

Tempat wisata di jogja

Tempat Wisata di Jogja

Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) atau yang dikenal pula dengan nama Jogja adalah salah satu Daerah Istimewa seteingkat provinsi di Indonesia merupakan peleburan dari Negara Kesultanan Yogyakarta dengan Negara Kadipaten Paku Alaman. Daerah Istimewa Yogyakarta ini terletak dibagian selatan Pulau Jawa bagian tengah serta berbatasan dengan Samudera Hindia dan Provinsi Jawa Tengah. Ia memiliki luas 3.185,80 Km2 yang terdiri atas satu kota dan empat kabupaten yang terbagi lagi menjadi 78 kecamatan dan 438 desa atau kelurahan. Dari sensus penduduk 2010 pun didapatkan data bahwa ia memiliki jumlah penduduk 3.452.390 jiwa dengan proporsi 1.746.986 perempuan dan 1.705.404 laki-laki serta memiliki kepadatan penduduk sebesar 1.084 jiwa per Km2.

Lebih lanjut mengenai berbagai tempat wisata di Jogja memang sangatlah banyak dan beragam. Karena pariwisata sendiri merupakan sektor utama bagi DIY. Menilik di sana juga banyak objek dan daya tarik wisata di DIY yang telah menyerap kunjungan para wisatawan, baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Pada 2010 saja tercatat kunjungan wisatawan ke Jogja sebanyak 1.456.980 orang, dengan rincian 152.843 dari mancanegara serta 1.304.137 dari Indonesia.

Bentuk tempat wisata di Jogja meliputi wisata MICE (Meeting, Incentive, Convention and Exhibition), wisata budaya, wisata alam, wisata minat khusus, dan berbagai fasilitas wisata lainnya, seperti resort, restaurant, dan hotel. Pun tercatat ada 37 hotel berbintang dan 1.011 hotel melati di seluruh DIY pada 2010. Keanekaragaman upacara keagamaan dan budaya dari berbagai agama serta didukung oleh kreativitas seni dan keramahtamahan masyarakat, hal itu pun membuat DIY mampu menciptakan produk-produk budaya serta pariwisata yang menjanjikan. Pada tahun 2010 saja tedapat 91 desa wisata dengan 51 di antaranya yang layak dikunjungi. Adapun penyelenggaraan MICE itu sendiri juga ada sebanyak 4.509 kali per tahun atau sekitar 12 kali per hari.

Secara geografis, Joga memang diuntungkan oleh jarak antara lokasi objek wisata yang terjangkau dan mudah ditempuh. Sehingga sektor pariwisata sangat signifikan menjadi motor kegiatan perekonomian masyarakat Jogja yang secara umum bertumpu pada tiga sektor andalan yaitu: jasa-jasa seperti perdagangan, hotel, dan restauran serta pertanian. Apalagi dalam hal ini pariwisata memberi efek ganda yang riil bagi sektor perdagangan disebabkan meningkatnya kunjungan wisatawan juga melakukan dagangan para pedagang di Jogja. Selain itu, ia juga membantu penyerapan tenaga kerja serta merupakan penyumbang yang sangat signifikan bagi perekonomian daerah secara umumnya mengenai tempat wisata di Jogja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *