Wisata Bogor Taman Wisata Mekarsari

Kota yang memiliki julukan kota hujan ini memang menjadi salah satu tujuan tempat wisata yang banyak di kunjungi wisatawan terlebih saat akhir pekan atau hari libur nasional. Kota yang berdekatan dengan kota Jakarta yaitu bogor memang menjadi favorite bagi masyarakat Jakarta, karena lokasi yang cukup berdekat dan mudah di akses. Salah satunya tempat wisata yang paling banyak di kunjungi di bogor adalah taman wisata mekarsari yang berada di jalan cileungsing – jonggol Km 3, Bogor.

Taman wisata mekarsari merupakan sebuah tempat wisata berupa taman buah yang dibangun pada tahun 1990 dan resmi dibuka pada tahun 1995 dengan ide yang usulkan oleh Ibu Tien Soeharto (Alm). Tempat wisata ini memiliki konsep sebagai tempat konservasi tumbuhan, tetapi konsep tersebut selajutnya di tambah menjadi areal koservasi, edukasi, reboisasi serta rekreasi.

Wisata Bogor Taman Wisata Mekarsari

Tempat wsiata mekarsari ini berdiri diatas lahan seluas 264 hektar yang memiliki 1.470 varietas tanaman buah serta 100.000 pohon yang mencakup tanaman rempah, tanaman biofarma, tanaman hias, tanaman industri, tanaman pelindung dan tanaman pangan. Di taman rekreasi ini terdapat sebuah laboratirium yang di gunakan untuk menyilangkan beberapa varietas untuk menghasilkan barnados cherry nenas arnis, jambu air irung petruk dan terdapat pula persilangan cempedak serta nangka yang dinamakan pedakka, cempeka dan nangkadak. Tak hanya itu pengunjung juga dapat melihat berbagai tanaman langka seperti sawo kecik, bunga bangkai dan berbagai tanaman tropis diantaranya seperti melon, jeruk, jambu, nangka, belimbing dan masih jenis tanaman lainnya.

Taman sari selain di jadikan sebagai tempat konservasi, dikawasan wisata ini juga di gunakan sebagai tempat pebiakan bibit unggulan, pemuliaan dan tempat budidaya yang kemudian akan di sebarluaskan kepada para petani serta penduduk umum. Untuk membeli tanaman tersebut anda bisa mendapatkannya dengan membeli di garden center yang masih ada di area wisata mekarsari, garden center adalah sebuah tempat penjualan beraneka ragam bibit tanaman buah. Taman wisata mekarsari sempat di tutup untuk kepentingan renovasi pada tahun 2013 tepatnya tanggal 5 agustus dan di buka kembali pada tanggal 15 februari 2014 yaitu dengan menambahkan wisata air dan outbound.

Sejak direnovasi tempat ini sekarang memiliki berbagai wahana permainan air seperti arena pemancingan, sepedah air, banana boat, perahu naga, kano, angsa air dan aqua bike. Selain itu, disini juga tersedia fasilitas water kingdom yang berdiri diatas lahan seluas 5,2 hektar dengan daya tampung pengunjung sekitar 15.000 yang merupakan wahana taman permaian air terbesar di Asia.

Tak hanya itu saja di kawasan water kingdom terdapat pula lazy river adalah sebuah kolam arus terpanjang di Indonesia yang mencapau panjang 600 meter serta terdapat juga boomerang slide dengan ketinggian menara mencapai 16 meter dan papan seluncur mencapai panjang 118 meter.

Selain terdapat water kingdom taman wisata mekarsari juga memiliki sebuah danau cipicung yang berada diatas lahan seluas 20 hektar. Disini pengunjung dapat menikmati panorama alam sekitar dari atas perahu motor sekaligus berfoto dengan latar belakang jembatan besi yang melintang diatas danau berwarna merah. Jika ingin melihat pemandangan kota bogor serta panorama area taman wisata, pengunjung dapat melihatnya dari atas menara dengan tinggi sekitar 30 meter dikawasan mekarsari.

Beralih dari wahana air taman mekarsari bogor juga menyediakan kegiatan lain yaitu outboand untuk perorangan maupun perusahaan diantaranya seperti flying fox, paintball, spider web, rumah pohon dan masih banyak permainan lainya di arena ini yang menyenangkan pastinya.

Ketika memasuki kawasan wisata di sini makan pengunjung akan di kenakan tarik tiket sebesar Rp. 25.000 yang berlaku bagi dewasa maupun anak-anak baik saat hari biasa ataupun akhir pekan atau hari libur. Keunikan berwisata di sini yaitu menggunakan sistem top up, top up adalah pengisian saldo untuk mempermudahkan pengunjung saat akan menaiki sebuah wahana permainan sehingga tidak perlu mengantri membeli membeli tiket. Harga tiket Rp. 25.000 ini berisi Rp. 15.000 untuk tiket masuk dan Rp 10.000 adalah untuk gelang RFID, nah gelang inilah yang di gunakana untuk pengisian saldo. Gelang tersebut dapat di bawa pulang atau dapat ditukarkan kembali, kemudia pengunjung akan mendapatkan sisa saldo dari gelang RFID. Sedangkan untuk menaiki wahana permaian di tempat ini di kenakan dengan tarif berbeda untuk setiap wahana, mulai sekitar Rp. 10.000 sampai Rp. 55.000.

Tarif parkir untuk kendaraan bermotor atau roda dua yaitu sekitar Rp. 5.000, Rp. 15.000 untuk kendaraan roda 4 dan Rp. 35.000 untuk bus. Untuk mecapai kawasan ini dapat di tempuh dengan akses yang mudah dapat menggunakan transportasi umum sampai kendaraan pribadi.

Jika akan menggunakan kendaraan pribadi, maka anda dimulai dengan mengikuti jalur tol jagorawi yang lalu keluar di gerbang tol cibubur lalu menuju jalur cileungsing yang dapat ditempuh dengan waktu sekitar 20 sampai 30 saat keluar dari tol. Sedangkan jika ingin menggunakan transportasi umum dapat dimulai dari beberapa arah diantaranya :

  • Jika di tempuh dari UKI (Universitas Kristen Indonesia) dengan menggunakan bus jurusan cileungsi, lalu naik angkotan kota rute cileungsi – jonggol.
  • Jika dari arah kampung rambutan dengan menaiki angkutan kota kowanbisata, rute bogor jonggol lalu turun di depan gerbang taman wisata tersebut.
  • Sedangkan dari kota bekasi dapat menggunakan bus kowanbisata dengan rute bekasi – jonggol, kemudian turun didepan tempat wisata tersebut.

Di kawasan wisata taman wisata mekarsari terdapat pula penginapan dengan berbagai pilihan paket untuk diantaranya yaitu :

  • Jika ingin menginap di rumah pohon maka pengunjung dapat merogok kocek sebesar Rp. 770.000 dihari biasa dan Rp. 990.000 saat akhir pekan.
  • D’cabin dikenakan tariff sebesar Rp. 660.000 untuk hari biasa dan Rp. 880.000 untuk akhir pekan.
  • Family camp dikenakan tariff sebesar Rp. 800.000 berlaku untuk hari biasa dan akhir pekan.
  • Family biking camp Rp. 1.250.000 untuk hari biasa maupun akhir pekan.
    Semua tarif diatas berlaku untuk 4 orang untuk permalam.

Taman mekarsari buka setiap hari, yaitu pada hari kerja mulai jam 10.00 sampai 16.30 dan akhir pekan mulai jam 09.00 sampai 16.30.

Semoga informasi wisata bogor taman mekarsari dapat bermanfaat dan selamat berlibur.

Demikian ulasan mengenai Wisata Bogor Taman Wisata Mekarsari yang dapat sobat baca dan simak di Wisata Kita! Semoga dengan adanya informasi bermanfaat. Selalu kunjungi blog Wisata Kita untuk mendapakan Menyediakan kumpulan informasi tentang objek tempat wisata secara lengkap.