Wisata Bogor Kolam Air Panas Tirta Sanita Ciseeng

Kota yang memiliki julukan kota hujan ini memang menjadi target para wisatawan untuk berlibur, maka tak heran jika memasuki akhir pekan atau hari hibur kawasan jalan ini selalu ramai dan di padati oleh kendaraan luar kota. Salah satu tempat tujuan wisata di bogor yaitu wisata bogor kolam air panas tirta sanita ciseeng yang terletak di kawasaan gunung kapur wialayah parung, bogor. Tempat pemandian air panas ini tidak terlalu jauh dari arah Jakarta dan dapat di tempuh dengan waktu sekitar 2 jam. Kolam pemandian air panas ini sangat cocok untuk di jadikan sebagai tempat berwisata bersama keluarga atau kerabat.

wisata bogor kolam air panas tirta sanita ciseeng

Sekitar 50 km dari kota Jakarta wisata bogor kolam air panas tirta sanita ciseeng ini berada di jalan cogreg, desa bojong indah kecamatan parung Bogor. Berdasaran penelitian air di pemandian kolam renang ini mengandung belerang alami yang berkhasiat untuk mengatasi penyeakit tulang serta kulit. Selain mengandung belerang alami air di pemandian tirta sanita ini juga mengandung garam yang dapat membuat kulit terasa lebih halus setelah berendam di tempat ini.

Tidak hanya menawarkan pemandian air panas karena ditempat ini juga terdapat area outboand serta penginapan, jadi pengunjung dapat merasakan suasana tempat ini malam hari. Tempat wisata bogor kolam air panas tirta sanita ciseeng ini berada diatas lahan seluas 8 hektar dengan suasana pegunungan yang asri di tambah dengan deratan pohon palem raja yang tertata rapi menambah kesejukan udara di tempat ini. Tepat berada di sampaing pohon palem raja tersebut terdapat arena bermain anak serta terdapat kios-kios penjual yang menjajakan ikan cupang.

Terdapat batu belerang yang berukuran besar yang terletak di bagian utara yang merupakan inti dari pemandian, bati tersebut kini berubah warna menjadi putih. Hal ini di karena adanya kandungan belerang yang terdapat di gunung kapur. Akan terlihat kolam air panas berwarna putih kehijauan yang dapat terlihat jika anda naik sedikit ke atas, merupakan kolam pemandian air panas terbuka yang di gunakan secara berramai ramai. Tak hanya itu disini juga pengunjung dapat melihat atau menyaksikan panorama mirip seperti gunung salju, karena puncaknya tertutup dengan endapan kapur yang berwarna yang menyerupai salju. Pastikan anda berhati hati hati ketika menaiki tangga tersebut karena anak tangga di sini terlihat mulai koyak atau rusak.

Nah, bagi pengunjung yang ingin merasakan suasana menyendiri ditempat ini juga terdapat pemandian tertutup menyerupai bilik-bilik yang terbagi menjadi kelas biasa sampai kelas VIP. Namun pemandian ini dapat di gunakan hanya untuk satu orang saja tidak lebih walaupun dengan pasangan / suami atau istri perbilik. Jika ingin menggunakan pemandian ini pengunjung dapat mengaksesnya dengan melewati jembatan serta wahana permaian flying fox. Tempat pemandian VIP ini terletak di area kolam yang asri serta terdapat tanaman teratai merah di tengan kolam.

Pengunjung juga dapat menikmati permaian lain di tempat outboand selain pemandian air panas seperti morerel, fancy trans, high rope, bola air, flying fox, motor cross, terapi ikan, kolam renang anak-anak, fun kart dan masih banyak yang lainnya lagi. Tak hanya itu saja dikawasan pemandian juga di sediakan lapangan utama serta gedung serba guna yang berfungsi sebagai tempat untuk mengadakan konser artis biasanya pada akhir pekan.

Akses alat transportasi yang digunakan untuk sampai ketempat pemandian ini, dapat di tempuh melalui beberapa arah seperti dari :

  • Jalur bogor, jampang sampai keperampatan ciseeng lalu ambil jalan lurus menuju gunung kapur.
  • Dari jalur bogor menuju pasar parung sampai bojong indah, setelah itu ambil jalan ke kiri yang menuju gunubng kapur.
  • Dari arah Jakarta melaluli tol pondok indah – serpong lalu melewati muncul atau puspitek – sampai perempatan pasar prungpung kemudian ambil jalan lurus sekitar 4 km menuju lokasi yang ada di kiri jalan.
  • Dari arah pasar ciputat, Jakarta lalu menuju ke parung setelah itu ambil jalam belok ke kanan yang menuju ciseeng.
  • Jika menggunakan kendaraan roda dua atau tidak melalu jalan tol dari Jakarta > tirta sanita ceseeng : lebak bulus > pondok cabe > parung > belok kanan menuju ciseeng.
  • Dari arah depok ke sawangan > pasar parung lalu lurus ke gunung kapur.
  • Dari arah tangerang > serpong > puspitek > pasar prumpung > lurus kea rah gunung kapur.
  • Sedangkan jika ingin menggunakan kendaraan atau transportasi umum maka naiklah angkot D-29 dari arah ciputat menuju parung, setelah itu berhenti di pertigaan menuju ciseeng (jangan malu bertanya pada supir atau orang jika merasa tidak yakin). Kemudian naik angkot kembali dengan tujuan ciseeng – muncul atau jika ingin cepat dapat naik ojek untuk menuju ke tempat wisata tirta sanita.

Harga tiket masuk ke kawasan wisata bogor kolam air panas tirta sanita ciseeng untuk dewasa Rp. 10.000 pada hari biasa sedangkan hari libur Rp. 12.000 dan untuk anak-anak Rp. 8.000 hari biasa ataupun libur yang mulai buka pada jam 08.00 sampai 20.00. Pastikan anda membeli tiket di tempat resmi yang sudah di sediakan, karena ada beberapa oknum orang yang menjual tiket liar dengan harga yang jauh lebih mahal jadi berhati-hatilah.

Bagi kendaraan roda dua di kenakan tariff parkir Rp. 3.000, kendaraan roda empat Rp. 5.000 dan Rp. 10.000 untuk bus. Jika akan memasuki kolam renang harga tariff Rp. 5.000 / orang, untuk pemandian tertutup dimkenakan tariff Rp. 15.000 sednagkan untuk VIP Rp. 10.000 untuk 20 menit berendam. Menikmati wahan outboan tariff berkisar Rp. 25.000 – 35 tergantung jenis wahana permaianannya. Sedangkan tariff tiket permaian Rp. 5.000 – Rp. 50.000 / permaianan.

Di tempat wisata tirta sanita juga di sediakan pesanggrahan sebagai tempat untuk menginap dengan tariff Rp. 130.000 sampai 150.000 untuk 6 jam penyewaan dan Rp. 170.000 sampai Rp. 200.000 untuk sewa permalam untuk dua orang.

Demikianla artikel mengenai wisata bogor kolam air panas tirta sanita ciseeng secara singkat semoga dapat bermanfaat dan menjadi in spirasi bagi anda yang ingin berlibur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.