Wisata Bandung Situ Patenggang

Wisata Bandung Situ Patenggang atau juga di kenal dengan nama Situ Patengan merupakan salah satu tempat wisata alam yang terletak di Ciwidey, Bandung. Jarak untuk menuju ke Situ patenggang sekitar 47 km dari pusat kota Bandung, tempat wisata alam ini merupakan salah satu tempat wisata favorit bagi warga Bandung dan sekitarnya.

Udara di kawasan Situ Patenggang sangat sejuk dan segar karena berada di ketinggian sekitar 1.600 meter dari atas permukaan laut, pesona keindahan alam disini sangat indah dan menarik sehingga selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan dari berbagai daerah. Keindahan alam dapat lebih terlihat dengan hamparan perkebunan teh yang hijau dan subur, sehingga menambah pesona keindahan alam yang sangat eksotic. Sebelum dibuka menjadi tempat wisata alam, Situ Patenggang merupakan kawasan cagar alam dan danau yang memiliki luas sekitar 45.000 hektar ini mulai dibuka untuk dijadikan sebagai taman wisata alam sekitar pada tahun 1981.

Wisata Bandung Situ Patenggang

Arti dari nama Situ Patengan itu berasal dari bahasa sunda yang artinya “Situ berarti Danau” sedangkan “Patengan berarti saling mencari”. Menurut dari kisah yang beredar di masyarakat sekitar bahwa dulu ada sepasang kekasih yang saling mencintai yang bernama Dewi Rengganis dan Ki Santang. Kedua pasangan tersebut terpisah dengan waktu yang sangat lama, namun karena mereka saling mencintai, lalu mereka saling mencari dan pada akhirnya mereka dipertemukan di tempat ini yang saat ini dikenal dengan nama Batu Cinta.

Setelah mereka dipertemukan, lalu Dewi Rengganis meminta kepada Ki Santang untuk dibuatkan sebuah danau dan perahu agar mereka dapat berlayar bersama. Semua keinginan Dewi Rengganis pun di penuhi, perahu tersebut yang sekarang merupakan sebuah pulau berbetuk hati ada di tengah danau.
Untuk masuk kelokasi wisata Situ Patenggang, par pengunjung harus membayar tiket masuk sekitar 15.000 per orang dan belum termasuk untuk biaya parkir kendaraan yang anda bawa. Untuk biaya parkir motor sekitar 5.000 rupiah, sedangkan mobil sekitar 10.000 rupiah.

Untuk infrastruktur di kawasan wisata Situ Patenggang sendiri sudah sangt tertata dengan baik mulai dari fasilitas untuk publik sampai dengan akses jalan dan juga akomodasai yang mencukupi. Dilokasi wisat terdapat fasilitas seperti area parkir yang luas, penginapan, sewa perahu, sepeda air, toilet, mushola, kios souvenir dan yang lainnya. Selain itu, jika anda tidak membawa perbekalan terdapat juga berbagai jenis kuliner dan jajanan yang dapat anda beli. Lokasi wisata alam ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai lokasi wisata rekreasi bersama keluarga, pacar atau teman-teman. Anda juga dapat makan-makan bersama keluarga sambil menikmati keindahan alam yang sejuk.

Para pengunjung dapat melakukan berbagai kegiatan menarik seperti berkeliling danau dengan perahu, main sepeda air, memancing, berkunjung ke batu cinta, berkeliling pulau asmara, jalan-jalan menyusuri perkebunan teh, berpiknik di sekitar danau atau juga berfoto.
Jika anda ingin mengelilingi kawasan danau atau pulau cinta, maka anda harus menaiki perahu yang dapat anda sewa di pinggir danau, namun jika ingin lebih murah sebaiknya sewa perahu bersama rombongan lain karena kapasitas perahu dapat mencapai 10-15 orang tergantung dari ukuran perahu itu sendiri. Namun jika anda ingin berlayar berdua dengan pasangan, maka anda dapat menyewa sepeda air. Untuk harga sewa perahu atau sepeda air dapat melakukan negosiasi terlebih dahulu, karena harga yang ditawarkan cukup mahal.

Jika anda ingin menikmati pemandian air panas, setelah dari situ patenggang, anda dapat mengunjungi lokasi pemandian air panas Walini yang lokasinya pun tidak teralu jauh. Lokasi ini pun tidak kalah menarik dan ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

Bagi anda yang ingin menginap di kawasan wisata Ciwidey, terdapat banyak sekali tempat yang dapat anda kunjungi seperti hotel, resort, guest house atau juga villa. Beberapa tempat menginap yang lokasinya tidak jauh dari kawasan wisata Situ Patenggang yaitu Villa Kampung Karuhun Sutan Raja, Dream Hotel, Patuha Resort Kawah Putih, Sawung Gawir Restaurant and Bungalow Ciwidey. Lokasi-lokasi penginapan tersebut sangat nyaman dan harga sewa kamarnya pun bervariatif. Jika anda masih merasa bingun untuk mencari tempat yang bagus, anda dapat menghubungi pengelola di kawasan Situ Patenggang atau anda juga dapat memesan hotel secara online. Salah satu tempat memboking hotel secara online yang populer dan terpercaya yaitu AGODA.

Rute Perjalanan Menuju Obyek Wisata Situ Patenggang
Untuk menuju ke kawasan wisata alam situ patenggang terbilang sangat mudah dan anda tidak akan merasa kebingungan, selain itu kondisi jalan yang sangat mulus dan rata sepanjang perjalanan. Apabila anda dari daerah Ibu Kota Jakarta, anda dapat melakukan perjalan menuju ke Situ Patenggang dengan melalui jalan Tol Kopo dengan mengikuti jalan menuju ke soreang, lalu masuk jalur ke arah Ciwidey dan hingga menuju ke lokasi wisata Situ Patenggang.

Jika anda akan menggunakan jasa transportasi umum untuk menuju ke kawasan wisata Situ Patenggang, anda dapat naik angkot dari bandung yang jurusan menuju ke Ciwidey. Setelah anda tiba di terminal Ciwidey, anda dapat naik lagi angkot yang jurusan langsung menuju ke Situ Patenggang.

Pada saat melakukan perjalanan menuju ke lokasi wisata, anda akan dapat menjumpai satu hal yang sangat menarik di sepanjang perjalanan yaitu hamparan perkebunan teh yang sangat indah dan asri dengan udara yang sangat sejuk. Selain itu, anda juga dapat menjumpai sebuah perkenunan strawberry yang juga dapat anda kunjungi untuk membeli buah strawberry segar yang dapat anda jadikan perbekalan pada saat anda rekreasi di kawasan wisata Situ Patenggang. Yang lebih menariknya lagi, strawberry yang kita beli hasil dari memetiknya sendiri di perkebunannya langsung.

Nah, apakah anda tertarik untuk mengunjungi kawasan wisata alam Situ Patenggang?
Demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan, semoga informasi mengenai wisata bandung Situ Patenggang diatas dapat bermanfaat dan selamat berlibur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.