Wisata Bandung Selatan Situ Patenggang

Wisata Bandung Selatan Situ Patenggang –  Situ Patenggang adalah salah satu obyek wisata di Bandung Selatan yang sangat terkenal. Awalnya Situ Patenggang hanyalah salah satu bagian dari cagar alam yang ada di sana, namun sekitar tahun 1981 terjadi pengebangan, hingga kini Situ Patenggang menjadi situs wisata. Situ Patenggang ini memiliki daya tarik tersendiri terhadap wisatawan, dari mulai mitosnya hingga kebiasaan masyarakat setempat.

Situ Patenggang terletak 1600 meter di atas permukaan laut, dengan luas yang mencapai 45.000 hektar. Di sini anda tidak hanya bisa menikmati pemandangan indah dari danau alaminya saja, namun anda juga bisa berkeliling di cagar alam yang terdapat di sekitar situ patenggang dengan luas mencapai 120.000 hektar lebih. Kebun teh yang mengelilingi di sekitarnyapun akan membuat anda merasa betah berlama-lama di sana. Jika anda belum puas dengan segala keindahan yang disajikan Situ Patenggang anda bisa mengunjungi arena wisata Kawah Putih yang berjarak 7KM, dengan waktu tempuh hanya sekitatr 10 menit saja dari Situ Patenggang.

Wisata Situ Patenggang Bandung

Situ Patenggang juga memiliki nama lain yaitu Situ Patengan. Kedua nama tersebut memiliki arti masing-masing yang saling berkaitan. Situ sendiri adalah bahasa Sunda dari danau, Patenggang berarti waktu atu jarak, dan Patengan berasal  dari bahasa Sunda ‘pateang-teangan’ atau saling mencari. Kata Patenggang dan Patengan ini berdasarkan mitos yang terjadi di desa Patengan ini. Konon katanya ada sepasang kekasih yangaling mengasihi satu sama lain, yaitu Ki Santang seorang ksatria yang tidak lain adalah keponakan dari Raja Siliwangi dan Dewi Rengganis seorang gadis sederhana yang tinggal di pedesaan. Mereka terpisah dalam waktu yang cukup lama, dikarenakan peperangan. Kemudian mereka kembali di pertemukan di sebuah batu yang sekarang dijuluki batu cinta.

Dewi Rengganis lalu meminta dibuatkan sebuah danau yang di tengahnya ada pulau kecil kepada Ki Santang. Karena rasa cintanya yang teramat dalam, Ki Santangpun membuatkannya dengan mudah. Kini, pulau kecil yang berada di tengah Situ Patenggang dikenal dengan sebutan Pulau Sasuka atau Pulau Asmara. Masyarakat setempat sangat mempercayai mitos ini, konon katanya siapa saja pasangan yang datang ke Batu Cinta ataupun Pulau Sasuka niscaya hubungannya akan langgeng.

Informasi Wisata

Nah jikka tadi kita sudah membahas mengenai sejarah yang ada di Situ Patenggang, sekarang saya akan memberikan informasi bagi anda mengenai wisatanya, dari mulai  alamat hingga tiket.

Situ Patenggang ini terletak di Jl. Raya Ciwidey, Desa Patengan, Kec. Rancabali, Kab. Bandung, Jawa Barat. Jika anda yang akan datang menggunakan kenndaraan umum dari Jakarta anda bisa menggunakan bus Leuwi Panjang Bandung, di terminal Leuwi Panjang anda naik bus Leuwi Panjang-Ciwidey, nah setelah sampai diterminal Ciwidey anda bisa naik angkutan umum jurusan Patengan lalu berhenti di situ Patenggang. Mudah bukan?

Berdasarkan peta elktronik jarak Situ Patenggang dari 0KM Kota Bandung adalah 48,3KM. Itu berarti dengan kendaraan yang berkecepatan normal waktu tempuh anda sekitar 1 jam 25 menit lamanya. Sementara jika diukur dari 0KM Kota Jakarta jaraknya sekitar 203KM, dengan waktu tempuh sekitar 3 jam 5 menit.

Informasi terakhir mengenai harga tiket adalah sebagai berikut:

Weekday (Senin-Jumat)
Orang Lokal : Rp 18.000,-
Orang Wisman : Rp 135.000,-
Roda 2 : Rp 2.500,-
Roda 4 : Rp 11.500,-
Bis/Truck : Rp 22.000,-
Weekend (Sabtu, Minggu, Libur)
Orang Lokal : Rp 20.500,-
Orang Wisman : Rp 185.000,-
Roda 2 : Rp 2.500,-
Roda 4 : Rp 11.500,-
Bis/Truck : Rp 22.000,-

Nah, itulah informasi-informasi yang bisa kami hadirkan mengenai Wisata Bandung Selatan Situ Patenggang semoga bisa menjadi rekomendasi bagi anda yang akan melaksanakan liburan akhir tahun. Dan bagi anda yang akan pergi ke sana membawa pasangan, jangan lupa untuk mengunjungi Batu Cinta dan Pulau Sasuka, semoga anda bisa mendapatkan cinta yang abadi seperti Ki Santang dan Dewi Rengganis.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *