Wisata Bandung Museum Geologi Bandung

Wisata Bandung Museum Geologi Bandung – Merupakan sebuah museum yang terletak di pusat kota bandung yang merupakan bangunan bersejarah di kota kembang tersebut. museum ini pertama kali di bangun pada tahun 1926 tepatnya pada tanggal 16 mei yang sempat di renovasi dengan dana bantuan dari jepang, sehingga sampai sekarang tempat masih berdiri kokoh. Pada tanggal 23 agustus 2000 museun ini kembali di buka, oleh Megawati Soekarno putri yang menjadi salah satu tempat wisata bersejarah. Museum geologi berlokasi di dijalan dipenogoro nomor 57, bandung dengan letak yang sangat strategis dan dapat di lalui dengan askes jalan yang mudah di lalui karena berada di pusat kota bandung.

Wisata Bandung Museum Geologi Bandung

Museum geologi selain banyak di kunjungi oleh wisatawan , tempat ini pun sering kunjungi rombongan para pelajar dari berbagai tingkatan. Di tempat ini kita dapat mengenal nilai nilai sejarah serta ikut melestarikan alam yang sangat mendidik. Museum ini memiliki banyak koleksi seperti fosil, mineral dan bebatuan. Selain itu juga di museum ini kita dapat mempelajari berbagai hal yang sangat mendidik yang berhubungan dengan bencana alam, bumi , cara mengolah energi serta pemanfaatan sumber daya dengan benar dan baik serta masih banyak lagi berbagai hal yang dapat di pelajari di tempat tersebut.

Jika dilihat dari luar bangunan ini akan tampak seperti gedung pada umumnya, namun di memasuki bangunan ini dapat di lihat berbagai benda menarik dan unik yang hanya dapat di lihat di sini. Bangunan museum ini di bagi menjadi 2 bagian dengan 3 ruangan berbeda yaitu ruangan tengah, barat serta timur yang memiliki fungsi yang berbeda dalam setiap lantai.

Lantai 1 museum geologi terdiri dari 3 ruangan yang berbeda yaitu :

  • Isi ruangan tengah berisi tentang : animasi kegiatan geologi serta kegiatan museum dalam layar lebar, pelayanani informasi museum, pelayan pendidikan serta penelituan bebatuan museum geologi bandung.
  • Isi ruangan barat berisi tentang : hipotesis terjadinya bumi, fosil manusia purba, sejarah evolusi manusia menurut teori evolusi darwin, sarana pemetaan dan penelitian, bebatuan hasil kegiatan gunung api, keadaan geologi indinesiasistem tata surya, tatanan tektonik regional maket pergerakan lempengan-lempengan dll.
  • Isi ruangan timur berisi tentang : dimana di tempat ini anda akan melihat atau membayangkan tentang sejarah perkembangan serta pertumbuhan makhluk hidup dari masa primitif sampai masa modern seperti sekarang ini yang mendiami planet bumi ini. Disini anda akan melihat berbagai fosil manusia purba, dinosaurus tyrannosaurus rex osborn, berbagai jenis artepak yang dulunya di gunakan oleh manusia purba, posil ikan dan fosil ular yang di temukan di dalam lapisan tanah danau bandung, berbagai artepak danau bandung, informasi keadaan lingkungan purba dsb.
    Lantai ke 2 di museum geologi terbagi menjadi 3 bagian ruangan utama yaitu tengah, barat dan timur dengan fungsi yang berbeda pada ruangannya :
  • Ruangan tengah yang terisi mengenai : maket tambang emas paling besar di dunia yang berlokasi di irian jaya, miniatur pengeboran minyak bumi dan gas bumi serta bebatuan asal papua.
  • Ruangan barat yang berfungsi sebagai ruangan untuk straf museum geologi.
  • Ruangan timur berisi tentang : informasi aspek positif geologi yang bersangkutan dengan gunung api, gambar penyebaran sumber daya mineral, rekaman kegiatan eksplorasi daya mineral, cara pengolahan mineral dan energi dsb.

Museum geologi buka dari hari senin sampai kamis pada jam 9 pagi – 15.30 dan hari sabtu sampai minggu buka pada jam 9 sampai 13.30, sedangkan hari jumat dan hari libur museum ini tutup. Tiket masuk ke tempat ini yaitu Rp. 2000 untuk pelajar, Rp 3000 untuk umum dan Rp. 10.000 untuk wisatawan asing.

Semoga artikel mengenai tempat wisata bandung museum geologi bandung yang dapat bermanfaat dan menambah wawasan pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *