Wisata Bandung Gunung Tangkuban Perahu

Wisata Bandung Gunung Tangkuban Perahu – Pernah mendengar cerita mengenai gunung tangkuban perahu? Mungkin bagi sebagian orang cerita ini memang tidak asing lagi didengar dan mungkin anda pernah mengunjungi tempat wisata bandung gunung tangkuban perahu.

Gunung Tangkuban Perahu

Gunung tangkuban perahu termasuk gunung berapi yang masih aktif sampai sekarang, tepatnya berada di kawasan lembang jawa barat. Gunung dengan cerita legenda tersebut memiliki ketinggian mencapai 2.084 meter atau 6.837 kaki, dengan bentuk gunung yaitu stratovulcano yang memiliki pusat erupsi dapat pindah dari timur menuju barat. gunung ini terakhir meletus pada tahun 2013 yang mengeluarkan bebatuan, lava dan sulfur. Sedangkan jenis mineral yang keluarkan saat gunung tersebut meletus yaitu berupa sulfur belerang. Namun pada saat gunung tersebut tidak akfif, jenis mineral yang di keluarkan yaitu berupa uap gas. Maka tak heran jika anda berkunjung ke tempat ini akan tercium bau yang khas dari gunung tangkuban perahu.

Wisata gunung tangkuban perahu ini di kelolo oleh perum perhutanan, dimana tempat ini memiliki berbagai kawasan perhutanan yaitu : hutan gunung, hutan dipterokarp bukit, hutan montane dan hutan dipterokarp atas. Kawasan wisata ini memiliki suhu rata-rata setiap harinya mencapai 17° C, sedangkan pada siang dan malam hari suhu di tempat ini mencapai rata-rata 2° C.

Bagi anda yang penasaran dengan cerita legenda tangkuban perahu simak langsung saja singkat cerita legenda tangkuban perahu. Ada seorang anak yang bernama sangkuriang yang terpisah sejak kecil dari ibunya, kemudia setelah dewasa sangkuriang bertemu dengan seorang wanita yang cantik bernama Dayang sumbi. Sampai akhirnya snagkuriang jatuh cinta kepada dayang sumbi yang merupakan ibu kandungnya sendiri. Dayang sumbi mengetahui kalau laki-laki yang mencintai dirinya adalah anaknya sendiri. Sehingga dia tak mungkin menikah dengan putranya sendiri, maka dayang sumbi mencari cara untuk menggagalkan niat putranya itu yang ingin menikahi dayang sumbi. Dayang sumbi member syarat kepada sangkuriang yaitu harus membuatkan perahu dalam waktu semalam. Saat usaha membuat perahu tersebut gagal maka sangkuriang pun marah dan menendang perahu tersebut hingga terbalik. Nah, perahu inilah yang menjadi nama dari tangkuban perahu atau perahu terbalik.

Meskipun gunung tangkuban perahu masih aktif yang terlihat dari beberapa tanda seperti memunculkan gas belerang serta sumber air panas di kaki gunung. Namun gunung tersebut menjadi salah satu tempat wisata yang ramai di kunjungi wisatawan lokal atau asing. Objek wisata yang dapat di kunjungi di kawasan ini yaitu kawah ratu, kawah jurig, kawah domas dan kawah upas.

Temat wisata tangkuban perahu ini merupakan tempat wisata alam yang mengagumkan dan indah. Keindahan dari kawasan ini memang berbeda dengan tempat lainnya, dimana tempat wisata ini memiliki pemandangan dan keindahan alamnya yang masih terjaga serta terlihat asri sampai saat ini. Rasakan suasana berjalan di dekat gunung berapi tersebut yang akan memacu adrenalin anda.

Tangkuban perahu dapat menjadi salah satu alterntif berwisata bersama sahabat dan keluarga untuk mengunjungi kawasan gunung berapi. Obyek wisata gunung berapi ini terletak di provinsi jawa barat, sekitar 20 km kea rah utara kota bandung.

Demikian ulasan mengenai Wisata Bandung Gunung Tangkuban Perahu yang dapat sobat baca dan simak di Wisata Kita! Semoga dengan adanya informasi bermanfaat. Selalu kunjungi blog Wisata Kita untuk mendapakan Menyediakan kumpulan informasi tentang objek tempat wisata secara lengkap.