Wisata Bandung Gedung Sate

Wisata bandung gedung sate – bagi warga atau masyarakat sekitar bandung, mungkin tidak asing denga gedung sate. Di namakan gedung sate karena bentuk dari bangunan ini memiliki ciri yang khas serta unik, keunikannnya yaitu terdapat ornamen 6 tusuk sate yang terdapat tepat diatas menara sentral. 6 tusuk sate yang berada di atas menara menandakan atau melambangkan 6 juta gulden yang di pakai untuk membangun gedung berwarna putih.

Wisata bandung gedung sate

Gedung sate merupakan sebuah bangunan yang penuh dengan sejarah yang berlokasi di pusat kota bandung, tidak hanya terkenal di kota bandung namun di kenal luas di jawa barat. Gedung yang penuh dengan sejarah ini di bangun pada tahun 1920 yang sampai saat ini bangunan tersebut tetap terlihat kokoh dan megah. Gedung sate atau gedung putih ini sampai sekarang masih berfungsi sebagai tempat pusat pemerintahan kota bandung. Selain berfungsi sebagai tempat pemerintahnya kota bandung, gedung sate kini menjadi salah satu tempat wisata di bandung yang banyak di kunjungi.

Hal yang menarik dari gedung putih ini yaitu arsitektur bangunan yang terlihat begitu megah yang kental dengan budaya serta sejarahnya. Selain itu juga, bangunan tersebut di lengkapi dengan beberapa fasiltas lain seperti tamanan yang berada di sekeliling gedung tersebut yang sangat terawat. Maka tak heran jika banyak wisatawan yang banyak berfoto di sekitar gedung putih tersebut, bahkan keindahan taman tersebut sering di jadikan sebagai pengambilan sebuh film atau untk foto pra wedding. Gedung sate terlihat lebih ramai saat memasuki hari minggu yang sering di di jadikan sebagai aktifitas untuk berwisata dan berolahraga di sekitar kawasan taman.

Jika anda ingin berkunjung dengan memasuki kawasaan gedung tersebut maka anda harus meminta atau mendapatkan izin terlebih dahulu kepada petugas. Saat memasuki bangunan tersebut, benda yang pertama kali terllihat yaitu seperangkat gamelan yang berfungsi atau di mainkan dalam acara-acara tertentu seperti untuk menyambut tamu atau acara negara. Gedung sate yang berfungsi sebagai pusat pemerintahan kota bandung, maka tak heran jika hampir seluruh bagian dari gedung ini adalah sebuah perkantoran .
Saat memasuki lantai 4 yang biasanya sering di jadikan tempat untuk menyambut para tamu dengan suasana yang sangat nyaman . tak hanya itu saja di lantai 4 juga di terdapat sebuah teropong yang berfungsi untuk melihat pemandangan, terdapat berbagai foto kegiatan gubernur, berbagai macam cinderamata serta prasasti provinsi.

Gedung sate juga tidak terlepas dari hal mistik, karena gedung ini sudah ada sejak zaman penjajahan yang kini usia bangunan tersebut sudah berumur 100 tahun. Berikut ini merupakan beberapa hal mistik yang ada di gedung putih, diantaranya sebagai berikut :

  • Lorong rahasiah gedung sate – sebuah cerita mengatakan adanya keberadaan sebuah lorong rahasiah yang terdapat di bawah tanah yang menghubungkan gedung sate dengan gedung pakuan.
  • Arsitek gadung sate – tidak sedikit orang yang mengatakana ata berangapan bahwa gerber adalah seorang arsitek yang membangun gedung putih tersebut, padahal pada kenyataannya bukan dia yang merancang arsitek tersebut melainkan arsitek lain.
  • Pohon angker – tepat berada di belakang halaman gedung putih, pohon yang beridiri tegak ini di kononkan ada penguni dari alam lain. Para pedagang yang berada di kawasan tersebut menyebutkan pernah ada salah seoarng dari kami yang di ganggu oleh makhluk halus penunggu pohon ini selama 4 hari, karena buang air kecil sembarang di pohon tersebut.
  • Sosok misterius – di kabarkan ada sesosok penghuni gedung putih tersebut yang berwujud seperti kakek tanpa rambut yang memiliki jenggot panjang, pernah terlihat di dalam ruangan gedung tersebut namun dengan sekedajap menghilang.
  • Jenajah yang tertinggal – di halaman gedung tersebut dahulu pernah di temukan 7 jenajah yang terkubur, namun sejak saat di temukannya jenazah tersbeut langsung di kuburkan kembali secara leyak pada tempatnya di pemakaman taman makam pahlawann cikutra. Cerita tidak berakhir sampai sini, setelah di temukannya jenazah tersebut ada beberapa petugas penjaga gedung yang menyebutkan “ bahwa mereka pernah merasakan kehadiran sesosok pemuda yang berpenampilan kono kerap mundar mandir di dalam kawasan gedung saat menjelang matahri terbenam atau sudah gelap.

Gedung sate atau gedung putih ini berlokasi di jalan di penogoro nomor 22 Bandung. Tidak akan sulit untuk menemukan alamat ini karena gedung tersebut berada di pusat kota bandung yang dapat di tempuh dengan akses jalan yang baik. Para wisatawan yang datang dari luar kota bandung akan berkunjung ke gedung ini, kemudian di teruskan dengan mengunjungi museum geologi. Karena kedua lokasi tempat wisata ini cukup berdekatan.

Bagi anda sekitar kota bandung untuk menuju tempat ini dapat di tempuh denga menggunakan kendaraan umum atau angkot. Di mulai dengan naik angkot dari perempatan jalan Ir. H. Juanda dan Jalan Sulanjana dengan menggunakan angkot jurusan cicaheun , kemudian trun di dapan gedung sate yang memakan waktu sekitar kurang dari 5 menit.

Tempat wisata gedung sate ini terbuka untuk umum atau dapat di kunjungi masayarak umum pada akhir pekan atau hari libur. Jika akan memasuki kawasan ini terlebih dahulu harus memiliki izin dari petugas atau staf keaman gedung tersebut. pada hari minggu tempat ini akan ramai di padati oleh para pengunjung untuk melihat pasar kaget di kawasan gedung tersebut yang menjual beranekan ragam barang sampai makanan dengan harga yang terjangkau. Jadi jangan heran jika pada hari minggu anda melewati jalur ini selalu macet.

Semoga artikel mengena wisata bandung gedung sate dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan tentang tempat wisata dan dan sejarahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *