Wisata Bali Tanah Lot

Bali merupakan kota dengan sejuta pesona tempat wisata ini memang memiliki keindahan alam yang menarik dan sayang jika dilewatkan. Pulau bali memang terkenal akan keindahan pantai yang menjadi salah satu daya tarik atau magnet untuk setiap pengunjung. Pulau yang mendapat julukan pulau seribu pura, hal ini di karenakan kuatnya pengaruh ajaran agama hindu di pulau tersebut. Salah satu tempat wisata yang tak pernah sepi dari pengunjung yaitu wisata bali tanah lot.

Wisata bali tanah lot merupakan tempat wisata religi dengan pemandangan pantai memukau, terdiri dari dua pura yang masing-masing berada diatas bongkahan batu karang dan tebing menjorok ke laut wisata tanah lot terlihat indah serta cantik. Asal tahu saja yang disebut dengan pura tanah lot yaitu sebuah pura yang terletak diatas bongkahan batu karang yang berada di tengah pantai. Pura tersebut berfungsi sebagai tempat untuk pemujaan kepada dewa laut, hal ini juga yang menjadi alasan pura tersebut di bangun sangat dekat lokasinya dengan laut. Untuk menjaga kesucian serta kesakralan para wisatawan di larang untuk memasuki ruangan dalam bangunan tempat ibadah tersebut.

Wisata Bali Tanah Lot

Pura seolah olah mengapung diatas air saat air pasang, namun saat air laut surut pengunjung dapat melihat di bawah pura terdapat lubang-lubang kecil. Gua gua kecil tersebut di tempati banyak sekali ular yang berekor pipih dengan warna hitam berbelang kuning. Konon katanya menurut warga sekitar ular-ular tersebut adalah penjaga pura yang memiliki bisa racun 3 kali lebih kuat dari jenis ular kobra. Ular ular tersebut terbilang jinak dan aman selama kita tidak mengganggu keberadaan si ular tersebut.

Keunikan dari tempat wisata tanah lot lainnya yaitu adanya sumber mata air tawar yang sering kenal dengan sebutan air pembersih. Keberadaan sumber mata air tersebut tentu menjadi sebuah keajaiban bagi pulau tersebut, karena mata iar tersebut berada di tengah pantai yang berair asin. Yang menjadi salah satu alasan pura tanah lot ini di bangun di pantai ini yaitu keberadaan sumber air tersebut yang dianggap sebagai tempat suci, menurut penduduk setempat.

Wisata tanah lot ini dapat di tempuh dengan waktu selama 60 menit dari bandara atau dari pantai kuta dapat ditempuh dengan waktu sekitar 45 menit. Pantai lot memang terkenal akan panorama kecantikan sunset atau matahari terbenam, maka tak heran tempat wisata ini ramai di kunjungi saat menjelang sore hari. Untuk memasuki kawasan wisata ini pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp. 15.000 / orang.
Sekilas mengenai sejarah tanah lot bali – kata tanah lot ini berasal dari dua kata yaitu “tanah” atau pulau dan kata “lot” atau laut. Dari kedua kata tersebut dapat disimpulkan dan di gabungkan menjadi tanah yang terletak ditengah laut. Selain dari asal usul nama tersebut tempat ini juga memiliki cerita yang d yakini sebagai awal cerita berdirinya pura tanah lot tersebut.

Di cerikan pada dahulu kala, ada seorang yang penyebarkan ajaran agama hindu berasal dari pulau jawa yang bernama Danghyang Nirartha dan beliau tinggal dan mengunbara di pulau bali. Dangyang berhasil menguatkan kepercayaan masyarakat setempat, akan tetapi kehadiaran danghyang tersebut tidak di sukai oleh seorang penguasa desa yaitu Bendesa beraban. Sehingga Beraban beserta pengikutnya berusaha untuk mengusir danghyang dari tempat terebut. Keingan beraban di penuhi oleh danghyang, akan tetapi terlebiuh dahulu danghyang memindahkan sebongkah batu taksasa ke tengah pantai dna disanalah danghyang melanjutkan persemediannya. Tak hanya sampai disini ia juga meleparkan selembar selendang yang di pakainya ke tengah laut yang kemudian selendang tersebut berubag menjadi seekor ular yang berwarna hitam belang kuning dengan ekor yang pipih. Ular tersebut bertugas untuk menjaga tempat semedi danghyang, sampai sekarang ular tersebut masih ada dan dapat dilihat kawasan tanah lot.

Beraban melihat kemampuan yang dimiliki oleh danghyang yang sangat luat biasa, sehingga ia pun berubah menjadi kagum dan mengurungkan niatnya untuk mengusir danghyang. Sampai akhirnya beraban pun menjadi pengikut ajaran agama yang di siarkan oleh danghyang. Maka di bangunlah dua buah pura yang berfungsi sebagai tempat ibadah bagi warga desa, yaitu satu pura dibangun diatas bongkahan batu yang di pindahkan ke tengah pantai sednagkan satu pura lagi di bangun di ujung tebing yang menjorok ke laut.

Walaupun pengunjung di larang masuk ke dalam pura, tapi pengunjung masih tetap menikmati berbagai kegiatan di tempat wisata tanah lot diantaranya yaitu :

Berfoto – memiliki pemandangan yang indah terlebih saat matahari terbenam, memang menjadi daya tarik tersendiri yang dapat di abadikan saat berkujung ke tempat ini yaitu dengan berfoto. Mengabadikan momen tersebut memang menyenangkan dan dapat menjadi suatau cerita untuk mengenang kembali keindahan tanah lot tersebut kapan pun. Pura tanah lot yang di latari dengan senja berwarna kemerahan, sehingga membuat jepretan foto menjadi semakin memukau dan cantik.

Berburu berbagai suvenir – anda akan menjumpai pasar seni disepanjang jalan masuk menuju kawasan wisata tersebut yang menjual berbagai macam kerajinan hasil tangan khas pulau bali. Kerajinan tersebut seperti ukiran gelang dan kalung terbuat dari kayu, gantungan kunci terbuat dari kerang, asbak dengan hiasan pasir serta bintang laut dan kaos khas bali dengan beragam tulisan. Jangan sungkan untuk menawar souvenir yang di tawarkan.

Mitos – setiap tempat wisata memang tak pernah lepas dari hal yang berbau mitos dengan ke unikan masing masing tempat. Maka tanah lot pun tak luput dari cerita mitos, yaitu siapa saja pengunjung yang mencuci muka dengan tirta pebersihan di sertai dengan mengucapkan permohan maka keinginannya tersebut akan terkabul cepat.

Selain kegiatan diatas anda juga dapat melihat ritual odalan. Ritual odalan yaitu sebuah ritual atau upacara keagaman yang di lakukan saat menjelang hari raya galungan serta kuningan dan pada saat cara tersebut pura tanah lot di penuhi oleh semua umat hindu dari segala penjuru yang akan melakukan sembahyang di tempat pura ini.

Wisata bali tanah lot terletak di di desa beraban kecamatan Kediri, tabanan – bali yang dapat di tempuh dengan akses yang mudah atau dapat menggunakan jasa travel sehingga lebih mudah.

Ok demikianlah artikel sederhana mengenai wisata bali tanah lot, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *