Wisata Alam Yogyakarta

Wisata Yogyakarta Menyimpan Alam yang Masih Asri, Alami dan Patut Dikunjungi. Wisata alam Yogyakarta merupakan destinasi yang tepat bagi mereka yang jenuh dengan suasana kota. Kota inimenawarkan berbagai destinasi yang bisa dikunjungi sesuai dengan keinginan kita. Letak provinsi yang berada di selatan Pulau Jawa dan berbatasan langsung dengan pantai selatan membuat wisata Yogyakarta menjadi semakin variatif. Kita bisa menikmati indahnya sunset di pantai selatan, tepatnya di pantai Parangtritis. Banyak orang yang percaya bahwa di pantai Parangtritis terdapat gerbang yang terhubung langsung pada kerajaan Ratu Pantai Selatan, inilah salah satu daya tarik yang mendorong banyak orang berwisata di Parangtritis.

Wisata Alam Yogyakarta

Wisata Alam Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis

Tidak hanya pantai Parangtritis, di sepanjang pantai selatan, wisata Yogyakarta menawarkan berbagai pantai yang sangat menawan, sebut saja pantai-pantai berpasir putih seperti pantai Baron, pantai Kukup, pantai Sundak, pantai Sepanjang, hingga pantai Pulang Syawal atau yang lebih dikenal sebagai pantai Indrayanti. Pantai-pantai tersebut merupakan sebuah gugusan pantai yang berdekatan satu sama lain dan hanya dipisahkan oleh perbukitan, sehingga jika Anda jenuh dengan hiruk pikuk kota, pantai merupakan destinasi yang tepat untuk wisata Yogyakarta.

Wisata Alam Gunung Kidul

Gunung Kidul

Dari pantai selatan yang menakjubkan, jika kita sedikit meluncur menuju ke utara terdapat pegunungan kapur yang menawarkan lebatnya hutan pinus, perkebunan eucalyptus dan bongkahan kapur yang putih diantara hijaunya hutan. Terlihat pula masyarakat yang masih hidup secara tradisional bermukim diantara bukit-bukit kapur dan perkebunan yang merupakan sumber mata pencaharian masyarakat Gunung Kidul. Mayoritas penduduk Gunung Kidul masih menggunakan rumah Joglo, yang merupakan rumah adat Yogyakarta mengingatkan kita bahwa wisata Yogyakarta masih mempertahankan nilai-nilai budaya leluhurnya. Masyarakat Gunung Kidul terkenal dengan keramahannya, walau pun Anda baru pertama kali berwisata di selatan Yogyakarta, jangan sungkan untuk menanyakan arah kepada penduduk setempat karena banyak penunjuk jalan yang tertutup rindangnya pepohonan.

Wisata Alam Goa Pindul

Goa Pindul

Wisata Yogyakarta tidak hanya terdapat di pusat kota. Masih berada di wilayah selatan Yogyakarta, jalan raya berkelok yang menembus pegunungan kapur menyimpan wisata alam yang masih asri dan alami. Goa Pindul merupakan salah satu andalan wisata alam di pegunungan kapur tersebut. Goa Pindul menawarkan wisata petualangan menyusuri goa menggunakan ban karet ditemani pemandu wisata yang kebanyakan adalah penduduk setempat. Bagi Anda yang memiliki jiwa petualang, banyak sekali home stay yang berada di sekitar rumah warga. Pengelola paguyuban wisata setempat juga menawarkan berbagai varian wisata alam dengan harga yang cukup terjangkau. Paket yang ditawarkan pun bisa sangat murah dan terjangkau oleh berbagai kalangan, cukup merogoh uang sebanyak Rp. 150.000 per orang, Anda sudah bisa menikmati berbagai paket wisata alam seperti menyusuri Goa Pindul, Goa Sriti, bahkan rafting dengan berbagai jarak tempuh yang ditawarkan. Jadi, jika Anda ingin menghabiskan liburan bersama keluarga atau teman-teman, alam masih menawarkan petualangan yang menantang di wisata Yogyakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *