Wisata Alam Kawah Putih Ciwidey Bandung

Wisata Alam Kawah Putih Ciwidey Bandung – Letusan Gunung Patuha sekitar abad ke 10 membentuk sebuah danau yang indah di Ciwidey, Bandung yang sekarang terkenal dengan nama Kawah Putih. Sejak dibuka sebagai tempat wisata Kawah Putih sudah menarik wisatawan dari mancanegara maupun lokal. Kawah Putih ini berada diktinggian 2090 m dpl (diatas permukaan laut), dengan begitu suhu udara di kawasan ini pun cukup beralasan untuk anda membawa jaket tebal, karena suhunyai berkisaran 8-22 derajat celsius.

Wisata Kawah Putih Ciwidey Bandung

Sejarah

Sekitar abad ke 10 terjadi letusan Gunung Patuha, dikarenakan letusan gunung tersebut terbentuklah secara alami sebuah danau belerang. Masyarakat yang tinggal di sekitaran gunung tersebut mengamati bahwa setiap burung yang terbang ke kawasan gunung tak pernah kembali atau dengan kata lain, burung yang melewati gunung akan mati. Dari sana, masyarakat setempat menganggap bahwa ada makhluk halus penghuni gunung yang menyebabkan kematian setiap burung yang melintas. Wilayah inipun lama kelamaan diangganp menjadi kawasan angker sehingga tak ada yang berani mengunjunginya.

Setelah mitos itu berkembang cukup lama, sekitar tahun 1937 ada seorang botani yang sangat tertarik dengan kawasan Gunung Patuha yang masih asri bernama Dr. Franz Wilhelm Junghuhn. Karena ketertarikannya, ia kemudian mencari informasi dari masyarakat setempat, namun ia tidak percaya mengenai anggapan ada kawasan angker di daerah pegunungan yang menyebabkan burung-burung mati. Ia lalu mendaki ke puncak Gunung Patuha yang ketinggiannya mencapai 2400m dpl. Setelah ia mendaki dan mencapai puncak, ia melihat ada sebuah danau dengan warna putih kehijauan dan memiliki bau belerang.

Dari sana barulah diketahui bahwa kawasan tersebut adalah kawasan danau yang memiliki tingkat belerang yang sangat tinggi. Dan itulah yang menyebabkan burung-burung mati saat melintasi kawasan ini. Bukan dikarenakan adanya makhluk halus atau semacamnya.

Dari kejadian inilah banyak orang yang mengetahui tentang keberadaan danau kawah putih yang indah ini, berita tersebut menyebar secara cepat dari mulut ke mulut hingga akhirnya banyak orang yang berdatangan. Lalu pada tahun 1987 kawan Kawah Putih ini kemudian dibuka sebagai tempat wisata untuk umum.

Info Wisata

Bagi anda yang ingin berlibur Kawah Putih adalah salah satu tempat yang cocok. Anda akan melihat keindahan Kawah Putih yang memesona. Berikut kami hadirkan info wisata dari mulai akses hingga akomodasinya.

Wisata Alam Kawah Putih ini beralamat di Jl. Raya Soreang Ciwidey, Ciwidey, Kab. Bandung, Prov. Jawa Barat, Indonesia 4097. Sekitar 50KM dari pusat Kota Bandung.

Dari Kota Bandung (Terminal Leuwi Panjang) naik mini bus jurusan Bandung-Ciwidey, turun di terminal Ciwidey. Naik angkutan umum jurusan Ciwidey – Situ Patenggang, turun di gerbang Kawah Putih. Atau dari Stasiun Kereta Api Bandung anda bisa naik angkot Sadang Serang-Caringin, turun di kopo. Lalu naik ELF/Colt L300 jurusan Bandung-Ciwidey atau bisa juga menunggu bus dengan jurusan yang sama, namun bus memang masih agak jarang, turun di terminal Ciwidey. Lalu naik angkutan kota Ciwidey – Situ Patenggang berwarna kuning, turun di depan gerbang Kawah Putih.

Bagi anda yang datang dengan membawa kendaraan ada beberapa tarif tergantung anda membawa kendaraan apa dan diparkirkan di mana, jika anda memakirkan kendaraan anda di atas dekat kawah harganya akan jauh lebih mahal dibandingkan anda memarkirkan mobil di bawah dekat pintu gerbang lalu menggunakan ontang-anting (kendaraan yang akan membawa anda dari gerbang ke kawah) dengan harga Rp 13.000,00-/orang (PP). Dan bagi anda yang datang dengan rombongan menggunakan bus, anda tidak bisa membawa bus ke arena atas. Berikut ini rincian harga parkir:

Parkir Atas (Dekat Kawah)
Mobil : Rp 150.000,-
Motor : Rp 35.000,-
Parkir Bawah (Dekat gerbang masuk)
Mobil : Rp 6.000,-
Motor : Rp 5.000,-
Bus : Rp 25.000,-

Jika anda yang datang dengan menggunakan angutan umum, anda hanya perlu membeli tiket sebesar Rp 15.000,- saja perorangnya, ditambah Rp 13.000,- untuk ontang-anting jika anda tidak mau jalan kaki dari gerbang ke kawah, karena jaraknya memang cukup jauh yaitu 5KM.

Bagi anda yang menginap anda bisa menyewa hotel yang berada di dekat kawasan Kawah Putih.

Nah, itulah informasi yang kami sajikan bagi anda yang ingin berwisata ke Kawah Putih Ciwidey Bandung, semoga bisa bermanfaat, selamat berlibur dan semoga liburan anda menyenangkan. –  Wisata Alam Kawah Putih Ciwidey Bandung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *