Tempat Wisata Kota Tua Momen Historis Batavia

Sesekali sempatkanlah waktu untuk mencoba mengunjung tempat-tempat wisata bersejarah yang ada di Indonesia untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah berjuang membela kemerdekaan bangsa ini, salah satunya yaitu kawasan wisata sejarah Kota Tua yang ada di Jakarta.

Kota Tua adalah salah satu kawasan wisata yang memiliki peranan sangat penting pada jaman penjajahan dulu. Kawasan tersebut terbagi pada beberapa wilayah seperti kawasan Jakarta Barat dan juga Jakarta Utara, di mulai dari kawasan Pelabuhan Sunda hingga Museum Bank Indonesia.

Kota Tua Momen Historis Batavia

Pada masa itu, kawasan Pelabuhan Sunda adalah sebuah pelabuhan terbesar di indonesia dan memiliki kegiatan paling sibuk yang biasa digunakan dalam melakukan transaksi jual beli atau pedagangan skala internasional. Sedangkan di sekitar kawasan Museum Patahilah dan juga Museum Bank Indonesia dijadikan sebagai pusat pemerintahan kolonial.

Saat ini Kota Tua yang ada di Jakarta telah dilaih fungsikan sebagai Museum yang menjadi salah satu tempat wisata bersejarah yang ada di Indonesia, di museum ini terdapat banyak sekali informasi yang dapat kita ketahui dan kita pelajari tentang sejarah kota ini.

Lalu, ada apa saja di Kota Tua?

Karena memiliki kawasan yang cukup luas, di kawasan Kota Tua ini terdapat beberapa tempat wisata yang sangat menarik untuk di kunjungi agar dapat mengenal sejarah, diantaranya yaitu :

  • Tempat Wisata Pelabuhan Sunda Kelapa

Pelabuhan Sunda Kelapa merupakan sebuah pelabuhan kuno yang pernah dijadikan sebagai tempat untuk melakukan transaksi perdagangan internasional dan sekaligus menjadi saksi bisu pada masa kejayaan Kota Jakarta atau dulu disebut dengan kota Batavia. Pada masa itu, pelabuhan ini selalu ramai dikunjungi oleh para pedagang dari beberapa Negara seperti Cina, India dan Arab.
Selain itu, Pelabuhan Sunda Kelapa juga pernah di kabarkan jika pelabuhan ini sudah beroperasi sejak awal kota Jakarta di dirikan. Sehingga kota ini merupakan sebuah saksi pada masa kejayaan

Kerajaan Padjajaran, kemakmuran Kerajaan Demak, kedatangan bangsa Portugal sampai dengan awal kedatangan bangsa Belanda untuk menguasai bangsa Indonesia.
Saat ini kawasan Pelabuhan Sunda Kelapa dijadikan sebagai tempat parkir kapal-kapal nelayan warga setempat, walaupun begitu bukan berarti pelabuhan ini sudah tidak menarik lagi untuk dikunjungi. Pada sore menjelang senja, anda dapat menikmati keindahan pemandangan pantai sambil membayangkan kisah bersejarah yang pernah ada di tempat ini dan sekaligus mengabadikannya dalam setiap jepretan kamera yang anda bawa. Setelah anda puas berkeliling dan menikmati keindahan pemandangan di pelabuhan ini, anda dapat berkunjung ke warung makan yang ada di sekitar pelabuhan untuk menimati hidangan seafood yang sangat lezat.

  • Tempat Wisata Museum Patahillah

Museum Patahillah atau juga dikenal dengan nama Museum Batavia dan sekarang sebagian masyarakat sekitar lebih sering menyebutnya dengan nama Museum Sejarah Jakarta. Museum bersejarah ini memiliki lebih dari 25.000 koleksi benda-benda bersejarah yang diantaranya terdiri dari persenjataan, prasasti, keramik, furniture, artefak dan masih banyak lagi yang lainnya.
Sebelum menjadi sebuah Museum, bangunan ini pernah dijadikan sebagai Balai Kota, pengadilan, dan juga memiliki ruang tahanan yang terletak di bawah tanah. Tempat terpenting yang ada di museum ini bukanlah tempat yang berada di dalam ruangan, melainkan berada di luar ruangan yang tepatnya berada di area lapangan yang pernah digunakan untuk mengeksekusi para tahanan oleh penjajah Belanda.

Nah, bagi anda yang ingin berkunjung Museum Patahillah ini, anda akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar 2.000 rupiah. Museum ini dibuka setiap hari Selasa sampai dengan hari Minggu, mulai dibuka pada pukul 9 pagi sampai dengan pukul 3 sore.

  • Tempat Wisata Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia merupakan sebuah tempat wisata bersejarah yang paling menarik dan sering dikunjungi para wisatawan. Pada masa dulu, bangunan ini merupakan sebuah bangunan yang digunakan sebagai Rumah Sakit atau disebut dengan Binnen Hospital. Namun pada tahun 1828 bangunan ini dijadikan sebuah Bank yang bernama De Javasche Bank dan kemudian nantinya akan berdirinya cikal bakal Bank Indonesia.
Museum Bank Indonesia merupakan sebuah museum yang paling modern yang ada di Indonesia, disini anda dapat masuk kedalam sebuah ruang transisi yang didalamnya terdapat sebuah hologram koin yang melayang dengan interaktif. Jika koin tersebut anda ambil, maka akan muncul detail informasi mengenai koin tersebut. Selain itu, di dalam Museum Bank Indonesia ini masih banyak hal-hal menarik lainnya yang dapat anda pelajari.

Anda dapat mengunjungi Museum ini mulai dari hari Selasa – Kamis sekitar pukul 8 pagi sampai dengan pukul 3 sore, jika pada hari Jumat dibuka pada pukul 8 pagi sampai dengan 11 siang dan hari Sabtu dan Minggu di buka dari pukul 9 pagi sampai dengan pukul 4 sore. Pengunjung tidak akan dikenakan biaya tiket masuk alias gratis.

  • Tempat WisataToko Merah

Toko Merah merupakan sebuah tempat wisata bersejarah yang wajib untuk anda kunjungi jika anda berkunjung ke Kota Tua Jakarta. Bangunan yang unik ini didirikan oleh seorang Gubernur VOC yang bernama Baron Van Imhoff. Di dalam museum ini terdapat koleksi perabotan pada masa colonial Belanda yang keasliannya masih sangat terjaga hingga sekarang.

Namun sangat di sayangkan, karena museum ini tidak di buka untuk umum, sehingga jika anda ingin masuk kedalam museum harus meminta surat izin terlebih dahulu dari pihak berwajib setempat. Walaupun begitu anda masih dapat memotret hal menarik yang ada di sekitar museum ini.

Nah, demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda semua mengenai tempat-tempat wisata bersejarah yang ada di Kota Tua Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.