10 Tempat Wisata di Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi

Apakah anda pernah berkunjung ke Kota Yogyakarta? Yogyakarta merupakan sebuah kota yang memiliki aneka tempat wisata yang sangat terkenal di dindonesia dan bahkan sampai ke mancanegara. Maka tak heran, jika kota Yogyakarta ini banyak dikunjungi para wisatawan dari mancanegara yang sengaja untuk menikmati keindahan alam dan aneka tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini akan saya sajikan informasi mengenai 10 tempat wisata di Yogyakarta yang wajib dikunjungi. Apa sajakah itu, simak informasinya berikut ini.

1.Candi Prambanan

Candi Prambanan

Candi prambanan merupakan obyek wisata yang sangat terkenal dan merupakan suatu komplek candi hindu terbesar dan paling popular di Indonesia. Keunikan dari candi ini yaitu dari bentuk dan juga hiasan relief. Hiasan relief ini diukir dengan mengelilingi candid an terdapat sebuah kisah yang melegenda tentang Ramayana dan Krishnayana. Lokasi candi prambanan berlokasi sekitar 17 km dari Daerah Istimewa Yogyakarta.

2.Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis

Pantai parangtritis merupakan sebuah obyek wisata yang sudah terkenal keberbagai pelosok kota di Indonesia. Lokasi pantai ini sekitar 25 km dari arah selatan kota Yogyakarta, sedangkan letak pantainya berada di tepi kawasan samudera Hindia. Maka tak heran jika pantai ini memiliki karakteristik dengan ombak dan juga arus air lautnya yang sangat kuat, sedangkan keunikan dari pantai ini yaitu adanya sebuah bukit pasir yang dikenal dengan sebutan Gumuk yang berada di sekitar pantai.

3.Jalan Malioboro

Jalan Malioboro

Bagi anda yang ingin berwisata belanja ataupun wisata kuliner di Yogyakarta, anda wajib mengunjungi sebuah lokasi yang bernama jalan Malioboro. Bagi anda yang ingin berbelanja berbagai keperluan dan juga oleh-oleh untuk di bawa puolang, anda dapat mengunjungi lokasi ini pada siang hari, tetapi jika anda ingin menikmati berbagai hidangan sebaiknya anda mengunjungi lokasi ini pada malam hari. Hal unik lainnya yaitu adanya sekumpulan orang yang menggunakan pakaian seperti prajurit, zombie, aneka peran hantu dan lain-lain. Hal ini tentunya membuat suasana menjadi semakin hangat dan ramai, rugi rasanya jika anda melewatkan momen ini.

4.Goa Jomblang

Goa Jomblang

Goa jomblang merupakan tempat wisata yang berada di lokasi Gunung Kidul, Yogyakarta. Di dalam gua yang berbentuk vertikan ini terdapat sebuah hutan purba, selain itu jika anda mengunjungi goa ini sekitar pukul 10 hingga 12 siang, anda akan melihat keindahan dari cahaya yang menembus gua dan penduduk sekitar menyebutnya dengan nama cahaya surga. Maka tak heran jika banyak orang yang penasaran ingin menyaksikannya secara langsung, sehingga lokasi ini selalu ramai pada siang hari.

5.Arung Jeram Citra Elo

Arung Jeram Citra Elo

Bagi anda yang ingin belajar dan menikmati kegiatan arung jeram, di lokasi ini terdapat sebuah yang sangat cocok untuk belajar arung jeram. Disungai ini tidak terlalu berbahaya, karena arusnya yang tidak terlalu ekstrim dan para pengunjung pun dapat bermain kapan saja karena tidak seperti sungai-sungai lainnya yang hanya dapat digunakan untuk melakukan kegiatan arung jeram pada waktu musim hujan saja.

6.Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta

Lokasi lain yang popular dan banyak dikunjungi oleh para wisatawan yaitu keraton Yogyakarta, keraton ini merupakan sebuah tempat bersejarah pada masa kesultanan dan pernah di tinggali oleh Sang Sultan dan juga keluarganya. Di keraton ini para pengunjung dapat melihat keunikan bangunannya yang sangat unik dan merupakan sebuah arsitektur dari masa kesultanan kuno. Selain itu, para pengujung juga dapat melihat dan mempelajari berbagai barang peninggalan di masa kesultanan Yogyakarta dan sebagian besar barang-barang tersebut merupakan barang pemberian dari raja-raja Eropa. Keraton ini dibuka untuk umum dari jam 8 pagi sampai jam 2 siang, sehingga jika anda ingin berkunjung sebaiknya pada pagi hari.

7.Wisata Kebun Binatang Gembira Loka

Wisata Kebun Binatang Gembira Loka

Obyek wisata ini sangat cocok wisata keluarga, karena disini terdapat berbagai jenis satwa yang ada di dunia. Selain memiliki banyak satwa mulai satwa yang biasa kita temui hingga satwa liar dan satwa langka yang dilindungi. Maka bagi anak-anak dapat belajar lebih banyak mengenai aneka satwa yang ada di kebun binatang ini. Selain melihat dan berinteraksi dengan para satwa, para pengunjung pun dapat menikmati berbagai wahana permainan yang disediakan seperti naik perahu,, bermain sepeda air, kolam tangkap ikan, naik gajah, naik onta dan masih banyak lagi permainan menarik lainnya.

8.Wisata Gunung Merapi

Wisata Gunung Merapi

Obyek wisata gunung merapi merupakan obyek wisata yang selalu ramai dikunjungi oleh para wosatawan, di puncak gunung anda dapat menikmati keindahan alam dan juga menyaksikan keindahan terbitnya matahari yang sangat indah dan menakjubkan.

9.Candi Borobudur

Candi Borobudur

Candi Borobudur merupakan sebuah tempat wisata yang menjadi primadona di kota Yogyakarta, keindahan dari arsitekturnya sudah terkenal keberbagai penjuru dunia dan merupakan sebuah bangunan candi Buddha terbesar di dunia. Candi Borobudur juga masuk kedalam daftar keajaiban dunia, sehingga lokasi ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan dari berbagai Negara di dunia. Selain itu, pada bagian bangunan candi terdapat relief dan juga patung buddha terbanyak dibandingkan dengan candi-candi lainnya yang ada di dunia.

10.Istana Air Taman Sari

Istana Air Taman Sari

Lokasi ini dulunya merupakan sebuah tempat yang sering digunakan untuk bermeditasi bagi para keluarga dari kerajaan Yogyakarta, serta bangunan ini difungsikan sebagai benteng petahanan kerajaan dari serangan musuh. Namun saat ini lokasi ini beralih fungsi menjadi obyek wisata yang selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan karena memiliki keunikan dan juga keindahan alam serta memiliki udara yang sangat sejuk. Selain itu, dilokasi wisata ini terdapat kebun bunga yang sangat harum dan juga terdapat banyak sekali kolam buatan yang menjadikan lokasi wisata ini memiliki udara yang sangat menyegarkan.

Nah, itulah 10 tempat wisata di Yogyakarta yang wajib dikunjungi. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan selamat berlibur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *