25 Tempat Wisata di Sumatera Utara yang Menarik

25 Tempat Wisata di Sumatera Utara yang Menarik – Sumatera utara merupakan nama sebuah provinsi yang berada di kepulauan sumatera, di kawasan provinsi tersebut selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan karena terdapat berbagai obyek wisata yang sangat terkenal di Indonesia.
Tahukah anda, apa saja tempat wisata yang ada di sumatera utara? yukk, kita simak informasi lebih lengkapnya berikut ini.

1.Wisata Istana Maimun

Wisata Istana Maimun

Istana maimun merupakan sebuah istana peninggalan dari kerajaan Deli pada tahun 1946, lokasinya terletak di kota Medan. Istana ini berdiri di atas lahan seluas 2.700 meter dan memiliki 30 lebih ruangan di dalamnya. Dari setiap ruangan di desain dengan memadukan budaya melayu, islami, italia dan juga spanyol. Banyak para pengunjung yang datang ke istana ini hanya untuk berfoto-foto dan menikmati keindahan istana bersejarah ini, selain itu pengujung juga dapat melihat-lihat berbagai benda bersejarah seperti benda peninggalan belanda kuno, lukisan dan foto keluarga kesultanan, senjata dan masih banyak lagi benda-benda koleksi yang lainnya.

2.Wisata Air Terjun Sipiso-piso

Wisata Air Terjun Sipiso-piso

Wisata Air Terjun Sipiso-piso merupakan sebuah wisata alam yang berada di Desa Tonging, Sumatera Utara. lokasi ini selalu ramai dikunjungi pada musim liburan dan akhir pekan, dan air terjun Sipiso-piso termasuk air terjun tertinggi di Indonesia.

3.Masjid Raya Medan

Masjid Raya Medan

Masjid Raya Medan merupakan sebuah masjid yang sangat indah dan megah, masjid ini awalnya dibangun pada tahun 1906, pada arsitektur bangunannya memiliki gaya yang perpaduan antara timur tengah, india dan spanyol. Masjid Raya Medan terletak di Jalan Sisingamangaraja, lokasi masjid ini sangat mudah di temui karena merupakan kebanggaan kota medan.

4.Wisata Danau Toba

Wisata Danau Toba

Danau Toba merupakan sebuah obyek wisata yang sangat terkenal di Indonesia, danau ini memiliki ukuran yang sangat luas dan memiliki keunikan yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan karena terdapat sebuah pulau di tengah danau. Danau Toba termasuk jenis danau vulkanik terbesar di kawasan Asia Tenggara dan juga termasuk salah satu tempat wisata paling popular di Indonesia.

5.Tempat Penangkaran Buaya Asam Kumbang

Tempat Penangkaran Buaya Asam Kumbang

Di provinsi Sumatera Utara terdapat sebuah tempat penangkaran buaya asam kumbang yang lebih dikenal dengan sebutan Taman Buaya Asam Kumbang, tempat ini merupakan sebuah tempat penangkaran buaya dan reptile lain yang memiliki lebih dari 2.400 jenis reptile.

6.Wisata Danau Linting

Wisata Danau Linting

Di provinsi sumatera juga terdapat sebuah danau lain yang bernama Danau Linting, danau ini memang tidak seterkenal seperti Danau Toba namun lokasi wisata ini juga sangat menarik untuk dikunjungi para wisatawan. Danau Linting merupakan sebuah danau vulkanik yang memiliki kandungan belerang pada airnya, sehingga air danaunya berwarna kehijau-hijauan. Kedalaman Danau Linting mencapai hingga 100 meter dan berada di area seluas 1 hektar, maka berhati-hatilah jika anda akan berenang di danau ini.

7.Wisata Salju Panas Dolok Tinggi Raja

Wisata Salju Panas Dolok Tinggi Raja

Wisata Salju Panas Dolok Tinggi Raja merupakan kawasan obyek wisata yang sangat unik dan wajib anda kunjungi, karena di lokasi ini terdapat sebuah bukit kapur yang memiliki warna yang sangat menarik. Warna tanahnya yang putih, maka sangat mirip dengan warna salju. Di bagian tengah kawasan wisata ini terdapat sebuah danau yang memiliki air panas dan berwarna biru kehijau-hijauan.

8.Aek Sijornih

Aek Sijornih

Aek Sijornih merupakan tempat wisata air terjun, lokasi ini memang kurang begitu di kenal masyarakat karena lokasinya kurang mendapatkan perhatian dari pemerintah setempat. Tetapi lokasi ini sangat menarik dan sering dikunjungi oleh warga sekitar untuk rekreasi bersama keluarga di akhir pekan. Lokasi air terjun Aek Sijornih terletak di Aek Libung, di lokasi tersebut terdapat 2 buah air terjun berukuran kecil. Walaupun tidak terkenal, tetapi dilokasi ini para pengunjung dapat menikmati keindahan alam yang masih sangat asri dan alami.

9.Hilpark Sibolangit

Hilpark Sibolangit

Hilpark Sibolangit merupakan sebuah obyek wisata taman rekreasi yang memiliki berbagai jenis wahana permainan menarik, taman rekreasi ini termasuk taman rekreasi terbesar yang ada di Sumatera dengan luas lahan sekitar 20 hektar. Lokasi taman Hilpark Sibolangit berlokasi di kawasan pegunungan dengan ketinggian mencapai 550 meter dpl, sehingga dilokasi tersebut memiliki suhu yang cukup dingin tetapi terasa sangat sejuk karena jauh dari polusi udara perkotaan.

10.Tangkahan

Tangkahan

Tangkahan merupakan sebuah obyek wisata yang masuk kedalam daftar Taman Nasional Gunung Leuseur, Sumatera Utara. Di lokasi wisata ini para pengunjung dapat melakukankegiatan alam seperti berenang, masuk kedalam gua kelelawar, trekking, naik gajah, mandi di air terjun dan masih banyak lagi kegiatan lain di wisata alam tangkahan ini.

11.Taman Nasional Gunung Leuser

Taman Nasional Gunung Leuser

Taman Nasional Gunung Leuser merupakan sebuah lokasi yang dipergunakan untuk pelestarian alam yang berada di 2 provinsi yaitu si provinsi sumatera utara dan juga Aceh. Selain di fungsikan untuk pelestarian, lokasin ini juga dijadikan sebagai obyek wisata alam yang ada di Sumatera Utara. di lokasi taman wisata alam ini terdapat berbagai jenis flora dan fauna, sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai wisata keluarga.

12.Wisata danau Lau Kawar

Wisata danau Lau Kawar

Lokasi wisata Danau Lau Kawar merupakan sebuah lokasi wisata yang berada di kawasan kaki Gunung Sinabung, Sumatera Utara. Luas danau mencapai 200 hektar dan memiliki keindahan alam yang masih sangat asri dan memiliki udara yang sejuk, karena di sekeliling danau terdapat banyak sekali pepohonan yang hijau dan menambah keindahan alam sekitar. Di lokasi pinggir danau sering dijadikan sebagai tempat berkemah, lokasi peristirahatan bagi para pendaki gunung Sinabung. Selain itu, para pengunjung juga dapat memancing di sekitar danau.

13.Cagar Alam Sibolangit

Cagar Alam Sibolangit

Cagar alam sibolangit merupakan sebuah lokasi wisata alam yang terletak di kabupaten Deli Serdang, lokasi cagar ala mini berada di lahan seluas 24 hektar. Lokasinya berada di kawasan perbukitan dengan ketinggian mencapai 500 meter dpl, sehingga dilokasi ini para pengunjung dapat menikmati keindahan alam yang sangat menakjubkan dan memiliki udara yang sangat sejuk dan segar. Selain itu, lokasi ini juga sering dijadikan sebagai lokasi perkemahan.

14.Gunung Sibayak

Gunung Sibayak

Bagi anda yang suka berpetualang, lokasi wisata ini sangat cocok untuk anda, Gunung Sibayak merupakan salah satu gunung api yang ada di Sumatera Utara yang menjadi salah satu tempat paling popular untuk para pendaki. Di puncak gunung anda dapat menikmati keindahan alam yang mempesona apalagi pada saat matahari terbit, dan anda juga dapat melihat kota medan dari atas gunung dengan sangat jelas.

15.Rahmat International Wildlife Museum & Gallery

Rahmat International Wildlife Museum & Gallery

Di museum ini anda dapat melihat berbagai jenis koleksi hewan yang diawetkan dan merupakan salah satu museum yang paling lengkap di Asia. Museum ini terletak di Jalan S. Parman Kota Medan, museum ini mulai dibuka pada pukul 5 sore dan para pengunjung harus membayar tiet masuk seharga 25.000 rupiah, untuk melakukan safari di malam hari harga tiketnta yaitu sekitar 10.000 rupiah, sedangkan bagi anda yang ingin memotret dikenakan biaya sekitar 20.000 rupiah.

16.Wisata Kampung Madras Medan / Kampung Keling

Wisata Kampung Madras Medan  Kampung Keling

Tempat wisata Kampung Madras Medan atau lebih dikenal dengan sebutan Kampung keeling merupakan sebuah tempat yang mayoritas penduduknya orang Keling atau orang India dengan menganut agama kepercayaan Hindu. Di lokasi wisata ini anda dapat banyak menemukan bangunan-bangunan yang merupakan siri khas dari Bangsa Belanda, maka di kawasan wisata ini anda juga dapat berwisata Budaya dan juga dapat belajar banyak Sejarah.

17.Wisata Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit

Wisata Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit

Wisata air terjun disini berbeda dengan wisata air terjun lain yang ada di sumatera utara, karena air terjun disini memiliki keunikan dari air terjunnya yang memiliki 2 warna yaitu warna putih ke abu-abuan dan biru muda, sedangkan ketinggiannya sekitar 100 meter. Untuk menuju ke lokasi air terjun, anda harus melewati hutan yang sukup lebat, sehingga anda harus mempersiapkan diri anda. Jika anda merasa takut tersesat, maka anda dapat memakai jasa pemandu untuk mengantar anda sampai ke tujuan.

18.Wisata Bukit Lawang

Wisata Bukit Lawang (2)

Wisata Bukit Lawang merupakan sebuah kawasan Taman Nasional Gunung Lauser, di lokasi tersebut berada di dalam kawasan gunung di penuh dengan pepohonan yang hijau dan rimbun. Pemandanga alam yang sangat indah dan asri membuat udaranya sangat sejuk serta jauh dari polusi udara. Para pengunjung dapat melakukan berbagai kegiatan menarik seperti trekking, tubing, melihat populasi orang utan dan masih banyak lagi kegiatan lainnya yang dapat anda lakukan di kawasan wisata Bukit Lawang ini.

19.Rumah Tjong A Fie

Rumah Tjong A Fie

Rumah Tjong A Fie merupakan sebuah rumah yang pada dulunya rumah tersebut miliki orang terkaya di daerah tersebut yang bernama Tjong A Fie, namun ia meninggal dunia pada tahun 1926 karena mengalami pendarahan pada otaknya. Lalu ia meninggalkan warisan yaitu rumah dan museum, sedangkan semua kekayaannya telah habis dibagikan kepada penduduk yang kurang mampu dan membutuhkan pada saat beliau masih hidup.

20.Menara Air Tirtanadi

Menara Air Tirtanadi

Menara Air Tirtanadi merupakan sebuah menara air yang memiliki fungsi sangat penting dan sangat dibutuhkan oleh Warga kota Medan. Menara ini merupakan peninggalan pada masa pemerintahan belanda dulu sekitar pada tahun 1908 yang berfungsi sebagai tempat penampungan air dan sampai saat ini masih berfungsi dan bermanfaat bagi warga kota Medan.

21.Wisata Pulau Samosir

Wisata Pulau Samosir

Pulau samosir merupakan sebuah pulau yang letaknya berada di tengah-tengah Danau Toba dengan berada pada ketinggian sekitar 1.000 meter dpl. Bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke pulau samosir, maka anda harus menyebrang dengan menggunakan kapal ferry atau anda juga dapat melakukan perjalanan melalui jalur darat. Setelah anda sampai di pulau samosir, maka anda dapat menikmati keindahan alam yang mempesona, mengenal sejarah, budaya dan juga anda dapat berwisata kuliner khas batak.

22. Wisata Bukit Gandaling

Wisata Bukit Gandaling

Untuk menuju kelokasi wisata Bukit Gundaling, anda harus melakukan perjalanan dengan menggunakan kendaraan sekitar 60 km dari Pusat Kota Medan. Lokasinya yang tepat berada di pinggir kota Berastagi dengan ketinggian sekitar 1.500 meter dpl, sehingga suhunya lumayan dingin namun sangat menyegarkan. Namun rasa dingin akan terobati dengan menikmati pemandangan yang sangat indah pada dua buah gunung api yang dapat anda lihat di atas puncak Bukit Gundaling.

23.Wisata Danau Siombak

Wisata Danau Siombak

Di sumatera utara juga anda dapat menjumpai sebuah danau yang luasnya sekitar 40 hektar, lokasi danau terletak di Desa Paya Pasir, Medan. Lokasi wisata danau Siombak ini sering dikunjungi oleh warga medan pada akhir pekan, kebanyakan dari mereka datang ke danau ini untuk memancing. Tidak hanya itu, dilokasi danau juga terdapat berbagai jenis permainanair, sehingga sangat cocok juga untuk dijadikan sebagai tempat wisata keluarga.

24.Wisata Air Terjun Sigura-gura

Wisata Air Terjun Sigura-gura

Wisata air terjun ini terletak di kabupaten Toba Samosir, ketinggian air terjun ini mencapai 250 meter dan termasuk kedalam daftar salah satu air terjun tertinggi di Indonesia. Letak air terjun Sigura-gura sangat berdekatan dengan lokasi Danau Toba, maka tak heran jika lokasi ini selalu ramai dikunjungi para wisatawan yang sedang berkunjung ke Danau Toba.

25.Wisata Pantai Lagundri dan Pantai Saroke

Wisata Pantai Lagundri dan Pantai Saroke

Pantai Lagundri dan juga Pantai Saroke merupakan kawasan wisata pantai yang masih berada pada satu garis dengan pantai yang ada di kecamatan Teluk Dalam. Kedua pantai ini merupakan pantai yang sudah sangat terkenal keberbagai penjuru dunia, karena ombak di pantai tersebut sangat besar dan menjadi salah satu tepat favorit bagi para turis dan warga lokasl yang suka bermain selancar. Bagi pengujung yang ingin belajar berselancar, anda dapat menyewa jasa pelatih yang ada di sekitar pantai. Bagi anda yang ingin menginap dan menikmati keindahan pantai di malam hari, dilokasi sepanjang kawasan pantai banyak penginapan yang dapat anda sewa dengan harga yang bervariasi.

Bagaimana, apakah anda tertarik untuk pergi liburan tahun ini ke provinsi Sumatera Utara? Demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan mengenai 25 tempat wisata di sumatera utara yang menarik, semoga apa yang telah saya sampaikan dapat memberikan manfaat dan pengetahuan bagi kita semua.
Sampai jumpa lagi dan selamat berlibur…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *