10 Tempat Wisata di Sukabumi yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Sukabumi yang Wajib Dikunjungi – Sukabumi merupakan sebuah kota yang berada di provinsi Jawa Barat, kota ini sangat terkenal dengan berbagai tempat wisatanya yang sangat menarik dan selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan dari berbagai kota di Jawa Barat dan Jakarta. Kota sukabumi hanya berjarak sekitar 120 km dari ibu kota jakarta, sehingga setiap akhir pekan dan musim liburan sukabumi menjadi pilihan tempat wisata bagi warga Ibu Kota jakarta.

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sedikit informasi mengenai 10 tempat wisata di sukabumi yang wajib dikunjungi, simak informasi lengkapnya berikut ini.

1.Wisata Pantai Cibangban

Wisata Pantai Cibangban

Salah satu pantai yang ada di sukabumi ini memang terkenal dengan ombaknya yang sangat tenang jika dibandingkan dengan Pantai Pelabuhan Ratu yang juga merupakan salah satu pantai yang ada di Sukabumi. Lokasi pantai ini berjarak sekitar 10 km dari pantai Pelabuhan Ratu, untuk menuju ke lokasi pantai Cibangban anda harus jalur jalan yang arahnya menuju ke Cisolok, perjalanan dapat menempuh waktu dengan kondisi normal selama 1 jam. Di lokasi pantai ini kegiatan yang paling menarik dan banyak di gemari para wisatawan yang berkunjung ke pantai ini yaitu berenang, sedangkan jika anda yang ingin menginap, anda tidak perlu bingun mencari hotel atau penginapan karena di kawasan pantai banyak terdapat hotel dan penginapan yang dapat anda sewa.

2.Wisata Sungai Citarik

Wisata Sungai Citarik

Sungai Citarik merupakan salah satu wisata alam yang populer di kota Sukabumi, para pengunjung dapat menikmati keindahan pantai dan juga melakukan kegiatan seperti Arung Jeram, Team Building, Paint Ball, Flying Fox dan masih banyak lagi kegiatan yang lainnya. Selain itu, tempat wisata ini juga sering dijadikan sebagai lokasi wisata keluarga.

3.Wisata Sungai Cicatih

Wisata Sungai Cicatih

Bagi anda yang memiliki jiwa petualang dan suka dengan tantangan, maka lokasi wisata ini sangat cocok untuk anda kunjungi. Sungai Cicatih ini memiliki karakteristik yang berbeda dengan sungai Citarik, karea arus di sungai ini terbilang sangat deras, lebih luas, jalurnya sangat panjang dan banyak terdapat tantangan yang memacu adrenalin anda, sehingga sungai Cicatih sangat cocok untuk dijadikan sebagai lokasi Arung Jeram.

4.Wisata Gua Buniayu

Wisata Gua Buniayu

Selain sungai Cicatih, lokasi yang dapat memacu adrenalin lainnya yang ada di Sukabumi yaitu Gua Buniayu. Selain memiliki tantangan yang sangat menarik, gua ini juga memiliki kedalaman yang sangat dalam dan dapat menguras banyak tenaga. Selain itu, lama perjalanan untuk menyusuri gua ini sekitar 5 jam, karena medan yang harys di lalui bukan sekedar jalan lurus melainkan harus melewati danau lumpur, mendaki tumpukan batu, mendaki tebing dan masih banyak lagi medan sulit lainnya yang harus anda lewati. Setelah anda mencapai tujuan akhir, maka rasa lelah pun akan terbayar lunas dengan menikmati keindahan alam yang tidak akan pernah anda lihat sebelumnya.

5.Wisata Pantai Ujung Genteng

Wisata Pantai Ujung Genteng

Pantai Ujung Genteng merupakan sebuah wisata pantai yang memiliki keharmonisan yang menyatu dengan alam, di kawasan pantai ini juga terdapat sebuah tempat penangkaran penyu hijau. Di pantai ini para pengunjung dapat menikmati keindahan pantai dengan pasir putihnya dan juga gulungan ombak yang mempesona. Sehingga lokasi wisata ini sangat cocok dikunjungi oleh anda yang ingin menghilangkan rasa penat yang menumpuk di kepala anda yang disebabkan rutinitas pekerjaan anda sehari-hari.
Pantai Ujung Genteng ini berlokasi sekitar 220 km dari Ibu Kota Jakarta yang tepatnya berada di kecamatan Ciracap, Sukabumi. Pantai ini sangat cocok bagi anda yang suka memacu adrenalin dengan melakukan kegiatan berselancar di atas gulungan ombak yang cukup tinggi dan menantang.

6.Wisata Pantai Cimaja

Wisata Pantai Cimaja

Pantai Cimaja merupakan sebuah tempat wisata yang baru-baru ini mulai terkenal dan ramai dikunjungi oleh para wisatawan, jaraknya sukup dekat dari kawasan wisata pantai Pelabuhan Ratu hanya berjarak sekitar 10 km saja. Lokasi wisata Pantai Cimaja ini terletak di Desa Cimaja, Sukabumi. Obyek wisata ini sangat terkenal akan keindahan pantai nya yang di sertai dengan gempuran ombak yang lumayan besar, sehingga lokasi pantai menjadi tampat favorit bagi mereka yang suka berselancar.

7.Wisata Taman Rekreasi Salabintana

Wisata Taman Rekreasi Salabintana

Taman rekreasi salabintana ini merupakan sebuah taman wisata yang menyuguhkan keindahan alam pegunungan yang hijau, di kawasan wisata ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk menunjang para wisatawan. Lokasi wisata ini sangat cocok untuk para keluarga yang ingin berpiknik di kawasan pegunungan yang sejuk dan asri, sehingga setiap akhir pekan dan musim liburan taman wisata ini selalu ramai dikunjungi para wisatawan dari berbagai kota di Jawa Barat. kegiatan menarik yang dapat dilakukan para pengunjung disini diantaranya yaitu Flying Fox, permainan ATV, wahana permainan anak, hutan lindung dan masih banyak lagi kegiatan yang lainnya.

8.Wisata Situ Gunung

Wisata Situ Gunung

Situ Gunung merupakan sebuah danau yang terletak di kecamatan Kadu Dampit, Sukabumi. Lokasinya berada di kawasan kaki Gunung Pangrango yang berjarak sekitar 16 km dari pusat kota Sukabumi. Di kawasan wisata Situ Gunung ini, para pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang sangat indah dan mempesona, maka tak heran jika lokasi ini merupakan lokasi favorit bagi para photographer Indonesia untuk mengambil gambar. Di lokasi Situ Gunung ini, anda dapat menikmati berbagai kegiatan menarik seperti berkemah, piknik, memancing, naik perahu dan masih banyak lagi kegiatan menarik lainnya.

9.Wisata Kampung Ciptagelar

Wisata Kampung Ciptagelar

Kampung Ciptagelar merupakan sebuah perkampungan yang berada di kecamatan Cisolok, Sukabumi. Kampung ini sudah berumur lebih dari 650 tahun, di kampung ini memiliki adat istiadat yang sudah turun temurun, sehingga anda akan mendapatkan sebuah pengalaman yang sangat menarik dan tidak akan pernah anda lupakan jika berkunjung ke Kampung Ciptagelar ini.

10.Wisata Kawah Ratu

Wisata Kawah Ratu

Kawah Ratu merupakan sebuah kawah yang masih aktip hingga sekarang, kawah ini terletak di kawasan lereng Gunung Salak. Bagi anda yang suka berpetualang dan melakukan pendakian, maka lokasi ini sangat cocok untuk anda kunjungi. Hal ini dikarenakan, untuk menuju ke lokasi Kawah Ratu anda haru melakukan pendakian dengan menyusuri jalan setapak dengan lama perjalanan sekitar 3 jam. Bagi anda yang masih pemula, sebaiknya jangan melakukan pendakian di malam hari dan jangan lupa juga untuk membawa perlengkapan pendakian.

Nah, demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan mengenai 10 tempat wisata di sukabumi yang wajib dikunjungi. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan selamat berwisata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *