10 Tempat Wisata di Solo yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Solo yang Wajib Dikunjungi – Pernahkan anda peargi berkunjung ke kota Solo? Jika anda pernah berkunjung ke kota Solo, tidak pas rasanya jika anda melewatkan keseruan dan keindahan berbagai obyek wisata yang ada di kota Solo, Jawa tengah. Kota Solo juga dikenal dengan sebutan kota Surakarta, selain terkenal akan wisata kuliner nya yang khas, kota solo juga terkenal dengan tempat-tempat wisata nya yang selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Mau tahu tempat wisata mana saja yang menarik untuk dikunjungi?

Berikut ini merupakan 10 tempat wisata di solo yang wajib dikunjungi, simak informasi lengkapnya berikut ini.

1.Wisata Grojogan Sewu Tawangmangu

Wisata Grojogan Sewu Tawangmangu

Tempat wisata Grojogan Sewu Tawangmangu ini merupakan salah satu obyek wisata yang sangat terkenal dan popular di kota solo, setiap waktu liburan lokasi wisata ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan lokal dari berbagai kota di Indonesia terutama warga Bandung dan Jakarta. Lokasi wisata ini terletak di sisi bagian barat gunung lawu, pemandangan alam yang indah membuat banyak orang suka dengan tempat ini. Di lokasi wisata grojogan sewu tawangmangu terdapat sebuah air terjun yang sangat indah dan menyimpan banyak misteri. Lokasi air tejun ini hanya berjarak sekitar 37 km dari bagian timur kota solo, lebih tepatnya lokasi wisata ini terletak di Kabupaten Karanganyar dan untuk masuk ke lokasi air terjun pengunjung di kenakan harga tiket sekitar 18 untuk setiap orangnya.

2.Wisata Pandawa Water World Solo Baru

Wisata Pandawa Water World Solo Baru

Obyek wisata ini merupakan tempat wisata yang sangat cocok sebagai tempat wisata keluarga, karena di lokasi wisata merupakan sebuah lokasi wisata air dan merupakan salah satu wisata yang paling popular di kota solo. Pandawa Water Worl terletak di Solo Baru, di sini anda dan keluarga dapat menikmati berbagai wahana permainan air yang cocok untuk semua umur. Untuk masuk kelokasi wisata ini pra pengunjung akan dikenakan tarif tiket masuk sebesar 50.000 rupiah untuk hari kerja dari senin sampai hari jum`at, sedangkan untuk hari libur seperti hari sabutu, minggu dan hari libur nasional harga tiketnya naik sebesar 100.000 rupiah untuk setiap orangnya.

3.Wisata Taman Balekambang

Wisata Taman Balekambang

Taman balekambang merupakan sebuah obyek wisata yang sangat cocok untuk mengisi waktu liburan bersama keluarga dan anak-anak, sehingga mereka dapat bermain sambil belajar karena dilokasi taman ini juga terdapat lokasi yang banyak menyediakan koleksi berbagai jenis tanaman langka. Taman wisata ini memiliki dua bagian yang diantaranya yaitu Taman Air Partini dan Hutan Partinah, sedangkan lokasi keberadaan taman wisata ini terletak di Jalan Ahmad Yani dengan luas taman sekitar 10 hektar.

4.Keraton Surakarta

Keraton Surakarta

Bagi anda dan anak-anak yang ingin belajar mengenal sejarah kota Solo, anda dapat mengunjungi keraton Surakarta ini. Karena di keraton ini para pengunjung dapat mengenal dan mempelajari berbagai koleksi benda-benda kuno peninggalan jaman dulu yang salah satunya yaitu Kereta Kencana dan pengunjung juga dapat berfoto dengan para prajurit yang menjaga keraton Surakarta ini. Harga tiket masuknya pun sangat murah, para pengunjung hanya akan dikenakan harga tiket masuk sebesar 10.000 rupiah saja.

5.Wisata Tugu Lilin

Wisata Tugu Lilin

Tugu Lilin merupakan sebuah monumen nasional yang memperingati 25 tahun masa berdirinya Boedi Oetomo. Monumen dengan bentuk lilin menyala ini melambangkan sebuah pengabdian dan juga semangat perjuangan dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia. Tugu Lilin ini berdiri di Jalan Dr. Wahidin Sudiro Husodo, dilokasi ini selalu ramai dengan para pengunjung yang ingin berfoto di monumen nasional ini.

6.Wisata Air Terjun Jumog

Wisata Air Terjun Jumog

Lokasi wisata Air Terjun Jumog merupakan salah satu wisata alam yang sangat terkenal di kota Solo, untuk menuju ke tempat wisata alami ini hanya berjarak 40 km dari pusat kota Solo dan keindahan alamnya tidak kalah dengan Air Terjun Grojongan Sewu Tawangmangu. Untuk masuk kelokasi wisata para pengunjung hanya dikenakan harga tiket sebesar 5.000 rupiah saja, sehingga pada hari libur lokasi wisata ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan lokal dan juga luar kota.

7.Wisata Taman Sriwedari

Wisata Taman Sriwedari

Taman Sriwedari merupakan sebuah taman wisata yang terletak di Kecamatan Lawiyan dan di lokasi ini memiliki nilai sejarah. Pada jaman dahulu, lokasi taman sriwedari ini dijadikan sebagi taman wisata bagi keluarga kerajaan. Selain itu, ditaman ini terdapat sebuah gedung pertunjukan wayang orang Sriwedari yang selalu mengadakan sebuah pertunjukan wayang yang menceritakan kisah Ramayana dan Mahabarata.

8.Wisata Kampung Batik Kauman

Wisata Kampung Batik Kauman

Di kota Solo terdapat sebuah kampung yang bernama Kampung Batik Kauman, di lokasi ini dikategorikan sebagai lokasi wisata belanja. Kampung batik merupakan sebuah pusat pengrajin kain batik yang terkenal dan bahkan sudah sangat terkenal keberbagai Negara di dunia. Lokasi kampung batik berada dekat dengan Keraton Kasunan Surakarta yang tepatnya berada di pusat Kota Solo. Jenis batik nya pun sangat beragam dan rata-rata memiliki warna yang sedikit gelap dengan corak dan motif yang modern. Untuk harga dari kain batik disini sangat beragam mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

9.Pasar klewer

Pasar klewer

Pasar klewer merupakan sebuah pusat pertokoan tekstil terbesar di kota Solo yang terdiri lebih dari sekitar 2.000 para pedagang, lokasi pertokoan ini tepat berada di sebelah alun-alun kota Solo, Jawa Tengah. Di pertokoan ini terdapat berbagai jenis kain batik mulai dari batik hasil para pengrajin dalam negeri sampai dengan jenis kain batik buatan luar negeri tersedia disini. Selain itu, di pasar klewer juga menjual berbagai jenis pakaian mulai dari pakaian sekolah, kaos, jaket dan juga jasa jahit, sehingga para pengunjung dapat memesan langsung pakaian yang di di inginkan.

10.Wisata Museum Manusia Purba Sangiran

Wisata Museum Manusia Purba Sangiran

Museum ini berbeda dengan museum lain yang ada di kota solo, museum ini merupakan sebuah museum yang mengkoleksi berbagai jenis posil manusia purba pada jaman purba dulu. Beberapa diantara fosil manusia purba yang ada di sini ada yang sudah berumur sekitar 200.000 tahun sampai dengan 2 juta tahun. Jumlah koleksi fosil disini terdapat sekitar 13.000 lebih jenis fosil, selain dari jenis fosil manusia juga ada berbagai jenis fosil hewan purba, tumbuhan dan juga berbagai jenis alat-alat yang pernah digunakan pada jaman itu. Museum Sangiran merupakan sebuah museum paling lengkap di Asia Tenggara, para pengunjung aka mendapatkan banyak sekali pelajaran mengenai jaman purba di museum ini.

Apakah anda tertarik untuk berkunjung ke kota Solo?
Demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan mengenai 10 tempat wisata di solo yang wajib dikunjungi, semoga informasi diatas dapat memberikan manfaat untuk anda dan sampai jumpa.

Demikian ulasan mengenai 10 Tempat Wisata di Solo yang Wajib Dikunjungi yang dapat sobat baca dan simak di Wisata Kita! Semoga dengan adanya informasi bermanfaat. Selalu kunjungi blog Wisata Kita untuk mendapakan Menyediakan kumpulan informasi tentang objek tempat wisata secara lengkap.