10 Tempat Wisata di Pontianak yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Pontianak yang Wajib Dikunjungi – Kota pontianak sejajar dengan garis khatulistiwa yang sangat terkenal yang merupakan salah satu kawasan wilayah dunia yang membagi bumi menjadi dua bagian (utara dan selatan). Selain itu juga di tepat di garis tersebut di bangun sebuah tugu.

Selain berada dalam garis khatulistiwa kota tersebut juga di lalui dua sungai (sungai Kapuas dan sungai landak) yang tergambar dalam logo kota tersbeut. Ternyata tak sampai disini saja kota pontianak juga memiliki beberapa tempat wisata yang menarik dan unik. Nah, berikut ini merupakan 10 tempat wiasata di Pontianak ang wajib di kunjungi cekidot.

1.Keraton Kadriah

Keraton Kadriah

Bangunan keraton ini terletak dijalan tritura, Pontianak yang dibangun oleh sultan syarif Abdurrahman alqadrie pada tahun 1771 yang merupakan seorang sultan pertama di Pontianak. Bangunan keraton tersebut di bangun menggunakan kayu berlin yang mendominasi bangunan oleh warna kuning. Mengapa Kayu berlin, karena kayu berlin dikenal sebagai kayu besi karena kekuatannya. Keunikan tempat wisata ini terletak di dalam bangunan yaitu terdapatnya sebuah Al-quran tulisan yang merupakan tulisan tangan dari sultan syarif Abdurrahman alqadrie. Selain itu juga di tempat ini juga terdapat singgsana sultan serta permasuri beserta dengan foto-foto, pakaian sultan serta berbagai koleksi sultan tersebut. Di halaman keraton ini terdapat sebuah meriam kuno yang merupakan sebuah peninggalan jepang dan portugis.

2.Makam Kesultanan Batulayang

Makam Kesultanan Batulayang

Merupakan sebuah kawasan wisata yang berupa komplek pemakaman dari tujuh sultan pontiakan beserta keluarganya. Keunikan dari tempat ini yaitu pintu masuk untuk penziarah di buat rendah hal ini di karenakan sebagai penghormatan pada sultan saat memasuki bangunan tersebut. Tempat wisata ini berada sekitar 2 km dari tugu khatulistiwa. Di luar komplek anda dapat melihat batu yang di warnai hijau atau yang disebut denga batulayang.

3.Masjid Jami Pontianak

Masjid Jami Pontianak

Masjid jami atau di kenal juga dengan sebutan masjid sultan syarif Abdurrahman, terletak sekitar 200 meter dari keraton kadriah. Mesjid jami ini memiliki atap mesjid yang bertingkat empat yang didalam bangunan tersebut terdapat empat pilar utama tang terbuat dari kayu belian. Bangunan mesjid tersbut di buat dengan gaya rumah panggung yang dapat menampung 1.500 orang jamaah. Bangunan masjid sengaja di buat panggung, hal ini untuk menghindarkan banjir dari luapan sungai Kapuas saat hujan. Berada di sisi pintu masuk masjid terdapat pasar tradisional dimana pengunung dapat membeli secara ikan yang masih segar hasil tangkapan dari sungai Kapuas.

4.Tugu Khatulistiwa

Tugu Khatulistiwa

Tugu tersebut menjadi kebanggan dari kota Pontianak sendiri yang terletak sekitar 3 km dari pusat kota, dengan tugu utama yang terdiri dari empat pilar kayu belian serta dua pilar bagian belakang yang lebih tinggi dari pilar depan. Diantara kedua pilar tersebut terdapat tulisan yaitu “EVENAAR”. Di kawasan tugu ini terdapat sebuah museum yang berisi mengenai garis imajinasi bumi. Selian museum pengunjung juga dapat membeli oleh-oleh di toko souvenir dikawasan tersebut yang menjual berbagai asesories serta miniature tugu khatulistiwa. Jika ingin melihat fenomena alam, yaitu dimana matahari berada tepat diatas garis khatulistiwa sehingga membuat semua benda yang berada tepat diatas garis tersbeut tidak memiliki bayangan. Penomena alam tersbeut terjadi pada tanggal 21 sampai 23 mater / 21 sampai 23 september.

5.Rumah Betang Radakng

Rumah Betang Radakng

Merupakan sebuah tempat wisata yang berupa rumah betang radankng yaitu replika dari rumah adat suku dayak di Kalimantan barat. Rumah dengan panjang 183 meter, lebar 5 meter serta tinggi 7 meter ini dibangun oleh pemerintah kota sekaligus meraih rekor sebagai rumah adat terpanjang di Indonesia yang berlokasi di jalan sultan syahrir, kota baru Pontianak.

Keunikan dari rumah adat tersebut yaitu berbentuk panggung yang panjang, kenapa panjang? Karena suku dayak memilik hidup bersama semua anggota keluargnya di satu rumah, jadi semakin banyak anggota keluarga yang tinggal maka semakin panjang rumah adat tersebut. Rumah adat ini memiliki tiga bagian yaitu teras (pante), ruang selaras berfungsi sebagai ruang untuk berkumpul dengan semua anggota keluarga dan yang ketiga yaitu ruang tidur atau bilik berfungsi sebagai ruang pribadi dari setiap kepala rumah tangga atau keluarga.

Rumah adat yang di buat oleh pemerintah kota tersebut terbuat dari bahan kayu ulin yang di hiasi oleh ukiran serta lukisan khas suku dayak. Rumah adat ini, sesekali atau pada saat-saat tertentu sering dijadikan sebagai tempat untuk latihan menari atau pertunjukan kesenian lainnya.

6.Taman Alun-Alun Kapuas

Taman Alun-Alun Kapuas

Sungai Kapuas merupakan salah satu jalur yang di gunakan sebagai transportasi air yang tidak dapat pisahkan dari kehidupan masyarakat Pontianak. Selain menjadi jalur transportasi, tepian sungai Kapuas juga di manfaat sebagai taman rekreasi keluarga yang berada ditepat di depan kantor walikota. Tempat ini menjadi semakin ramai atau banyak di kunjungi pada sore hari dan malam hari yang berdiri diatas lahan seluas 3 hektar. Di taman alun-alun Kapuas tepat di salah satu sudut taman terdapat replika tugu khatulistiwa. Di tempat ini juga terdapat bangku-bangku yang dapat di gunakan untuk bersantai sekaligus menimati berbagai jajan kuliner.

7.Aloe Vera Center

Aloe Vera Center

Terletak di jalan budi utomo, sinatan hulu Pontianak utara adalah kawasan wisata yang berupa sebuah tempat budidaya tanaman lidah buaya. Di mana di tempat ini pengunjung dapat melihat dan menemukan tanaman lidah buaya dengan ukuran besar atau raksasa yang dapat mebncapai berat sekitar 1,2 kg. Tak hanya itu saja para pengunjung juga dapat melihat secara langsung proses pengolahan tanaman lidah buaya yang diolah menjadi berbagai makanan seperti permen, dodol, minuman, tepung. Selain dijadikan sebagai olahan makanan, tanaman lidah buaya juga dapat dioleh menjadi produk perawatan kecantikan yang dapat anda beli dan bawa pulang.

8.Pantai Pasir Panjang

Pantai Pasir Panjang

Pantai dengan air jernih kebiruan, hamparan pasir putih serta deretan pohon kelapa menambah keasrian suasana khas pantai yang terletak di kecamatan tujuhbelas atau sekitar 17 km dari kota singkawang. Kegiatan yang dapat dilakukan di pantai ini seperti voli, memancing, berselancar dan berenang. Pantai pasir panjang juga di lengkapi dengan fasilitas yang lengkap seperti hotel, restoran, toko souvenir atau oleh-oleh , cottage sampai tempat hiburan malam atau diskotik. Memasuki kawasan pantai anda akan di kenakan tiket masuk sebesar Rp. 10.000 / orang.

9.Sinka Island Park

Sinka Island Park

Merupakan sebuah taman rekreasi terpadu yang berada di teluk Ma’jantuh, singkawang. Di tempat ini terdapat tempat wisata berupa kebun bintang, kolam renang. Di kebun bitang ini sinka terdapat 200 ekor bintang yang terdiri dari 62 spesies, harga tiket masuk ke kebun bintang ini Rp. 10.000. namuj jika hanya ingin sekedar menikmati panora pantai, maka anda dapat singgah ke pantai banjau dengan harga tiket masuk Rp. 20.000 / Orang.

10.Museum Kalimantan Barat

Museum Kalimantan Barat

Sering juga disebut dengan naman negeri Pontianak yang berada di jalan jendral sudirman ahmad yani, Pontianak. Museum ini memiliki berbagai koleksi seperti artepak, benda-bneda kerajaan dll. Tempat wisata ini buka dari hari selasa sampai minggu.

Semoga informasi ke 10 tempat wisata Pontianak yang wajib di kunjungi dapat bermanfaat.

Demikian ulasan mengenai 10 Tempat Wisata di Pontianak yang Wajib Dikunjungi yang dapat sobat baca dan simak di Wisata Kita! Semoga dengan adanya informasi bermanfaat. Selalu kunjungi blog Wisata Kita untuk mendapakan Menyediakan kumpulan informasi tentang objek tempat wisata secara lengkap.