Keindahan Pesona Alam Tempat Wisata di Medan

Tempat wisata di Medan yang paling terkenal ialah Danau Toba. Danau Toba terbilang unik karena Danau Toba merupakan satu-satunya danau yang memiliki pulau yang berada di tengah-tengahnya. Inilah yang menjadikan Danau Toba terkenal tidak hanya di Indonesia saja, tetapi juga terkenal hingga mancanegara. Selain itu, Danau Toba merupakan danau terbesar di Asia Tenggara. Ditambah dengan keberadaan Pulau Samosir yang merupakan sebuah misteri yang melegenda yang hidup dalam kehidupan masyarakat di sekitar Danau Toba. Cerita rakyat setempat menyebutkan bahwa Danau Toba terbentuk karena kemarahan seorang istri terhadap suaminya yang telah melanggar janji pernikahannya. Karena kemarahanya itulah ia mengutuk daerah tempat tinggalnya sehingga muncul mata air yang akhirnya membentuk sebuah danau. Kini, cerita rakyat tersebut menjadi cerita yang tetap dilestarikan meskipun pada kenyataanya terbentuknya Danau Toba dan Pulau Samosir yang berada di tengah danau pada dasarnya merupakan akibat dari aktivitas vulkanik bumi.

Tempat Wisata di Medan

Tempat wisata di Medan

Wilayah Sumatera Utara merupakan daerah yang sebagian besarnya adalah dataran tinggi. Bukit-bukit yang menghiasi provinsi Sumatera Utara membuat iklim kota Medan terasa sejuk dan mempunyai curah hujan yang tinggi. Hal ini menyebabkan kota Medan mempunyai tanah yang subur dan cocok untuk pertanian. Seperti salah satu tempat wisata di Medan yang terkenal dengan kualitas beras yang bermutu tinggi yaitu Brastagi. Tempat wisata di Medan ini memberikan pemandangan yang menakjubkan dari atas bukit. Ditambah dengan hasil pertanian yang melimpah, membuat Brastagi menjadi andalan tempat wisata di Medan yang wajib dikunjungi. Selain beras, hasil pertanian lain seperti markisa, durian, bahkan kopi Medan telah menjadi komoditi yang menggerakan perekonomian masyarakat Medan.

Tempat wisata di Medan juga menyimpan potensi alam yang menakjubkan, seperti obyek wisata di daerah Silau Kahean. Banyak orang memberikan julukan obyek wisata Salju Panas Tinggi Raja kepada obyek wisata Silau Kahean. Bongkahan putih yang memang berbentuk menyerupai salju namun berhawa panas tersebut merupakan sebuah daerah pegunungan yang dialiri belerang atau sulfur, sehingga setelah sekian lama dialiri sulfur, endapan berbentuk putih tersebut terlihat seperti bongkahan besar salju. Lumut yang tumbuh disekitar aliran sulfur dan cahaya matahari yang memantul membuat gradasi warna hijau dan biru terpancar dari aliran sulfur tersebut, menjadi nilai tersendiri bagi wisatawan yang ingin menikmati alam. Apalagi obyek wisata Salju Panas Tinggi raja merupakan tempat wisata di Medan yang belum begitu terkenal namun layak untuk tetap dikunjungi.

Tak lengkap rasanya jika kita berlibur ke tempat wisata di Medan jika kita tidak mencoba makanan khas kota Medan. Masyarakat yang diyakini masih satu rumpun dengan suku melayu Malaysia menambah keanekaragaman masakan yang disajikan. Bika Ambon, Sirup Markisa, Pancake Durian, Lamang menjadi makanan yang wajib dicoba jika mengunjungi tempat wisata di Medan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *