10 Tempat Wisata di Jawa Timur Yang Wajib Dikunjungi

10 tempat wisata di jawa timur yang wajib dikunjungi: Jawa timur merupakan bagian dari pulau jawa yang terletak di bagian timur. Ibu kota jawa timur yaitu Surabaya, provinsi jawa timur sendiri merupakan provinsi yang memiliki luas kawasan terbesar di provinsi lain yang ada di pulau jawa.

Jawa timur terkenal akan kekayaan keindahan alamnya, maka tak heran jika jawa timur memiliki banyak sekali tempat wisata yang banyak di kunjungi oleh para wisatawan baik lokal ataupun asing. Nah, bagi ada yang belum tahu tempat wisata apa saja yang terkenal dan banyak dikunjungi di jawa timur? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Tempat Wisata di Jawa Timur

  1. Wisata Gunung Bromo

Objek Wisata Gunung Bromo

Kawasan wisata Gunung Bromo adalah lokasi yang sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan dari mancanegara dan juga warga lokal, ini dikarenakan di kawasan wisata yang satu ini para wisatawan dapat menikmati keindahan alam pegunungan gunung berapi yang masih aktip. Keindahan alam di puncak gunung bromo sudah terkenal di berbagai Negara di dunia, sehingga Gunung Bromo merupakan kawasan wisata alam yang paling popular di Jawa Timur.

Kawasan wisata Gunung Bromo terletak di 4 titik diantaranya yaitu Pasuruan, Lumajang, Kabupaten Malang dan Probolinggo. Dilokasi wisata ini sangat cocok bagi para wisatawan yang suka melakukan pendakian, selain itu juga di sini para pengunjung dapat menikmati berbagai kegiatan yang seru seperti berkuda, menikmati keindahan pada saat terbitnya matahari pagi dan juga berjalan-jalan menyusuri padang pasir di kawasan puncak Gunung Bromo.

  1. Obyek Wisata Jawa Timur Park

Jawa Timur Park terletak di Kota Baru, lokasi ini merupakan sebuah kawasan taman rekreasi dan sekaligus tempat belajar yang sangat luas dan terdapat berbagai fasilitas yang cukup lengkap. Untuk menuju ke lokasi wisata ini dapat ditempuh dengan jarak sekitar 20 km dari pusat kota Malang. Jawa Timur Park merupakan obyek wisata yang memiliki lebih dari 36 wahana permainan yang menarik, lokasi wisata ini sangat popular dan bahkan telah menjadi ikon wisata provinsi Jawa Timur. Selain itu, Jawa Timur Park telah mendapatkan sebuah penghargaan sebagai kawasan wisata nasional yang paling popular di pulau jawa dari menteri pariwisata.

  1. Obyek Wisata Pantai Balekambang

Pantai Balekambang merupakan sebuah pantai yang sangat terkenal akan keindahan pantai dan juga pura yang terletak di bagian atas pulau karang yang berada di pinggir pantai. Untuk menuju kelokasi wisata pantai ini hanya berjarak sekitar 45 km dari selatan Kota Malang, Obyek wisata Pantai Balekambang ini selalu ramai dkunjungi oleh para wisatawan terutama bagi para wisatawan lokal yang berada di sekitaran kota malang dan sekitarnya.

Hal yang menarik pada pantai ini yaitu pada ombak pantainya yang sangat besar dan juga arus air lautnya yang sangat kuat,  sehingga sangat cocok bagi anda yang suka dengan tantangan dan bermain selancar. Namun sayang, untuk menuju kelokasi ini akses jalannya kurang bagitu baik dan dapat mengurangi kenyamanan dalam berkendara.

  1. Obyek Wisata Telaga Sarangan

Obyek wisata yang satu ini merupakan jenis wisata yang memiliki keindahan pada sebuah danau yang terbentuk secara alami, lokasi danau ini berada di kaki Gunung Lawi, Tawa Timur. Luas dari Danau Sarangan ini yaitu sekitar 30 hektar dan memiliki kedalaman danau sekitar 28 meter. Di kawasan wisata ini terdapat berbagai fasilitas seperti penginapan, wisata kuliner, wisata belanja, aneka wahana permainan anak, taman bermain, tempat ibadah dan masih banyak lagi yang lainnya. Lokasi wisata Talaga Sarangan berjarak sekitar 16 km dari pusat kota Magetan, kegiatan yang paling popular di kawasan obyek wisata ini yaitu berkuda, memancing dan menikmati keindahan laut dengan berkeliling menggunakan perahu.

  1. Obyek Wisata Pantai Situbondo

Pantai ini sangat terkenal akan keindahan pasir putihnya yang bersih dan terhampar luas di sepanjang pesisir pantai dan juga kejernihan airnya. Selain itu, di pinggir pantai terdapat kawasan hutan yang lebat dan indah. Maka tak heran jika lokasi wisata ini sangat terkenal dan banyak dikunjungi para wisatawan. Lokasi pantai ini terletak di kabupaten Situbondo, untuk menuju ke lokasi ini para pengunjung dapat menempuh perjalanan dari pusat kota Surabaya dengan lama perjalanan sekitar 4 jam.

  1. Obyek Wisata Pantai Kondang Iwak

Pantai yang satu ini memang tidak sepopular dan terkenal dengan pantai-pantai lain yang ada di Jawa Timur, tetapi lokasi ini wajib untuk anda kunjungi karena memiliki daya tarik tersendiri dan berbeda dengan lokasi pantai lainnya. Hembusan ombak dan arus yang sangat kuat menjadi daya tarik dari pantai Kondang Iwak, di lokasi ini sangat sepi dan masih jarang dikunjungi oleh para wisatawan sehingga masih sangat alami dan asri. Jika anda berkunjung ke pantai ini, anda hanya akan menemukan para aktivis masyarakat sekitar yang sering melakukan kegiatan memancing ikan di kawasan pantai.

  1. Wisata Air Terjun Coran Rondo

Lokasi dari obyek wisata air tejun ini terletak di kecamatan Pujon, ketinggian dari air terjun Coran Rondo mencapai 84 meter dan berada pada 1135 meter dpl. Untuk menuju kelokasi air terjun hanya berjarak sekitar 25 km dari pusat kota Malang, lokasi wisata ini merupakan salah satu lokasi wisata paling popular dan merupakan lokasi yang sering dikunjungi oleh para wisatawan lokal. Para pengunjung dapat menikmati keindahan alam yang sangat menakjubkan, sedangkan untuk masuk ke lokasi wisata ini para pengunjung hanya cukup membayar tiket masuk 10.000 rupiah saja untuk satu orang.

  1. Wisata Pemandian Air Panas Cangar

Lokasi wisata pemandian air panas yang ada di jawa timur yang paling terkenal yaitu pemandian air panas Cangar dan untuk menuju kelokasi ini hanya berjarak sekitar 20 km dari pusat Kota Batu. Sumber air panas yang dihasilkan asli dari bumi, sehingga akan tercium aroma belerang yang terkandung di dalam air. Dilokasi pemandian terdapat beberapa jenis kolam yang terdiri dari kolam dan kamar, kolam khusus wanita dan tertutup, kolam besar dan juga kolam kecil. Bagi para pengunjung yang mencari wisata kuliner di lokasi pemandian, anda dapat menikmati aneka makanan yang merupakan makanan khas dari daerah setempat seperti tape beras ketan hitan yang enak dan lezat.

  1. Wisata Goa Maharani Lamongan

Lokasi goa maharani lamongan merupakan sebuah obyek wisata Goa yang sangat menarik untuk dikunjungi, karena dilokasi ini menawarkan keindahan alam bawah tanahnya yang terdapat dengan stalaktit dan juga stalakmit yang proses pembentukannya terjadi disebabkan oleh tetesan air yang menempel pada bagian langit-langit dalam gua sehingga terlihat sangat indah dan ditambah lagi dengan berbagai jenis batuan yang unik menambahkan pesona keindahan alam yang sangat menakjubkan. Sedangkan untuk ukuran dari Gua Maharani Lamongan ini memiliki ukuran sekitar 2.500 m², lokasi goa ini pertama ditemukan oleh seorang penggali tanah dan lokasinya terletak di kecamatan Paciran.

  1. Wisata Pantai Sendang Biru dan Pulau Sempu

Wisata pantai sendang biru merupakan sebuah pantai yang memiliki keindahan pada air lautnya yang sangat tenang, sehingga sangat cocok untuk para wisatawan yang suka ber snorkeling, diving dan berenang disekitar bibir pantai. Lokasi panti Sendang Biru ini berlokasi sekitar 30 km dari pusat Kota Malang, air laut yang begitu tenang disebabkan karena adanya sebuah pulau yang terletak tidak jauh dari pantai ini yang bernama pulau sempu. Bagi para pengunjung yang ingin menginjakan kaki di pulau sempua, para pengunjung dapat menggunakan perahu untuk menyebrang dari pantai Sendang Biru.

Nah, bagaimana apakah anda tertarik untuk mengunjungi salah satu dari 10 tempat wisata di jawa timur yang wajib dikunjungi.

Demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat dan selamat berlibur…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.