Tempat Wisata Di Jakarta Timur Selain Mall

Bagi para warga Jakarta dan sekitarnya yang tidak memiliki banyak waktu untuk pergi berlibur besama keluarga ataupun teman-teman, anda tidak perlu jauh-jauh untuk pergi berwisata karena di sekitar Jakarta juga banyak tempat wisata yang menarik untuk di kunjungi. Anda dapat mengunjungi beberapa tempat wisata yang ada di Jakarta Timur, selain dekat tentunya anda juga dapat lebih menghemat uang dan waktu.

Lalu, tempat wisata apa saja yang ada di Jakarta Timur?

Berikut daftar 7 tempat wisata di Jakarta Timur selain Mall, diantaranya yaitu :

1.Kawasan Wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Kawasan Wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Taman Mini Indonesia Indah atau lebih dikenal dengan singkatan TMII ini merupakan sebuah tempat wisata paling popular di kawasan Jakarta Timur. Taman wisata ini dibangun diatas lahan seluas 150 hektar yang bertemakan tentang kebudayaan Indonesia, selain berwisata anda dapat mengenal dan mempelajari beragam kebudayaan yang ada di Indonesia hanya dalam satu tempat.

Di kawasan wisata TMII ini anda dapat menjumpai berbagai jenis kebudayaan mulai dari rumah adat, tempat ibadah, pakaian adat, tarian adat dan berbagai jenis kebudayaan lainnya yang ada di berbagai daerah dan provinsi di Indonesia. Selain itu, di kawasan wisata Taman Mini Indonesia Indah ini pun anda dapat menjumpai berbagai miniature dan juga beberapa bangunan museum yang memiliki koleksi yang berbeda seperti museum serangga, museum listrik, museum tranportasi, museum olahraga dan masih banyak lagi museum-museum lainnya yang menarik untuk anda kunjungi. Selain terdapat berbagai tempat yang bertemakan kebudayaan Indonesia, di TMII juga menawarkan sarana rekreasi yang sangat menyenangkan seperti istana anak Indonesia, snowbay waterpark, kereta gantung, teater keong mas dan masih banyak lagi sarana rekreasi lainnya yang tidak kalah menyenangkan. Jika berkunjung ke kawasan wisata TMII, sebaiknya anda tidak melewatkan untuk mengunjungi kawasan wisata taman yang memiliki berbagai jenis taman yang menarik untuk dikunjungi seperti taman Burung, taman kaktus, taman anggrek, taman buaya dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sungguh lengkap dan menarik bukan, sarana yang ada di Taman Mini Indonesia Indah ini?

2.Kawasan wisata Telaga Arwana Cibubur (TAC)

Kawasan wisata Telaga Arwana Cibubur (TAC)

Telaga Warna Cibubur merupakan sebauh kawasan wisata rekreasi dan juga edukasi yang sangat menarik untuk dikunjungi di akhir pekan anda, taman wisata ini berlokasi di Jalan Jambore, Cibubur, Jakarta Timur. Kawasan wisata Telaga Arwana ini memang tidak terlalu terkenal karena lokasinya yang berada di dalam, tetapi ternyata kawasan wisata ini sangat menarik dan menyenangkan untuk dijadikan sebagai tempat rekreasi bagi keluarga. Dilengkapi dengan sarana edukatif dan kreatif menjadikan tempat ini sangat cocok bagi kalangan anak-anak, untuk fasilitasnya sendiri dilengkapi dengan restoran yang memiliki suasana pedesaan yang asri dan sejuk, permainan menangkap ikan di kolam, kolam renang berbagai ukuran, kolam pemancingan, wahana permainan floating donut, wahana permainan ATV, flying fox, outbound, membajak sawah, rumah keramik dan masih banyak lagi wahana menarik lainnya yang tidak boleh anda lewatkan bersama keluarga.

3.Kawasan Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Cibubur

Kawasan Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Cibubur

Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Cibubur merupakan sebuah tempat wisata alam yang sangat cocok untuk anda kunjungi bersama dengan keluarga dan teman-teman, di kawasan wisata alam ini anda dapat melakukan berbagai kegiatan dan fasilitas menarik serta menyenangkan seperti bermain sepak bola, paintball, taman lalu lintas, kolam renang, permainan air di danau, memancing, berkemah, penginapan, toilet, air bersih, cafeteria, aula, mushola dan masih banyak lagi yang lainnya. kawasan wisata Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Cibubur yang memiliki luas area sekitar 210 hektar ini berlokasi di samping tol Jagorawi di KM 13, Jakarta Timur. Di tempat wisata ini memiliki pemandangan yang hijau, asri dan memiliki udara yang sangat sejuk. Maka tidak heran jika warga Jakarta dan sekitarnya menjadikan lokasi ini sebagai lokasi wisata favorit untuk berlibur di akhir pekan.

4.Kampung China Kota Wisata Cibubur

Kampung China Kota Wisata Cibubur

Kampung China Kota Wisata Cibubur merupakan sebuah kawasan kompleks perumahan yang memiliki luas lahan sekitar 8 hektar, di kawasan komplek ini selalu ramai dikunjungi oleh warga Jakarta dan sekitarnya karena terkenal memiliki berbagai fasilitas yang unik dan menarik. Fasilitas yang paling menarik dan ramai dikunjungi yaitu pada kawasan wisata belanjanya, tempat belanja disini berbeda dengan tempat-tempat belanja pada umumnya karena memilki keunikan dari suasananya yang mirip dengan suasana di negeri China. Aneka jenis barang yang dijual pun merupakan aneka jenis barang khas China yang dijual dengan harga yang sangat terjangkau. Selain itu, di kawasan wisata ini juga terdapat sebuah kawasan yang bernama Kampung Jepang, Kampung Eropa, Kampung Indonesia dan masih banyak lagi kampung lainnya namun yang paling menarik untuk dikunjungi yaitu Kampung China. Keseruan juga dapat terasa dengan adanya kawasan wisata rekreasi untuk anak-anak yang bernama Fantasy Land.

5.Bursa Batu Aji dan Batu Permata

Bursa Batu Aji dan Batu Permata

Bagi anda pecinta batu permata, disini merupakan sebuah pusat penjualan batu aji dan juga batu permata terbesar di Asia yang terdapat lebih dari 1.300 kios yang menjual aneka jenis batu permata. Di kawasan wisata belanja ini selalu ramai oleh para pengunjung dari warga lokal ataupun mancanegara yang sedang berburu batu aji ataupun batu permata, disini juga terdapat berbagai jenis batu akik yang berbentuk perhiasan seperti cincin, liontin, kalung dan sebagainya.

6.Monument Pancasila Sakti

Monument Pancasila Sakti

Monument Pancasila Sakti merupakan sebuah tempat wisata bersejarah yang lebih dikenal dengan sebutan Lubang Buaya, monument ini dibangun untuk mengenang G30S/PKI, sumur atau lubang buaya ini dahulunya pernah dijadikan sebagai tempat pembuangan janazah. Selain itu, disekitar monumen juga terdapat beberapa lokasi yang menarik untuk dikunjungi seperti museum pengkhianatan PKI, museum paseban, rumah penyiksaan, pos komando, ruang teater, dapur dan juga sebuah mobil yang pernah digunakan pada masa G30S/PKI. Disini pengunjung dapat mengenal sejarah G30S/PKI untuk menambah pengetahuan anda, untuk dapat masuk dan berkeliling di lokasi ini harus membayar tiket masuk sebesar 5.000 rupiah.

7.Cibubur Garden Dairy (Cibugary)

Cibubur Garden Dairy (Cibugary)

Cibubur Garden Dairy atau lebih dikenal dengan sebutan Cibugary merupakan sebuah kawasan wisata edukatif yang sangat menarik untuk dikunjungi terutama bagi kalangan anak-anak. Kegiatan menarik yang dapat dilakukan disini yaitu melihat dan mencoba proses pemerasaan susu sapi, proses pengolahan susu sapi, memandikan sapi dan memberikan makan sapi. Kegiatan ini pastinya sangat disukai anak-anak, sehingga lokasi wisata ini selalu ramai dikunjungi pada akhir pekan dan hari libur nasional. Lokasi dari Cibubur Garden Dairy sendiri terletak di Pondok Ranggon Cipayung, Jakarta Timur.

Tertarik untuk mengunjungi salah satu tempat wisata yang ada di Jakarta Timur diatas?

Demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan kepada anda semua mengenai 7 tempat wisata di Jakarta Timur selain Mall, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan selamat berwisata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *