Tempat Wisata Di Dieng Wonosobo Yang Wajib Dikunjungi

Dieng merupakan sebuah kawasan dataran tinggi yang berada di antara Kabupaten Banjarnegara dan juga Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Lokasinya yang terletak di sebelah barat komplek Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro, sedangkan jarak tempuh untuk menuju ke lokasi ini sekitar 30 km dari kota Wonosobo. Untuk ketinggiannya sendiri sekitar 2.093 meter diatas perpukaan laut, sehingga udara di kawasan dataran tinggi Dieng cukup dingin dengan disertai kabut yang cukup tebal pada saat matahari mulai tenggelam.

Di kawasan dataran tinggi Dieng juga terkenal memiliki beberapa tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Penasaran tempat wisata apa saja yang ada disini? Simak ulasannya berikut ini.

1.Kawasan wisata Telaga Warna

Kawasan wisata Telaga Warna

Telaga warna merupakan sebuah tempat wisata yang juga menjadi landmark dari kawasan wisata di dataran tinggi Dieng, telaga ini memiliki keunikan pada warna airnya yang berbeda-beda. Menurut dari pengakuan para warga setempat, legenda dari Telaga Warna ini berawal dari cincin milik seorang bangsawan yang terjatuh kedalam telaga, sehingga membuat warna air di telaga tersebut berwarna. Tetapi pada saat diteliti secara ilmiah, warna yang dihasilkan di yakini berasal dari pembiasan cahaya pada endapan belerang yang ada di dasar telaga. Sedangkan dominasi warna yang dihasilkan dari telaga ini yaitu putih kekuningan, biru laut dan juga hijau. Keindahan Telaga Warna ini akan semakin indah jika di lihat dari atas bukit yang mengelilingi kawasan telaga, anda dapat duduk pada balkon yang tersedia di tepian telaga.

2.Kawasan Wisata Bukit Sikunir

Kawasan Wisata Bukit Sikunir

Apakah anda tertarik untuk menyaksikan fenomena Sunrise? Bagi anda yang ingin menyaksikan Sunrise, anda dapat berkunjung ke Bukit Sikunir yang berlokasi di Desa Sembungan yang juga sebuah desa tertinggi di Jawa Tengah. Bukit Sikunir ini merupakan sebuah bukit yang memiliki ketinggian sekitar 2.200 meter diatas permukaan laut, lokasi ini sudah sangat terkenal bagi para wisatawan yang suka berburu Sunrise. Sedangkan nama dari Bukit ini diambil dari warna cahaya matahari yang kekuningan, sehingga masyarakat setempat menamai bukit ini dengan nama Bukit Sikunir yang artinya menurut bahasa jawa “Kunir” artinya “Kunyit”.

3.Kawasan Wisata Sumur Jalatunda

Kawasan Wisata Sumur Jalatunda

Sumur Jalatunda merupakan sebuah kawasan wisata yang berlokasi di Desa Pekasiran, Kecamatan Bantur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Terbentuknya Sumur Jalatunda ini berawal dari yang dulunya merupakan sebuah ceruk rekahan kawah, lalu kemudian ceruk tersebut digenangi dengan air yang memiliki diameter sekitar 90 meter dan kedalaman yang mencapai 200 meter. Untuk dapat menuju ke lokasi Sumur Jalatunda ini, pengunjung harus menaiki anak tangga sebanyak 257 anak tangga.

4.Kawasan Wisata Kawah Di Dieng

Kawasan Wisata Kawah Di Dieng

Di sekitar Dataran Tinggi Dieng juga terdapat beberapa kawah yang menarik untuk anda kunjungi, diantaranya yaitu Kawah Sileri, Kawah Candradimuka dan juga Kawah ikadang. Kawah-kawah tersebut memiliki keunikan yang berbeda dan salah satu kawah yang masih aktif yaitu Kawah Sileri.

5.Kawasan Wisata Candi Dieng

Kawasan Wisata Candi Dieng

Candi yang berada di Kawasan Dataran Tinggi Dieng merupakan sebuah Simbol kawasan wisata yang ada di Dieng. Selain itu, bangunan candi menjadika Dieng sebagai kawasan yang sakral. Maka tidak heran jika di kawasan ini terdapat banyak sekali bangunan candi, candi-candi yang ada disini diambil dari nama-nama tokoh Mahabarata seprti Candi Arjuna, Bima, Srikandi, Gatot Kaca dan masih banyak lagi yang lainnya.

Nah, itulah sedikit ulasan mengenai 5 tempat wisata di Dieng yang wajib dikunjungi. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan selamat berlibur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *