Tempat Wisata di Batam yang Wajib Dikunjungi

12 tempat wisata di batam yang wajib dikunjungi. Pastinya anda semua tahu dan kenal dengan kota Batam. Kota kecil yang selalu sibuk dan ramai dengan kegiatan parawisata ini memiliki lokasi yang sangat strategis, kota Batam terletak di bagian tengah jalur pelayaran yang berdekatan dengan Negara tetangga yaitu Singapura dan juga Malaysia. Lokasinya yang dekat dengan Negara tetangga tersebut tentunya dapat memiliki keuntungan tersendiri, sehingga kota Batam merupakan kota yang memiliki pertumbuhan tertinggi di Indonesia.

Para wisatawan yang berdatangan dari Malaysia dan singapura menandaka jika lokasi wisata di kota ini sangat menarik untuk di kunjungi. Tahukah anda, tempat wisata apa saja yang ada di kota Batam?

Tempat Wisata di Batam

Berikut akan saya bagikan kepada anda semua sedikit informasi mengenai 10 tempat wisata di batam yang wajib dikunjungi. Penasaran, simak langsung informasinya berikut ini.

  1. Wisata Pantai Marina

Wisata Pantai Marina

Tempat wisata Pantai Marina merupakan sebuah pantai yang sangat terkenal dan popular di Batam. Pantai Marina terletak di sebelah barat dari kepulauan Batam, selain terdapat banyak kawasan wisata, di pulau ini juga dijadikan sebagai pelabuhan kapal-kapal Ferry. Di lokasi pantai tidak hanya menawarkan keindahan alam tetapi juga terdapat sebuah taman yang hijau untuk dijadikan sebagai taman bermain bagi anak-anak. Untuk masuk ke lokasi wisata ini, para pengunjung hanya akan dikenakan tarif tiket masuk sekitar 3.000 rupiah untuk anak-anak dan 6.000 rupiah untuk Dewasa. Bagi anda yang ingin menginap dan mencari makan, dikawasan sekitar pantai juga terdapat banyak hotel dan restoran.

  1. Wisata Pantai Tanjung Bemban

Wisata Pantai Tanjung Bemban by

Pantai lainnya yang ada di Batam yaitu Pantai Tanjung Bemban, pantai ini merupakan sebuah ikon wisata bahari di Batam. Di lokasi pantai, para pengunjung dapat menjumpai kapal yang pulang dan pergi menuju ke singapura. Hal yang tidak boleh dilupakan di tempat wisata ini yaitu menikmati wisata kuliner dari makanan laut yang sangar lezat.

  1. Jembatan Barelang

Jembatan Barelang by F Wijaya Satria

Jembatan Barelang yang terdapat di kepulauan batam ini merupakan sebuah bangunan yang sekaligus menjadi ikon nya kota Batam. Selain itu, jemabatan ini dapat menghubungkan antar pulau yang tujuannya untuk meningkatkan kemajuan perekonomian dan juga perindustrian. Jembatan ini di bangun sekitar pada tahun 1992, pembangunannya pun direncanakan oleh mantan Presiden kita Bapak Habibie.

  1. Wisata Pantai Melayu

Wisata Pantai Melayu

Di batam juga terdapat sebuah pantai yang sangat cocok untuk anda yang ingin berpiknik bersama dengan keluarga tercinta, di pantai ini anda dapat menikmati keindahan alam yang banyaknya pepohonan, sehingga akan menambah kenyamanan anda dan keluarga. Ombak pantainya sangat tenang dan aman, sehingga banyak para wisatawan yang melakukan wisata air seperti berenang, bermain banana boot, naik perahu, menyelam dan kegiatan menarik lainnya.

  1. Wisata Pantai Nongsa

Wisata Pantai Nongsa

Pantai Nongsa merupakan sebuah pantai yang terletak di kecamatan Nongsa, lokasinya berada di kawasan timur laut Batam. Untuk menuju ke lokasi wisata Pantai Nongsa, anda hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit saja dari Bandara, dikawasan pantai juga anda tidak akan kerepotan mencari tempat menginap karena terdapat hotel dan resort yang dapat anda kunjungi. Keistimewaan dari pantai ini yaitu, para pengunjung dapat menikmati keindahan pantai yang tenang dan memiliki hamparan pasir putih yang bersih. Selain itu, anda juga dapat melihat kota singapura dengan sangat jelas karena lokasinya sangat dekat.

  1. Wisata Belanja di Batam City Square

Batam City Square

Bagi anda yang ingin berwisata belanja di Batam, Batam City Square merupakan lokasi  yang sangat tepat untuk anda kunjungi. Batam City Square merupakan sebuah pusat perbelanjaan yang terkenal dan selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan dari mancanegara, di lokasi ini anda dapat membeli segala kebutuhan. Selain itu, di bangunan yang memiliki 6 lantai ini bukan hanya dapat berwisata belanja, tetapi juga para pengunjung dapat berekreasi dengan tersedianya tempat-temat menarik di Batam City Square ini.

  1. Wisata Pantai Melur

Wisata Pantai Melur

Pantai Melur merupakan salah satu lokasi wisata di batam yang tidak kalah popular dan ramainya dengan kawasan wisata lainnya yang ada di Batam. Daya tarik dari pantai Melur ini yaitu jarak pandangnya yang sangat luas, air laut yang sangat jernih dan juga pasir putihya yang bersih dan halus membentang sepanjang pesisir pantai. Tidak hanya itu, di kawasan pantai juga para pengunjung dapat menikmati keindahan pepohonan yang hijau dan juga ombak pantainya yang sangat tenang, sehingga lokasi wisata ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat untuk bersantai.

  1. Wisata Ocarina Park

Ocarina Park

Ocarina Park merupakan sebuah tempat wisata yang sama halnya dengan Ancol yang ada di Ibu Kota Jakarta. Lokasi wisata ini mulai dibuka sejak tahun 2008, walaupun masih sangat baru, namun lokasi wisata ini sangat ramai dan menjadi kebanggaan kota Batam. Wisata Ocarina Park ini di bangun diatas lahan seluas 40 hektar, di lokasi wisata permainan ini terdapat banyak sekali wahana bermain yang sangat menarik. Wahana yang tersedia pun tidak hanya diperuntukan bagi anak-anak, tetapi juga untuk orang dewasa. Selain itu, di lokasi wisata ini juga suka diadakan acara konser music yang dapat menghibur para wisatawan yang berkunjung ke Ocarina Park. Sedangkan harga tiket masuknya sekitar 5.000 rupiah dan itu belum termasuk tiket untuk menikmati aneka wahana permainan.

  1. Wisata Kampung Vietnam

Wisata Kampung Vietnam

Kampung Vietnam merupakan sebuah perkampungan yang tidak berpenghuni, lokasinya terletak di pulau Galang. Kampung ini dahulunya pernah dijadikan sebagai tempat pengungsian bagi para warga Negara Vietnam, para pengungsi ini dikenal dengan sebutan manusia perahu. Pada saat itu, para warga ini terpaksa mengungsi ke pulau galang dikarenakan sedang terjadi konflik internal di negaranya, sehingga pemerintah Indonesia mengijinkan mereka untuk mengungsi sementara di pulau ini. Setelah konflik mereda, mereka di pulangkan kembali ke kampung halamnya masing-masing dan kemudian kampung ini dibiarkan kosong hingga sekarang. Walaupun tidak berpenghuni, lokasi ini sangat menarik untuk dikunjungi, karena kondisi perkampungan ini masih sama seperti dulu.

  1. Bukit Senyum

Bukit Senyum Malam Hari

Bukit Senyum merupakan sebuah wisata perbukitan yang ada di Batam, tempat dimana untuk melihat keindahan cahaya lampu kota batam dimalam hari. Memang tidak ada yang special dari bukit ini, tetapi diatas bukit anda dapat menikmati keindahan kota Singapura terutama di malam hari. Selain itu, anda dapat melihat pesawat yang pulang dan pergi ke bandara Changi. Untuk menikmati keindahan di atas bukit, anda dapat menemukan tempat nongkrong yang sangat nyaman. Lokasi ini menjadi lokasi favorit bagi warga batam untuk menikmati keindahan malam tahun baru, sehingga akan sangat jelas gemerlapnya kembang api di Singapura.

11. Wisata Bahari di Pantai Sekilak

Pantai Sekilak - Lombok

Keelokannya akan membuat pengunjung betah berada lama-lama di pantai Sekilak. Pantai ini terletak dibelahan timur kota Batam, tepatnya di desa Batu Besar, Kecamatan Nongsa. Indahnya laut lepas dapat dinikmati dengan naik keatas tebing-tebing di Tanjung Kedabang. Pantai pasir putih dengan bebatuan karang berwarna merah menambah keindahan pantai ini.

Peta Wisata Bahari Pantai Sekilak

Bukan hanya itu, disana ada danau buatan yaitu Teluk Penyu, terdapat beraneka ragam fasilitas wahan air di pulau tersebut seperti perahu kayak, sepeda air, dan bagi yang hobi memancing di pulau ini anda dapat melakukannya. Dengan panorama yang cantik dan fasilitas yang lengkap, menjadikan Teluk Penyu ini luar biasa walau hanya pulau buatan.

12. Wisata Belanja Komplek Nagoya

Wisata Belanja Komplek Nagoya

Batam terkenal sebagai wisata belanja berbagai macam barang mulai dari barang elektronik, tas, pakaian, jam tangan dan tak barang BM. Tidak akan lengkap jika tidak berbelanja jika mengunjungi Batam. Mall ini didesain dengan konsep City Walk.

Bagaimana, apakah anda tertarik untuk berkunjung ke Batam? Sekian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga informasi mengenai 10 tempat wisata di Batam ini dapat bermanfaat untuk anda semua. Selamat berwsiata dan semoga liburannya menyenangkan, sampai jumpa.

2 Responses to “Tempat Wisata di Batam yang Wajib Dikunjungi”
  1. athaya syafa ziya August 13, 2016
  2. Santi Nur October 15, 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *