10 Tempat Wisata di Aceh yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Aceh yang Wajib Dikunjungi: Aceh merupakan sebuah provinsi yang berada di ujung kepulauan sumatera. Di provinsi aceh memiliki pemandangan alam yang sangat indah dan menarik untuk dikunjungi baik itu dari keindahan pantai atau pegunungannya. Namun pada tahun 2004 lalu keindahan alam di provinsi aceh sempat rusak karena ditimpa bencana alam Tsunami yang sangat dahsyat sehingga meluluh lantakan seluruh kawasan wisata, tetapi provinsi aceh kembali bangkit dan menata seluruh kota serta sektor pariwisatanya kembali.

Objek Wisata di Aceh Yang Terpopuler

Apakah anda berencana akan pergi berlibur ke Aceh? Berikut ini akan saya bagikan informasi mengenai 10 tempat wisata di aceh yang wajib dikunjungi, simak informasinya berikut ini.

  1. Masjid Raya Baiturrahman

Masjid Raya Baiturrahman

Masjid Baiturahman merupakan sebuah masjid yang pertama dibangun oleh seorang sultan yang bernama Sultan Iskandar Muda sekitar pada tahun 1612 dan masjid ini sudah menjadi sebuah ikon Aceh. Masjid ini memiliki warna putih dengan kubah yang berwarna hitam, kubah tersebut tampak indah dengan dikelilingi tujuh menara. Yang menjadikan masjid ini tampak indah dan megah dengan adanya sebuah kolam yang berukuran besar dan juga air mancur yang tepat berada di depan masjid.  Masjid ini pun masuk kedalam daftar 100 masjid terindah dan termegah di dunia dan juga 10 masjid terindah di Indonesia.

  1. Wisata Air Terjun Blang Kolam

Wisata Air Terjun Blang Kolam

Jika anda suka dengan berwisata air di alam bebas, anda wajib mencoba mengunjungi kawasan wisata Air Terjun Blang Kolam yang letaknya berada di desa Sidomulyo, Aceh Utara. Untuk menuju ke lokasi wisata ini hanya perlu ditempuh selama 30 menit dari Lhokseumawe. Di lokasi wisata ini anda dapat menjumpai air terjun kembar dengan ketinggian mencapai 75 meter, pamandangan tampak semakin indah dengan adanya pepohonan yang rindang di sekeliling kawasan air terjun. Kegiatan yang populer di kawasan Air Terjun Blang Kolam yaitu berkemah, bermain air, berendam di penampungan air terjun atau sekedar berkeliling untuk menikmati keindahan alam dan juga berfoto bersama orang-orang terdekat.

  1. Wisata Air Terjun Suhom

Wisata Air Terjun Suhom

Air Terjun Suhom merupakan sebuah kawasan wisata alam yang berada di Desa Suhom, kecamatan Lhoong, Aceh Besar. Untuk menuju kelokasi wisata anda harus melakukan perjalanan dengan melewati jalan yang naik turun, tetapi selama perjalanan anda akan disuguhkan dengan pemandangan alam pegunungan Paro dan juga Kulu. Pada saat di perjalanan anda tidak perlu kaget jika menjumpai sekumpulan monyet di jalanan, monyet-monyet tersebut biasanya suka meminta makanan kepada para pengunjung seperti buah-buahan atau kacang. Setelah anda tiba di kawasan Air terjun, anda akan merasa takjub melihat keindahan yang ada di depan mata anda. Air Terjun Suhom memiliki ketinggian sekitar 50 meter dengan 3 tingkatan, namun bagi anda yang suka mendaki dilarang untuk mendaki hingga ke tingkat dua dan tiga. Hal ini dikarenakan, di bagian atas terdapat sebuah pambangkit listrik bertegangan tinggi yang dapat mengancam keselamatan anda. Kegiatan lain yang dapat dilakukan diantaranya yaitu berenang di telaga dengan kedalaman sekitar 2 meter, sedangkan bagi anak-anak dapat berenang di kolam renang anak yang sudah disiapkan. Sedangkan bagi anda yang tidak ingin bermain air, anda dapat bersantai di Gazebo sambil menikmati aneka kuliner yang di jual di sekitar air terjun.

  1. Wisata Pantai Lampuuk

Wisata Pantai Lampuuk

Pantai Lampuuk merupakan sebuah kawasan wisata pantai yang sangat populer di Aceh, lokasinya terletak di Desa Meunasah Masjid, Lhoknga, Aceh Besar. Pamandangan alam di sekitar pantai sungguh sangat indah dan menakjubkan, karena pantai ini memiliki pasir putih yang sangat indah dan halus serta garis pantainya yang membentang sepanjang 5 km dari arah selatan menuju ke utara. Kegiatan yang menarik di pantai ini yaitu berselancar, berenang, bermain banana boot atau juga berjemur di bawah terik matahari sambil menikmati keindahan pantai. Selain itu, hal menarik yang tidak kalah serunya yaitu dengan menjumpai tempat pelestarian penyu dan para pengunjung pun dapat ikut melepaskan tukik ke laut bebas. untuk anda yang ingin bermalam, di sekitar pantai anda dapat menemukan beberapa penginapan yang dapat anda sewa.

  1. Wisata Pantai Lhoknga

Wisata Pantai Lhoknga

Lokasi pantai Lhoknga letaknya tidak begitu jauh dengan kawasan wisata Pantai Lampuuk, untuk menuju ke lokasi wisata ini hanya berjarak sekitar 20 km dari Banda Aceh. Ombaknya yang lumayan besar sehingga sangat cocok untuk anda yang suka berselancar, ketinggian ombak di pantai ini dapat mencapai ketinggian antara 1,5 sampai dengan 2 meter. Jika waktu sudah beranjak sore, sebaiknya anda jangan dulu pulang, karena anda akan menyaksikan fenomena pemandangan alam yang sangat indah pada saat terbenamnya matahari yang seakan-akan tenggelam kedalam lautan.

  1. Wisata Pantai Ulee Lheue

Wisata Pantai Ulee Lheue

Lokasi pantai ini sangat dekat dengan kota Banda Aceh yang hanya berjarak sekitar 3 km saja, letaknya berada di kecamatan Meuraxa. Pantai sering sering dijadikan sebagai tempat wisata memancing, sehingga bagi anda yang hobi memancing tidak ada salahnya jika anda berkunjung ke Pantai Ulee Lheue. Tetapi jika anda tidak begitu suka dengan kegiatan memancing, anda dapat menikmati keindahan laut dengan berlayar menggunakan perahu nelayan yang dapat anda sewa. Selain itu, anda juga dapat menikmati keindahan pantai dengan bersantai di pesisir pantai sambil menikmati jagung bakar.

  1. Pulau Rubiah

Pulau Rubiah Sabang Aceh

Pulau Rubiah merupakan sebuah pulau yang berada di bagian barat laut pulau Weh. Di kawasan wisata ini sangat populer dan selalu ramai dikunjungi para wisatawan, hal yang paling menarik yaitu pemandangan bawah lautnya yang sangat indah dan mempesona. Anda dapat menyewa peralatan menyelam dan snorkeling yang telah disediakan oleh pengelola dengan harga sekitar 40.000 rupiah.

  1. Kuala Merisi

Wisata Kuala Merisi di Aceh

Masih mengenai wisata pantai, tetapi pantai yang satu ini berbeda dengan pantai lainnya yang selalu ramai oleh para wisatawan. Kula Merisi merupakan kawasan pantai yang terbilang sepi dan pengunjung akan merasa lebih tenang berada disini. Lokasi wisata ini berada di Desa Ketapang, Kecamatan Krueng Sabee. Ombak di pantai ini sangat tenang, sehingga aman untuk melakukan kegiatan seperti berenang, menyelam atau snorkeling.

  1. Museum Tsunami

Museum Tsunami Aceh

Bagi anda yang ingin belajar menggali lebih jauh mengenai bencana Tsunami yang pernah terjadi pada tahun 2004 lalu, anda dapat mengunjungi Museum Tsunami yang lokasinya terletak di Jalan Sultan Iskandar Muda. Museum ini dibangun pada tahun 2009, di dalam museum anda dapat menemukan sebuah lorong yang panjang dengan mengeluarkan seuara gemuruh ombak dan juga kucuran air yang dapat mengingatkan pengunjung pada saat terjadi bencana tersebut. selain itu, didalam museum juga terdapat benda-benda sisa dari peninggalan para korban bencana Tsunami. Tujuan dibangunnya museum ini yaitu untuk dijadikan sebagai pusat pendidikan, museum ini dibuka setiap hari untuk umum dan selalu ramai dikunjungi pada akhir pekan.

  1. Pantan Terong

Wisata Pantan Terong

Pantan Terong adalah sebuah bukit yang sering dijadikan sebagai tempat untuk menikmati keindahan alam di Kota Aceh Tengah dari ketinggian, bukit ini memiliki ketinggian sekitar 1830 mdpl. Jika anda akan berkunjung ke tempat wisata ini sebaiknya anda tidak lupa untuk membawa jaket karena udaranya sangat dingin.  Dari atas bukit para pengunjung dapat menikmati keindahan Danau Laut yang jika di lihat dari atas seperti sebuah kuali besar, selain itu pengunjung juga dapat menyaksikan fenomena terbenam atau terbitnya matahari yang sangat indah.

Demikianlah informasi yang sapat saya sampaikan mengenai 10 tempat wisata di aceh yang wajib dikunjungi di atas dapat bermanfaat dan sedikit menambah pengetahuan anda semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *