Tempat Wisata Alam Bandung Yang Wajib Di Kunjungi

5 tempat wisata alam bandung yang wajib di kunjungi – Yang pastinya tidak asing lagi bukan saat mendengar nama Bandung, kota yang memiliki berbagai tempat wisata yang menyenangkan dan menarik untuk di kunjungi. Mulai dari wisata kuliner, wisata alam sampai wisata belanja terdapat di sini dengan kemudahan akses. Memiliki udara yang sejuk merupakan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk berlibut di akhir pekan. Dari sekian banyak tempat wisata di bandung, ada beberapa tempat wisata yang wajib di kunjungi saat menjajakan kaki di sini salah satunya adalah wisata alamnya.

Panorama alam yang indah, cantik serta udara yang sejuk menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan yang ingin menghabiskan libur akhir pekan. Suasana pekerjaan yang bising dengan keramaian dan berbagai masalah serta tuntutan pekerjaan terkadang membuat anda membutuhkan hiburan untuk mengembalikan kecerian dan mood untuk kembali beraktivas. Berwisata alam dapat menjadi salah satu alternative liburan yang menyenangkan dan menghibur.

Nah, berikut ini merupakan 5 tempat wisata alam yang wajib di kunjungi di bandung cekidot :

1.Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey

Adalah sebuah kawasan wisata yang terletak di sebelah selatan Bandung atau sekitar 50 Km dari pusat kota Bandung. Tempat wisata kawah putih dapat di tempuh dengan kemudahan berbagai kendaraan mulai dari kendaraan pribadi sampai kendaraan umum. Tempat wisata yang menawarkan keindahan alam di kota bandung memang tidak perlu di pungkiri. Kawah putoh adalah sebuah danau yang terbentuk akibat letusan gunung merapi yang bernama gunung patuha.

Udara sekitar yang sejuk ditambah dengan panorama alam dengan kawah bertanah putih, di akibatkan karena adanya campuran unsur belerang pada tahan memang menjadi pengalaman yang tiadak duadanya. Keunikan dari tempat ini yaitu warna air di kawah yang dapat berubah-ubah yang di pengaruhi oleh faktor atau perubahan cuaca serta suhu sekitar. Selain itu, keunikan lain tempat ini yaitu penomena ketebalan kabut yang dapat beubah ubah setiap menitnya merupakan hal unik beriwsata ke kawah putih ciwidey.

Tempat wisata alam ini berada di kawasan pegunungan denga ketinggian mencapai 2.400 meter diatas permukaan laut. Tidak heran jika udara disini sangat dingin yang mencapai suhu sekitar 8 sampai 12 derjat Celsius.

2.Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu

Tangkuban perahu merupakan sebuah gunung aktif terletak di bandung utara (cikole – lembang) atau skitar 20 km dari pusat kota bandung, merupakan tempat wisata alam yang selalu ramai di kunjungi wisatawan. Suhu udara di kawasan ini dapat mencapai 17 derajat Celsius pada siang hari, sedangkan malam hari dapat mencapai suhu 2 derajat Celsius. Tidak heran karena gunung tangkuban perahu ini memiliki ketinggian sekitar 6.873 kaki atau 2.084 dari permukaan laut. Jangan lupa untuk membawa baju hangat seperti jaket atau switer serta masker untuk menutup hidung dari bau gas yang menyengat.

Gunung tangkuban perahu memiliki cerita masyarakat yang melegenda yaitu seorang pemuda bernama sangkuriang yang jatuh cinta kepada ibu kandungnya sendiri yang bernama dayang sumbi. Singkat cerita, ketika dayang sumbi mengetahui bahwa pria yang akan menikahinya adalah anaknya sendiri yang telah lama terpisah. Maka dengan segera dayang sumbi memberi syarat ke pada sangkuriang untuk membuatkan danau dan perahu dalam waktu satu malam untuk dapat menikah dengan dayang sumbi. Sangkuriangpun gagal mebuatkan danau dan perahu sebelum fajar, sehingga ia marah dan menendang perahu tersebut kemudian jatuh terbalik dan jadilah gunung tangkuban perahu.

3.Situ Patenggang

Situ Patenggang

Situ patenggang merupakan kawasan wisata alam, berada di sebelah selatan bandung atau tepatnya sekitar 47 km dari kota bandung yang memakan waktu sekitar 45 sampai 60 menit. Memiliki keindahan akan pesona alam yang memikat, maka tak heran jika tempat ini selalu ramai untuk di kunjungi para wisatawan.

Situ patenggang yang sering disebut juga situ patengan yang di ambil dalam bahasa sunda yang berarti “saling mencari”. Menurut cerita masyarakat setempat yang beredar, konon pada zaman dulu ada sepasang kekasih yang terpisah karena saling mencintai akhirnya mereka saling mencari dan dipertemukan kembali di danau yang sekarang disebut batu cinta. Di danau ini juga terdapat sebuah pulau yang berbetuk unik atau sering disebut pulau sasaka yang berbentuk hati. situ patenggang terletak pada ketinggian sekitar 1600 meter diatas permukaan laut dengan udara sekitar sejuk serta hamparan perkebunan teh yang hijau menambah ke eksotikan tempat ini.
Sejak tahun 1981 situ ini resmi di buka sebagai kawasan taman wisata alam yang dulunya danau seluas 45.000 hektar ini adalah sebuah kawasan cagar alam.

4.Bukit Moko

Bukit Moko

Bukit moko mungkin tidak begitu terkenal akan keberadanya oleh wisatawan luar kota. Bukit moko adalah sebuah tempat kawasan wisata terbaik untuk bersantai yang berada di kawasan tertinggi di bandung dengan suguhan pemandangan pegunungan yang sejuk. Tempat wisata tersebut selalu ramai di kunjungi wisatawan saat akhir pekan. Salah satu tempat yang terkenal di kawasan wisata yaitu warung daweung adalah warung yang menawarkan pemandangan kota bandung dari atas dengan udara yang sejuk dilengkapi minuman hangat sebagai pendamping untuk bersantai dan menikmati suasana di sini.

Bukit yang terletak di desa cimenyan dapat diakses dengan menggunakan kendaran pribadi dengan jalur yang berbelok-belok serta terjal. Pastikan anda berhati hati terlebih saat hujan mengguyur kawasan tersebut.

5.Maribaya

Maribaya

Maribaya merupakan sebuah tempat tujuan wisata alam popular yang menyuguhkan tempat pemandian air panas belerang, terletak sekitar 22 km dari pusat kota bandung. Sumber pemandian air panas ini di percaya mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit sekaligus membuat kulit menjadi lebih halus dan mulus, tidak percaya dapat anda buktikan sendiri dengan mendatangi tempat ini. Trekking merupakan kegiatan wisata paforite di maribaya selain berendam di air panas. Tak hanya terkenal akan wisata air panasnya, tapi juga terkenal akan pesona air terjuan serta taman yang cantik di kawasan wisata tersebut.

Hhmmmm tertarik untuk mengunjungi ke 5 tempat wisata alam di bandung? Semoga informasi wisata diatas dapat menjadi alternative untuk berlibur di akhir pekan.

Demikian ulasan mengenai Tempat Wisata Alam Bandung Yang Wajib Di Kunjungi yang dapat sobat baca dan simak di Wisata Kita! Semoga dengan adanya informasi bermanfaat. Selalu kunjungi blog Wisata Kita untuk mendapakan Menyediakan kumpulan informasi tentang objek tempat wisata secara lengkap.