Sekilas tentang Pulau Berhala

Pulau Berhala merupakan salah satu pulau terluar yang ada di Indonesia dan tepatnya ia berada di Selat Malaka, karena ia pun berjarak sekitar 48 mil dari Pelabuhan Belawan. Ia merupakan sebuah pulau yang masuk ke dalam wilayah Kecamatan Tanjungberingin, Kabupaten Serdang Bedagai, Jambi. Pulau ini kaya akan hutan akar bahar dan ia juga menyimpan berbagai jenis terumbu karang yang bisa ditemukan dalam radius 200 meteran dari bibir pantai. Dengan tidak kurang dari 22 species serta berbagai jenis ikan karang yang dapat terlihat bila anda menyelam di sana. Pun pada awal serta akhir tahun pulau ini pun menjadi tempat persinggahan bagi para penyu untuk bertelur. Yang tentu saja dapat anda amati dan saksikan serta anda lihat anak-anak penyu itu ketika mereka telah menetas.

Peta Pulau Berhala

Dengan luas 2.5 Km2 Pulau Berhala mempunyai topografi bergunung dengan hutan lebat serta pantai berpasir putih yang bersih. Pulau memang terlihat masih alami karena ia pun masih sepi, hanya beberapa orang saja yang sudah menjadikannya sebagai tempat persinggahan. Karenanya bila anda ke sana janganlah protes atau berharap akan menemukan pelayanan dan fasilitas yang sudah lengkap dan memadai. Karena di sana fasilitasnya pun masihlah minim. Sehingga apabila anda ke sana siapkan saja jiwa berpetualang anda, agar anda pun menikmati perjalanan wisata serta berbagai keindahan pulau itu tanpa harus risau akan tidak adanya fasilitas semisal hotel, hiburan yang mewah nan elegan atau adanya sarana transportasi laut yang lebih nyaman.

Pulau Berhala Jambi

Karena Pulau Berhalayang mengambil namanya dari sebuah nama Raja Jambi pada dahulu kala yaitu Datuk Paduko Berhala yang makamnya memang terdapat di pulau ini. Dan untuk sekarang ini di pulau ini paling hanya terdapat fasilitas resor sederhana, wahana untuk permainan laut seadanya, pemancingan, dan sebagainya.

Pulau BErhala 1

Namun ada yang berbeda dari pulau ini, karena di atas Pulau Berhala sendiri terdapat sebuah mercusuar tua dimana apabila kita berdiri di sana maka kita pun akan dapat melihat sekeliling pulau dari ketinggian itu. Selain itu, di sekitar pulau tersebut juga terdapat dua pulau kecil yaitu yang paling dekat adalah Pulau Suko Nenek sedangkan yang agak jauh adalah Pulau Suko Datuk. Bagaimanapun juga, pulau ini tetap memiliki eksotisme tersendiri yang memang perlu dan layak untuk dieksploitasi guna memuaskan dahaga trabeling kita atau hanya untuk sekadar ingin me-refreshing-kan diri. Apalagi di sana juga menawarkan ketenangan dan keasrian yang saat ini tentunya jarang kita temuakan, apalagi bagi orang-orang yang kehidupan kesehariannya berada itu. Tentu saja hal itu adalah hal yang sangat langka dan mahal, jadi tunggu apalagi silahkan anda jangan ragu untuk mengunjungi Pulau Berhala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *