Sekelumit tentang Pulau Lombok

Pulau Lombok dalam banyak hal hampir mirip dengan Bali, dan dalam dasawarsa terakhir namanya pun mulai dikenal oleh para wisatawan mancanegara. Karena mulai pada tahun 2007 pun sector pariwisata menjadi andalan serta satu-satunya sektor yang berkembang pesat di Lombok. Adapun destinasi objek pariwisata di Lombok antara lain seperti Pantai Senggigi, Gili Air, Cakranegara,Gunung Rinjani, Pantai Kuta di Lombok, Tetebatu, Sentanu, Air Terjun Sendang Gile, dan sebagainya.

Peta Pulau Lombok

Pulau yang memiliki jumlah penduduk sekitar 2.722.123 jiwa ini pun adalah sebuah pulau yang berada pada Kepulauan Sunda Kecil atau Nusa Tenggara. Dengan dipisahkan oleh Selat Lombok dari Pulau Bali dan Selat Alas dari Sumbawa. Pulau Lombok sendiri mempunyai bentuk bulat dengan semacam ekor di sisi barat dayanya yang panjangnya kira-kira 70 Km. Pun luas pulau ini yang mencapai 5.435 Km2 menempatkannya pada peringkat ke-108 sedunia untuk daftar pulau berdasarkan luasnya. Untuk kota utama di pulau ini ialah Kota Mataram.

Sedangkan pembagian wilayah secara administratif Pulau Lombok yang memang termasuk ke dalam wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat ini pun membagi wilayahnya menjadi 1 Kota Madya dan 4 Kabupaten. Yaitu Mataram sebagai Kota Madya, dan Kabupatennya yakni Lombok Tengah, Lombok Timur, Lombok Barat, dan Lombok Utara.

Lebih lanjut kira-kira sekitar 80% dari penduduk Pulau Lombok berasal dari Suku Sasak, suatu suku bangsa yang masih dekat dengan suku bangsa Bali namun bedanya sebagian besar dari mereka telah memeluk agama Islam. Sedangkan sisa penduduknya yaitu orang-orang Jawa, Bali, Arab serta Tionghoa. Untuk bahasa yang mereka gunakan kebanyakan menggunakan bahasa Sasak sebagai bahasa utamanya dalam percakapan. Disamping tentunya menggunakan pula Bahasa Indonesia yang memang merupakan bahasa nasional. Adapun di seluruh Lombok sendiri bahasa Sasak dapat ditemukan dalam empat macam dialek yang berbeda yaitu Lombok Utara, dialek Timur Laut, dialek Lombok Tenggara, dan dialek Lombok Tengah. Selain itu, dengan banyaknya penduduk suku Bali yang telah menetap di Lombok, di beberapa tempat terutama di Kota Madya Mataram serta Lombok Barat pu dapat dijumpai perkampungan yang menggunakan Bahasa Bali sebagai bahasa utama percakapan mereka sehari-hari.

Sementara itu untuk agama yang mereka anut sendiri sebagian besar penduduknya terutama Suku Sasak menganut agama Islam. Sedangkan untuk agama terbesar kedua di pulau ini adalah agama Hindu yang memang tetap dipegang teguh oleh para penduduk keturunan Bali yang jumlahnya sekitar 15% dari seluruh populasi penduduk di pulau tersebut. Dan untuk penganut agama lainnya seperti Budha, Kristen, dan lain sebagainya juga dapat ditemukan, terlebih bagi para penduduk yang merupakan pendatang yang sudah menetap di pulau ini.  Pun organisasi keagamaan terbesar di Lombok adalah Nahdlatul Wathan (NW) yang merupakan salah satu organisasi yang juga telah mendirikan banyak lembaga pendidikan berbasis Islam dengan berbagai level dari tingkat terendah hingga perguruan tinggi di Pulau Lombok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *