Sejuta Pesona Pulau Bintan

Pulau Bintan adalah salah satu pulau berbasis wisata yang memiliki pesona luar biasa, berada di Provinsi Kepulauan Riau, dimana ia terletak di Kota Tanjungpinang, Ibu Kota dari Provinsi Kepulauan Riau. Di pulau ini mempunyai tiga pemerintahan, yang pertama Pemerintahan Kabupaten Bintan, Pemerintah Kota Tanjungpinang, dan Pemerintahan Provinsi Keluarga Riau di Pulau Dompak atau Tanjungpinang. Pulau ini sendiri bertetangga dengan Singapura.

Peta Pulau Bintan

Lebih jauh, Pulau Bintan adalah pulau terbesar yang terdapat di Kepulauan Riau. Ia terdiri dari hampir 3.000 pulau besar serta kecil, yang terbentang di seberang Johor Baru, Malaysia dan Singapura. Pulau ini melebar dari Malaka ke Laut Cina Selatan. Tanjungpinang sendiri merupakan ibu kota provinsi ini yang secara geografis terletak di pantai barat selatan Bintan. Serta secara strategis terletak di semenanjung selatan Malaysia di mulut Selat Malaka, kepulauan Riau, ia pun pada dahulu saat abad pertama masehi, ia menjadi tempat favorit bagi kapal dagang Cina dan India.

Pesona Pulau Bintan

Pulau Bintan Riau

Untuk tujuan wisata teratas dan utama di sini adalah Bintan Resor. Ia adalah tujuan wisata yang berupa pantai fantastik di utara pulau. Ia memiliki luas 23,000 hektar dengan pasir putih yang menghadap ke Laut Cina Selatan. Pulau ini juga memiliki riwayat yang menarik di Penyengat dan Tanjungpinang, yang di sana menawarkan kesempatan untuk bertualang, surfing, dan ekowisata untuk para pelajar serta keluarga, namun juga ideal untuk bersantai dan kesehatan.

Bintan lagoon resort

Bintan lagoon resort

Ya walaupun Pulau Bintan tidak memiliki bandara sendiri, tetapi akses masuk ke pulau tersebut dapat ditempuh melalui jalur udara dari Bandara internasional Hang Nadim Batam, Kuala Lumpur Malaysia, Singapura, ataupun melalui jalur laut dari pelabuhan Sri Bentan Pura, Stulang Laut Malaysia. Diperkirakan pula sekitar 5000 orang yang bekerja baik secara langusng maupun tidak langsung di sector pariwisata tempat ini.

Pesisir Pantai Lagoi

Pesisir Pantai Lagoi

Jika dibandingkan saja sebenarnya wisata yang ditawarkan pun tak jauh beda dengan apa yang ada di Bali. Karena Pulau Bintan juga memiliki beberapa spot-spot tempat pariwisata yang sangat menarik, seperti Pantai Lagoi yang hampir serupa dengan Nusa Dua, Bali dengan beberapa hotel bintang lima yang ada di sana menyediakan golf courses serta SPA.

Pantai Trikora

Pantai Trikora

Selanjutnya ada Pantai Trikora yang terletak dibagian Timur pulau. Ia memang berbeda dengan Pulau Lagoi, karena pantai ini sebenarnya untuk turis lokal yang sudah barang tentu tak mendapatkan fasilitas sebagaimana yang terdapat di Pantai Lagoi. Hal tersebut dapat dilihat dari sepanjang jalan yang dapat ditemuiperkampungan rakyat serta nelayan, dan dapat dilihat, dihitung pula dari berbagai fasilitas, seperti restaurant dan lain sebagainya. Serta masih banyak lagi wisata-wisata lain yang bisa anda kunjungi di pulau ini. Yang jelas, pulau ini patut untuk anda jajal dan menjadi referensi destinasi anda ketika akan berlibur. Sebab di sini juga menawarkan banyak suasana liburan dan berbagai hal menyenangkan. Mari mengunjungi Pulau Bintan.

Demikian ulasan mengenai Sejuta Pesona Pulau Bintan yang dapat sobat baca dan simak di Wisata Kita! Semoga dengan adanya informasi bermanfaat. Selalu kunjungi blog Wisata Kita untuk mendapakan Menyediakan kumpulan informasi tentang objek tempat wisata secara lengkap.