Ranu Kumbolo Surga Tersembunyi Di Kaki Mahameru

Mengenal lebih jauh ranu kumbolo surga tersembunyi di kaki mahameru. Mendaki atau hiking menjadi kegiatan yang sekarang ini banyak diminati para wisatawan khususnya pecinta alam. Menikmati perjalan sebelum sampai ke tempat tujuan memang dapat di tempuh dengan beragam cara, terlebih jika sepanjang perjalan disuguhkan panora alam indah salah satu cara dapat dilakukan dengan mendaki. Mendaki memang memberikan pengalaman berbeda yang patut anda coba.

Ranu kumbolo merupakan sebuah danau air tawar terletak diketinggian sekitar 2.400mdpl, sekaligus menjadi tempat transit bagi para pendaki gunung semeru. Tempat wisata yang satu menjadi sumber air bersih, sehingga tak jarang disini sering di jadikan sebagai tempat berkemah oleh para pendaki karena sumber air disini cukup berlimpah. Meskipun air disini sangat bersih dan jernih dan dapat diminum langsung namun pendaki dilarang untuk mandi, buang air atau berenang. Hal ini untuk menjaga kebersihan air dan lingkungan.

pulau menjangan

Wisata ranu kumbolo terletak di kabupaten Malang sdan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur yang termasuk kedalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Untuk wisatawan yang berada di luar pulau Jawa Timur dapat ditempuh denga dua jalur yaitu melalui maskapai penerbangan (bandar udara Abdurrahman Saleh) atau menggunakan kereta api yang menuju stasion kota baru. Setelah sampai di kota Malang, anda harus mencari transportasi umum yang menuju desa Tumpang lalu berhenti di terminal Tumpang. Perjalan tidak berhenti sampai sini, namun perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan mobil jeep (SUV) merupakan kendaraan yang telah disedikan oleh warga sekitar untuk anda sewa menuju Ranu Pani.

Perlu anda ingat medan yang tempuh menuju lokasi terbilang cukup berat, sehingga wisatawan harus benar-benar memiliki performa yang kuat dan sehat serta memiliki perbekalan yang cukup. Latihan fisik sebelum terjun langsung ke TKP sangat dianjurkan seperti melakukan berbagai macam olahraga yang dapat meningkatkan kekebalan sisitem imun serta kekuatan tubuh.
Terlepas dari mempersiapkan diri secara fisik, wisatawan juga harus melengkapi persyaratan sebelum melakukan pendakian hal ini bertujuan untuk menjaga keamanan sekaligus sebagai tindakan penyelematan apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Syarat tersebut diantaranya mencakup foto kopi KTP, surat keterangan sehat dari dokter serta materai yang dibuat dalam 3 rangkap.

Persiapan lain yang tak boleh terlupakan seperti mulai dari mempersipakan baju hangat atau jaket tebal tahan air, penutup kepala, sarung tangan, kaos kaki, sleeping bag, masker, makanan, minuman sampai penutup telinga. Jangan lupa untuk membawa jaket cadangan karena udara malan disini sangat dingin dapat mencapai suhu sekitar 5 derajat selcius.
Harga tiket masuk kawasan ini Rp. 10.000 / orang dan Rp. 20.000 / pertenda. Terdapat dua jalan alternatik menuju tempat wisata ini yaitu dengan jalur watu Rejeng dan Bukit Ayek-ayek dengan masing masing tingkat kesulitan yang berbeda.

Jika melalui jalur Watu Rejeng, rute yang ditempuh lebih mudah tetapi membutuhkan waktu yang lebih lama. Sedangkan rute bukit Ayek-ayek akan jauh lebih cepat akan tetapin jalan yang ditempuh jauh lebih curam serta berbahaya terlebih bagi pendaki pemula. Medan yang sulit serta lama perjalan akan terbayang lunas saat melihat keindahan danau ranu kumbolo yang dapat membuat anda berdetak kagum akan kebesaran Sang Maha Pencipta.

Demikianlah informasi sedehana mengenai Ranu Kumbolo surga tersembunyi di kaki mahameru. Semoga artikel yang membahas tempat wisata dapat bermanfaat dan menjadi alternatif untuk berlibur diakhir pekan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *