Pulau Menjangan Surga Diving Sempurna Di Bali Barat

Bali masih menjadi primadona bagi para wisatawan dari mancanegara. Banyak pilihan obyek wisata yang menarik untuk di kunjungi mulai dari wisata alam, wisata religi, wisata budaya, wisata kuliner dan masih banyak obyek-obyek wisata yang lainnya. dari sekian banyak obyek wisata yang dapat anda kunjungi di Bali, ternyata terdapat surge kecil yang merupakan sebuah pulau yang bernama Pulau Menjangan. Pulau Menjangan merupakan sebuah pulau yang masih sangat alami dan memiliki spot Diving yang sangat luar biasa, pulau ini berada di sebelah utara kawasan taman nasional yang ada di Bali Barat. tepatnya berada di Desa Klampok, Kecamatan Grokgak, Kabupaten Bulelang, Bali.

pulau menjangan surga diving sempurna di bali barat (2 post)

Bagi anda yang berencana untuk pergi berlibur ke pulau menjangan ini, terlebih dahulu anda harus terbang ke Pulau bali. Setelah itu, anda dapat melakukan perjalanan dengan rute awal dari Denpasar menuju ke Tabanan, lalu menuju ke Selemadeng, pupuan, seririt dan kemudian anda akan sampai di Menjangan. Jarak tempuh dari denpasar menuju ke Menjangan akan memakan waktu selama kurang lebih 4 jam, pada saat diperjalanan anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang sangat indah. Sedangkan untuk adna yang akan menggunakan transportasi umum, maka anda dapat memulai perjalanan dari Gilimanuk. Untuk dapat menuju ke lokasi wisata Pulau Menjangan, anda harus menyebrang dengan menggunakan kapal boat dengan lama perjalanan sekitar 30 sampai 45 menit dari kawasan Pelabuhan Lalang. Selama dalam perjalanan, anda dapat menikmati keindahan pemandangan sebuah gunung api yang terletak di Jawa Timur sampai dengan kawasan Prapat Agung dan juga berpedu dengan laut biru yang sangat jernih.

Di lokasi pelabuhan Lalang sendiri sudah tersedia berbagai jenis paket yang ditawarkan, anda dapat memilih jenis paket yang ditawarkan sesuai dengan keinginan dan budget anda. Paket tersebut sudah termasuk biaya sewa kapal + asuransi jiwa + guide + biaya sewa perlengkapan snorkeling, Kelengkapan fasilitas pada paket sesuai dengan harga paket yang anda pilih.
Bagi anda yang berencana untuk menginap di Pulau Menjangan ini, anda tidak perlu khawatir kesulitan untuk mencari tempat menginap. Di sekitar pulau juga terdapat beberapa penginapan atau resort yang dapat anda boking yang diantaranya seperti The Menjangan Resort, Pondo Sari Beach & Bungalow Resort, Taman Sari Bali Resort and Spa dan juga Mimpi Resort Menjangan.

Sekilas Mengenal Pulau Menjangan.

Pulau Menjangan merupakan sebuah pulau yang terkenal dengan keindahan bawah lautnya dan juga memiliki hamparan pasir putih yang sangat indah dan juga kaya akan keanekaragaman hasil laut yang sangat berlimpah.

Asal mula nama dari Pulau Menjangan yaitu di ambil dari bahasa jawa, kata “Menjangan” artinya “Rusa”. Dulunya kawasan wisata Pulau Menjangan terdapat banyak sekali sekumpulan rusa liar yang berenang menuju ke pulau ini, rusa-rusa tersebut berenang dengan jarak tempuh sekitar 1,2 mil. Namun sayang, semakin lama populasi rusa liar tersebut semakin menurun. Semenjak itu, pemerintah setempat menjadikan pulau ini sebagai kawasan Taman Nasional Bali Barat. hal ini bertujuan untuk menjaga kelestarian rusa dan juga hayati yang di miliki Pulau Menjangan ini.

Lalu, kegiatan apa saya yang menarik untuk dilakukan di pulau ini?
Kegiatan favorit yang dapat di lakukan di Pulau Menjangan ini yaitu Diving dan juga Snorkeling, karena Pulau ini sudah sangat terkenal dengan Wall-Divingnya. Wall-Diving merupakan sebuah kegiatan penyelaman dengan kedalaman mengikuti jalur pada bagian tebing yang ada di bawah laut, kedalaman tebing bawah laut yang di miliki Pulau Menjangan ini yaitu dapat mencapai 20 sampai dengan 80 meter. Selain melakukan kegiatan Diving, pengunjung juga dapat menikmati keindahan terumbu karang yang terdapat pada kedalaman sekitar 10 meter. Di sekitar terumbu karang, anda dapat menjumpai sekumpulan ikan yang berjenis Gorgonial Finfish. Selain itu, kondisi air di pantai ini cukup tenang, sehingga anda akan dapat melihat sekitar terumbu karang dengan sangat jelas.

Terumbu karang yang ada di perairan Pulau Menjangan ini cukup beragam dengan berbagai bentuk dan juga formasi. Pada kedalaman sekitar 60 meter terdapat formasi batuan karang yang membentuk gua dengan berbagai ukuran, gua-gua tersebut merupakan habitat asli terumbu karang seperti kerapu besar, karang lunak dan juga belut moray. Selain itu, pada gua-gua kecil juga dapat anda jumpai sekumpulan kakap kecil dan juga batfish yang berenang kesana kemari yang dapat membuat anda merasa betah berlama-lama di bawah laut.

Sedangkan di bagian dasar laut terdapat berbagai jenis spesies barrel dan juga sea fans dengan bentuk dan ukuran yang beranekaragam. Selain itu juga banyak terdapat spesies tuna, angelfish, jackfish, batfish, penyu dan juga ikan hiu. Sungguh sangat luar biasa bukan kekayaan laut yang ada di Pulau Menjangan ini?

Nah, bagi anda yang hobi melakukan Diving, anda dapat memilih beberapa spot yang terkenal untuk dijadikan sebagai lokasi penyelaman di Pulau Menjangan ini.

  • Anchor Wreck

Anchor Wreck merupakan sebuah lokasi penyelaman yang di [eruntukan bagi para penyelam profesional, karena kedalamannya dapat mencapai 45 meter. Di lokasi ini anda dapat menjumpai sebuah bangkai kapal Belanda yang tenggelam pada masa Perang Dunia II, kapal tersebut dikenal dengan nama kapal Anker atau kapal Budak. Pada saat anda melakukan penyelaman di lokasi ini, anda dapat menjumpai karang lunak, penyu dan juga Ikan Hiu.

  • Eel Gardens

Eel Gardens merupakan lokasi spot Diving terbaik yang ada di bagian barat Pulau Menjangan, di lokasi ini terdapat sekumpulan Garden Eel dan juga Sea Fans. Kedalaman di lokasi Diving ini dapat mencapai 45 meter, disini anda dapat menjumpai banyak sekali Gorgonia dan juga biota laut yang lainnya.

  • Secret Bay

Secret Bay merupakan sebuah lokasi yang baik untuk melakukan aktivitas Diving bagi para pemula, karena kedalam di lokasi ini cukup dangkal namun dipenuhi dengan beragam terumbu karang yang sangat cantik dan masih sangat alami. pada kedalaman sekitar 10 meter, anda dapat menjumpai beragam spesies seperti udang laut, belut pita, lionfish, pipefish, dragonets, seahorses, shrimpfish, frogfish, nudibranch dan masih banyak lagi spesies yang lainnya.

Nah, demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda semua mengenai Pulau Menjangan surga Diving yang sempurna yang ada di Bali Barat. semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan selamat berlibur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.