Wisata Indonesia Pulau Komodo Nusa Tenggara Timur

Pernah mendengar tentang pulau komodo? Pulau komodo terletak di kepulauan nusa tenggara timur kecamatan komodo, kabupaten manggarai barat yang termasuk kedalam kawasan taman nasional komodo. Sesuai dengan namanya pulau komodo merupakan sebuah tempat atau habitat asli hewan komodo yang termasuk kedalam spesies kadal raksasa karnivora. Terdapat lebih 2000 ekor komodo yang hidup secara langsung di alam bebas, di tempat in anda dapat melihat secara langsung bagaimana cara komodo mengintai mangsanya. Jika berkeliling pulau sebaiknya anda di temani oleh pemandu, tentu saja hal ini demi keselamatan pengunjung selama berada di kawasan ini. Pulau komodo telah di tetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 1986, karena keberadaan hewan ini hanya dapat di temukan di tempat ini saja.
Komodo merupakan hewan langka yang hampir punah, habitan hewan ini berada di alam terbuka yaitu hutan hujan tropis, padang rumput serta pantai yang berpasir putih. Pulau komodo tercatat meraih penghargaan sebagai katagori new seven wonders of nature yaitu suatu penghargaan mengenai tujuan tempat wisata alam terbaik di dunia.

Wisata Indonesia Pulau Komodo Nusa Tenggara Timur

Komodo atau basaha ilmiahnya di sebut Varanus komodoensis, sedangkan masyarakat setempat menyebut binatang ini dengan nama “ORA”. Hewan yang hampir punah ini adalah hewan pemakan daging yang panjangnya dapat mencapai 2 sampai 3 meter dengan berat mencapai 100 sampai 165 kg. target atau mangsa utama dari kewan ini yaitu kerbau, beruk, rusa, kuda, musang dan babi. komodo termasuk hewan yang menyeramkan dilihat secara fisik memiliki tubuh yang besar, kuku yang panjang, lidah bercabang dua yang selalu menjulur keluar serta kuku-kuku yang tajam.

Sekilas mengenal sejarah tentang hewan pemakan daging ini. Seorang letnan yang bernama letnan Steyn Van Hens Broke untuk pertama kalinya datang kepulau komodo pada tahun 1910, untuk membutkikan laporan mengenai di temukannya hewan semacam naga. Kemudian letnan tersebut pergi bersama pasukannya yang sudah terlatih untuk memburu hewan tersebut, mereka berhasil membunuh satu komodo selanjutnya merka foto dan dikirim ke Botanical Garden Bogor. Kemudian pada tahun 1912 untuk pertaman kalinya pulau tersebut di ketahui umum lewat sebuah jurnal yang di tulis oleh Peter A. Ouwens, lalu dimuat dalam surat kabar harian. Peter A Ouwens adalah seorang direktur di museum Zoologi, Bogor dan pada tahun 1915 pemerintah Belanda memberikan ultimatum yaitu bahwa di larang memburu komodo dengan alasan hewan tersebut akan punah.

Nah, selain melihat secara langsung komodo di habitat aslinya kita juga dapat melakukan kegiatan lainnya yang menyenangkan di pulau ini. Diantaranya yaitu :

  • Trekking – selain dapat melihat komodo di pualu ini juga terdapat banyak hewan lainnya seperti ular, biawak, rusa, berbagai jenis burung dll. Ketika melakukan trekking anda akan di ajak untuk mendaji gunung Ara dengan ketinggian sekitar 538 diatas permukaan laut, anda juga akan melewati water hole. Water hole adalah sebuah tempat beristirahat, minum atau berteduh di bawah pihon yang dapat dilhat secara langsung. Terdapat 4 jalur pilihan jika ingin melakukan trekking dengan panjang yang berbeda sesuai dengan pilihan dan kemampuan yaitu short, medium, long dan adventur sekitar 1 sampai 8 meter sesuai pilihan.
    Jalur trekking long dan adventure, di sini anda ak
    an di ajak berjelajah melewati hutan, sungai serta perbukitan dengan pemandangan yang indah. Sedangkan jalur trekking short, perjalanan akan berakhir diatas perbukitan dengan suguhan panorama teluk yang indah. Saat melakukan trekking anda akan di temani dengan seorang pemandu sekaligus pawing komodo. Pemandu akan membekali anda sebuah tongkat bercabang dua, tongkat tersebut berasal dari pohon yang menjadi senjata untuk melumpuhkan komodo.
  • Menyelam dan Snorkling – pulau komodo juga memiliki panorama bawah laut yang menawan dan indah. Terdapat sekitar 386 jenis terumbu karang, rumpur lautpenyu hijau, berbagai spesies ikan, terdapat 70 jenis bunga karang dll. Keindahan bawah laut pulau komodo disebut sebut sebagai kawasan taman bawah laut terbaik di dunia. Terdapat banyak titik menyelam di pulau ini, namun yang menjadi favorite para pengunjung ada 3 titik penyelam menurut para penyelam yaitu :
  • Batu samsia merupakan salah satu titik menyelam favorite, dimana penyelam dapat menysuri serangkaian saluran air sekaligus dapat berinteraksi dengan kura-kura, hiu dan aneka ragam spesies ikan kecil.
  • Toko toko merupakan sebagai istana batu dalam air yang berada pada kedalaman 7 meter di bawah permukaan laut, disini anda dapat menikmati berbagai jenis warna dari terumbu karang serta ikan-ikan yang berenang di sekitar batu tersebut.
  • Crystal rock, berada di kedalaman sekitar 5 meter dimana kita dapat menemukan katak ikan, barramundi cod dan berbagai jenis ikan laut lainnya.

Jika ingin melakukan snokling dan menyelam, sebaiknya datanglah pada bulan mater sampai desember karena pada bulan tersebut cuaca mendukung untuk melakukan kegiatan tersebut. Selain dari tempat diatas pulau komodo juga memiliki pantai yang sangat menarik dan unik, yaitu pantai pink atau lebihb di kenal dengan sebutan pantai merah muda. Namun warga sekitar menyebutnya dengan sebutan pantai merah. Pantai ini memiliki pasir yang berwarna pink, warna pasir tersebut akan terlihat sangat jelas ketika basah oleh ombak. Warna pasir yang pink menurut penelitian di karenakan adanya serpihan kolar yang hancur dan menyatu dengan pasir. Pantai pink merupakan satu satunya pantai unik di dengan warna pink yang hanya ada di pulau komodo.

Untuk sampai ke tempat ini dapat di tempuh dengan dua jalur yaitu udara, darat dan laut.

  • Jalur udara : pesawat terbang dari pulau denpasar » labu bajo » kapal ferry (sampai).
  • Jalur laut : berangkat dari tanjung benoa » bali » Labuan bajo » kapal ferry (sampai).
  • Jalur darat : naik bid dimulai dari denpasar menuju pelabuhan bajo, lalu bis tersebut akan menyebarang
  • menggunakan kapal ferry. Kemudian di lanjutkan kembali dengan menggunakan kapal ferry untuk sampai kepualu komodo.

Selain ketiga cara tersebut anda juga dapat memilih live on board, dimana anda akan menginap di atas kapal selama beberapa hari untuk sampai ke kawasan taman pulau komodo. Dengan tarik harga antara 175 sampai 10.000 USD / malam dengan fasilitas yang terbilang lengkap. Kapal ini berangkat dari bima, bali, Lombok dan Labuan bajo.

Semoga informasi mengenai tempat wisata Indonesia pulau komodo nusa tenggara timur dapat bermanfaat dan menambah wawasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *