Pulau Derawan: Surga Bawah Laut Kalimantan Timur

Pulau Derawan sebagai surga bawah laut di Kalimantan Timur. Pulau ini termasuk ke dalam kawasan Kepulauan Derawan, di Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Ia merupakan salah satu pulau yang menjadi destinasi bagi para pelancong, baik yang dari dalam negeri maupun luar negeri. Sebab ia pun memiliki sejumlah objek wisata yang menawan dan layak untuk dikunjungi. Salah satunya yaitu Taman Bawah Laut yang memang dimilikinya sebagai daya tarik utama para wisatawan yang datang, terkhusus bagi para penyelam kelas dunia yang sudah tentu menyukai kegiatan ini. Karenanya, tak jarang orang-orang pun menjulukinya sebagai Surga Bawah Lautnya Kalimantan Timur.

Peta Kepulauan Derawan Kaltim

Peta Pulau Derawan

Di perairan sekitar Taman Laut yang terkenal sebagai wisata selam itu pun terdapat aneka ragam biota laut yang diantaranya adalah lobster, ikan pipa, cumi-cumi, kuda laut, gurita, ikan scorpion, dan lain sebagainya yang sudah tentu dapat memanjakan mata yang melihatnya. Hal itu pun hanya cukup didapatkan dengan kedalaman lima meter saja. Selain itu, pada kedalaman sepuluh meter terdapat pula karang yang dikenal sebagai Blue Trigger Wall karena pada karang dengan panjang delapan belasan meter tersebut banyak sekali terdapat ikan trigger.

Pulau Derawan

Pun, selain keindahan bawah laut yang ia tawarkan, ia juga mempunyai pantai-pantai yang tidak kalah menawan. Pun ada tempat di sana yang sudah sangat terkenal yaitu Danau Kakaban yang merupakan satu dari dua atol sempurna yang terapat di dunia ini. dari hal itulah yang pada kenyataannya menyebabkan laut menjadi danau yang asin. Bawah Laut Pulau DerawanAdapula tempat perlindungan Kura-Kura yang berada di Pulau Sangalaki. Kemudian di perairan sekitar Pulau Derawan sendiri juga sering muncul ikan pari atau manta.

Oleh karena itu, sejak tahun 2005 Pulau Derawan pun sudah dicalonkan untuk menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO. Karena bagaimanapun juga, sebagai pusat dari Kepulauan Derawan pulau ini memang menjadi pusat peradaban, karena di sini juga terdapat pemukiman penduduk, puskesmas, sekolah, penginapan, warung makan, hingga pantai di tempat ini yang amatlah cantik nan indah.

Pun di sana kita bisa melakukan berbagai aktivitas, seperti diving, banana boat, berenang, snorkeling, melihat penyu bertelur, melihat dan memegang ubur-ubur tanpa sengat dan manta, melihat kehidupan masyarakat pulau ini, melihat terumbu karang  atau biota laut yang terdapat di pulau ini, berfoto-foto ria, atau pun hanya sekadar menikmati keindahan sunrise serta sunset yang tersaji, dan sebagainya. Jadi tunggu apalagi, kiranya anda pun tak akan menyesal jika menjatuhkan pilihan untuk menjadikan pulau ini sebagai destinasi tujuan wisata anda. Karena tempat ini pun menawarkan banyak sekali kelebihan dan keindahan. Silahkan saja bila anda sudah yakin, maka janganlah segan untuk memutuskan pergi mengunjungi Pulau Derawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *