Pulau Ayer sebagai “Mutiara Kepulauan”

Pulau Ayer adalah salah satu pulau yang berada dalam gugusan Kepulauan Seribu yang secara andministratif termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Kepulauan Seribu Provinsi DKI Jakarta. Pulau ini memiliki julukan sebagai “Mutiara Kepulauan” mengingat ia memang mempunyai pemandangan alam dan keindahan pantai yang menawan layaknya mutiara.

Dengan luas kurang dari sepuluh hektar, letak Pulau Ayer sendiri dekat dengan Pantai Marina, Ancol. Adapun daya tarik pulau ini selain karena wisata perairannya yang memang indah, ia juga merupakan salah satu pulau bersejarah yang ada di gugusan Kepulauan Seribu. Mengingat, semenjak tahun 1950 pulau ini mulai marak dikunjungi, bahkan Bapak Proklamator bangsa ini Ir. Soekarno pun menjadikan pulau ini sebagai tempat peristirahatannya. Pun mantan Presiden Soekarno juga pernah mengajak mantan Presiden Tito dari Yugoslavia serta U nu, Mantan Sekretaris Jenderal PBB untuk berkunjung ke pulau ini.

pulau ayer

Selain itu, di Pulau Ayerini juga terdapat berbagai cottage yang terletak di pantai. Cottage di pulau itu pun ada yang berbentuk terapung di atas air dengan gaya etnik Papua yang merupakan kebanggaan pulau resor yang jaraknya hanya 14 km atau sekitar 30 menit-an dari Marina Ancol ini.

Demikian juga ada berbagai fasilitas seperti jet ski, memancing di waktu malam hari, banana boat, dan lain sebagainya. Lebih lanjut, pulau ini merupakan salah satu pulau yang masuk ke dalam Kepulauan Seribu yang memiliki sumber air tawar.  Pulau Ayer juga mempunyai beberapa tipe cottage baik yang ada di darat maupun yang ada di atas laut atau floating cottage. Untuk cottage yang paling diminati para tamu adalah floating cottage, karena dari cottage ini lah anda pun akan dapat mendengar deburan ombak serta dapat memandang lautan secara luas. Ditambah lagi anda juga dapat memancing dari teras cottage. Sungguh sangat mengasyikan.

Pantai Pulau Ayer

Lebih jauh mengenai fasilitas yang ada di Pulau Ayer, di sana terdapat ruang meeting, dermaga pancing, restoran, arena bermain anak, kolam renang, water sport  (banana boat, jetsky, canoe), fun bike, karaoke room, volley pantai, mini market, dan basket. Pulau ini pun dapat dikelilingi dengan berjalan kaki atau dengan menggunakan sepeda juga bisa.

Dengan 45 cottages dan 12 ruang hotel baik yang di darat maupun yang floating. Di dalam penginapan terdapat TV, AC, Water Heater, Mini refrigerator, Telp, and private teracce.

Dengan bagian luarnya didukung dengan kolam renang, bar, restaurant, rumah sakit, dan tempat bermain bagi anak-anak. Sementara itu untuk skedul sendiri dari Marina anda bisa menggunakan kapal pada Pukul 08.30 AM, sedangkan apabila anda dari pulau ini sendiri kapal akan berangkan pada Pukul 01.30 PM. Ya, itulah sekelumit mengenaiPulau Ayer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *